6 Manfaat Tempe bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya

05 Jul 2021 by Laruan
6 Manfaat Tempe bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya

Tempe merupakan salah satu bahan makanan yang paling umum di masyarakat kita. Namun, tahukah Sobat Pintar dibalik kesederhanaannya, tempe memiliki sangat banyak manfaat bagi tubuh karena berbagai gizi yang ada di dalamnya? Jika Sobat Pintar belum tahu, tempe memiliki banyak gizi yang berguna bagi tubuh, seperti kalori, kalsium, lemak, serat, karbohidrat, protein, abu, serta air. Dengan gizi sebanyak itu, pantas saja tempe memiliki banyak keunggulan bagi tubuh manusia. Apa sajakah manfaat tempe bagi tubuh? Ayo simak 6 manfaat tempe berikut cara membuatnya.

1. Sebagai sumber protein bagi tubuh

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tempe memiliki gizi protein yang cukup tinggi, yaitu mencapai 14 gram. Dengan gizi protein tersebut, tempe bahkan bisa dan sering menjadi sumber protein bagi tubuh. Bahkan, gizi protein pada tempe melebihi gizi protein dari kacang kedelai yang merupakan bahan pokok dari tempe itu sendiri. Seperti yang mungkin sudah Sobat Pintar ketahui, protein memiliki keunggulan bagi tubuh untuk menjaga fungsi dan jaringan otot agar tubuh kita tidak lemas. Oleh karena itu, sering-seringlah mengkonsumsi tempe agar tubuh kita tetap sehat.

2. Sebagai pemasok kalsium bagi tubuh

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tempe juga memiliki gizi kalsium yang cukup tinggi, yaitu mencapai 517 miligram. Kandungan tersebut setara atau bahkan lebih banyak dari gizi kalsium yang ada pada segelas susu sapi. Itu artinya, tempe sangatlah bisa menggantikan asupan kalsium yang biasa kita dapatkan dari mengkonsumsi susu sapi dan menariknya, harga tempe jauh lebih murah dibandingkan harga susu sapi. Seperti yang mungkin sudah Sobat Pintar ketahui, kalsium sangat penting bagi kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis maupun osteoarthritis. Oleh karena itu, sangat baik untuk mengkonsumsi tempe dalam jumlah yang cukup secara rutin agar tulang kita bisa tetap sehat hingga di usia tua.

3. Sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas

Manfaat lain dari tempe yang tidak kalah luar biasanya adalah sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Seperti yang mungkin sudah Sobat Pintar ketahui, semakin sering tubuh kita terpapar radikal bebas, maka tubuh kita akan semakin rentan terhadap penyakit-penyakit yang sangat berbahaya seperti kanker. Di sisi lain, tempe ternyata memiliki gizi antioksidan isoflavon yang bisa berguna untuk menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, jika kita ingin tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya, maka sebaiknya kita mengkonsumsi tempe secara rutin setiap harinya.

4. Sebagai sumber asupan vitamin B12

Manfaat lain dari tempe yang tidak kalah menariknya adalah sebagai sumber asupan vitamin B12. Jika Sobat Pintar belum tahu, vitamin B12 sangat bermanfaat bagi tubuh, diantaranya adalah untuk menjaga memelihara sistem saraf dan fungsi otak, memproduksi sel darah merah, dan lain sebagainya. Uniknya, vitamin B12 ini biasanya hanya ditemukan pada daging, ikan, ayam, serta susu. Itu artinya, tempe bisa menggantikan jenis-jenis bahan makanan serta minuman tersebut yang bisa dibilang harganya terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan harga tempe di pasaran. Luar biasanya, semua bahan makanan yang mengandung vitamin B12 berasal dari hewani, sedang tempe berasal dari nabati, yang otomatis membuatnya menjadi satu-satunya bahan makanan yang berasal dari nabati yang mengandung vitamin B12.

