6+ Manfaat Tertawa Bagi Wajah, Tubuh, dan Mental

21 Jul 2021 by Laruan, Last edit: 21 Jul 2021

Siapa sih yang tidak pernah tertawa?. Jika Sobat Pintar perhatikan, banyak sekali manfaat tertawa yang baik bagi tubuh. Seseorang yang sering tertawa akan menularkan aura positif pada orang lain. Tapi ingat ya, jangan tertawa berlebihan, karena akan berbahaya jika berlebihan. Dengan tertawa, seseorang akan merasa bahagia karena dapat melepas bebannya. 

6+ Manfaat Tertawa Bagi Wajah, Tubuh, dan Mental

Manfaat tertawa bisa Sobat Pintar rasakan efeknya pada wajah, tubuh dan mental. Tertawa jelas mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh seseorang, meningkatkan suasana hati, mengurangi rasa sakit, dan melindungimu dari efek stres yang merusak. Di sisi lain, tertawa juga dapat meringankan beban, membuat hubungan Sobat Pintar dengan orang lain jadi lebih baik, dan selalu fokus. Tertawa juga membantu Sobat Pintar melepaskan amarah dan memaafkan lebih cepat.

Mari ketahui apa saja manfaat tertawa 

  1. Manfaat bagi wajah

Tertawa bisa bikin Sobat Pintar awet muda loh. Sering tertawa baik bagi otot wajah. Tubuh akan memproduksi hormon saat seseorang tertawa, sehingga wajah dapat terlihat lebih muda daripada kelihatannya. Fakta tentang manfaat tertawa ini juga didapatkan dari riset yang mengatakan wajah akan terlihat tua saat seseorang sulit tertawa. Fakta lainnya, tertawa juga bisa membuat wajah seseorang terlihat lebih tirus daripada orang yang berwajah sedih atau muram. 

  1. Manfaat bagi tubuh
  • Meningkatkan imun tubuh

Dengan tertawa, imunitas tubuh Sobat Pintar bisa meningkat. Daya kerja jantung dan paru-paru bisa terstimulasi jik Sobat Pintar tertawa. Meningkatkan hormon endorfin pada tubuh sehingga bisa menekan stres. Otot menjadi rileks dan imun jadi stabil.

  • Mengatasi rasa nyeri

Mungkin banyak yang tidak tahu jika manfaat hebat lainnya dari tertawa adalah penghilang rasa nyeri. Tertawa akan merangsang tubuh memproduksi anti nyeri yang datangnya secara alami. Hasilnya Sobat Pintar akan merasa nyeri yang sedang dialami dapat berkurang, baik secara fisik maupun mental.

  • Melawan rasa cepat lupa

Tubuh kita memiliki hormon kortisol yang jika berlebihan memberikan efek negatif. Tertawa terbukti bisa menurunkan hormon kortisol, dan meningkatkan kemampuan belajar, serta daya ingat seseorang. Sering tertawa bisa loh menjaga kesehatan otak.

  1. Manfaat bagi mental
  • Merasa bahagia

Tentunya, dengan tertawa Sobat Pintar bisa merasa bahagia. Tertawa dapat membuat Sobat Pintar lebih mudah dalam menjalani situasi yang sulit, serta memberi kemudahan dalam berkoneksi dengan orang lain. Secara mental Sobat Pintar akan merasa lebih tenang.

  • Menghindari stress

Banyak orang yang mengalami stres dalam hidupnya. Dengan tertawa, depresi dan kecemasan dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia dan terangkat bebannya. Perbanyak bercanda dengan orang lain agar terhindar dari stres bahkan depresi.

  • Berpikir kreatif

Tertawa akan memberikan banyak hal positif yang bisa mendatangkan pikiran kreatif. Penelitian mengatakan bahwa bahwa emosi positif yang dibangun dengan humor dan tawa berkorelasi dengan menghargai makna hidup.

  • Hubungan dengan orang lain

Manfaat tertawa terakhir adalah menjalin hubungan dengan orang lain perlu dipenuhi dengan candaan dan tertawa. Cara ini dapat memperkuat hubungan Sobat Pintar secara mental. Sobat Pintar akan merasa lebih nyaman jika ada disekeliling orang yang tertawa. 

Menurut banyak penelitian, tertawa dapat menjadi obat alami jika tubuh sedang tidak sehat. Rasa nyaman dan rileks yang ditimbulkan dari tertawa akan membuat seseorang lebih bahagia. Tak hanya itu, tertawa dapat memberikan hal positif baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Jul 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download