5. Sebagai penurun kolesterol

Tidak dapat dipungkiri bahwa penyakit jantung merupakan pembunuh nomor 1 di dunia dan salah satu penyebab utamanya adalah kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah. Itulah sebabnya kita harus secara rutin mengecek kadar kolesterol di dalam darah kita agar kita bisa terhindar dari penyakit jantung dan jikalau memang kita mendapati bahwa kadar kolesterol di dalam darah kita sudah cukup tinggi, maka kita tidak perlu khawatir. Sebab, ternyata tempe juga memiliki keunggulan untuk menurunkan kolesterol berkat kandungan isoflavon yang ada di dalamnya yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, tempe juga memiliki gizi senyawa niasin yang juga memiliki fungsi untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam darah sehingga kita bisa terhindar dari penyakit jantung jika kita mengkonsumsi tempe dalam jumlah yang ideal secara rutin.

6. Sebagai asupan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh

Manfaat dari tempe yang selanjutnya adalah sebagai asupan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh atau sistem kekebalan tubuh. Berkat proses pembuatannya yang melibatkan proses fermentasi, tempe memiliki kandungan asam fitat serta berbagai jenis bakteri baik seperti probiotik. Seperti yang mungkin sudah Sobat Pintar ketahui, probiotik sangat berguna bagi tubuh karena dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh serta memelihara kesehatan usus dan tulang. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi tempe secara rutin, tubuh kita akan lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Itulah beberapa manfaat tempe bagi tubuh manusia. Sangat menarik luar biasa, bukan? Mungkin setelah tahu segudang manfaat yang dimiliki tempe bagi tubuh kita, Sobat Pintar akan menjadi jauh lebih tertarik untuk mulai mengkonsumsi tempe secara rutin dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Sobat Pintar mungkin ingin membuat tempe itu sendiri agar Sobat Pintar bisa selalu memiliki pasokan tempe di rumah. Untuk itu, berikut adalah cara membuat tempe dalam beberapa langkah.

Cara Membuat Tempe

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu 303 gram kacang kedelai, 1400 mililiter air yang akan digunakan untuk merendam kacang kedelai, 2 sendok makan cuka, dan 2 jumput ragi.

2. Jika semua bahan sudah disiapkan, langkah yang pertama adalah merendam kacang kedelai ke dalam air yang sudah disediakan.

3. Jika sudah direndam, langkah selanjutnya adalah melepaskan mengupas kulit kacang kedelai hingga bersih.

4. Jika semua kacang kedelai sudah dikupas hingga bersih, langkah selanjutnya adalah merebus kacang kedelai tersebut dengan air bersih selama 45 menit dan jika sudah selesai, pisahkan kulit kedelai yang masih tersisa dengan saringan dan buang.

5. Jika langkah sebelumnya sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah mengeringkan kacang kedelai yang sudah bersih dan sudah direbus. Jika sudah, maka tambahkan ke dalam kedelai dan aduk rata. Ulangi proses ini hingga kacang kedelai tersebut sudah benar-benar teraduk rata.

6. Jika langkah di poin nomor 5 sudah selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan kacang kedelai yang sudah teraduk rata tersebut ke dalam sebuah wadah plastik yang dilubangi dengan jarak sekitar 1 hingga 2 centimeter.

7. Jika sudah dimasukkan ke dalam wadah tersebut, langkah selanjutnya adalah membiarkannya di suhu ruangan selama sekitar 24 hingga 60 jam untuk proses fermentasi.

8. Setelah proses fermentasi selesai, maka tempe sudah jadi dan siap untuk diolah menjadi berbagai macam makanan berbahan dasar tempe untuk dimakan sendiri atau bahkan untuk dijual.

Dalam hal ini, jika Sobat Pintar berminat untuk menjadi pengusaha kuliner berbahan dasar tempe mengingat banyaknya keunggulan tempe dan betapa mudahnya tempe diterima di masyarakat kita, maka sangat mudah bagi Sobat Pintar memulainya. Bahkan, jika Sobat Pintar tidak memiliki modal untuk memulai usaha ini, Sobat Pintar bisa dengan mudah mengajukan pinjaman uang ke beberapa perusahaan kredit online seperti Kredit Pintar. Hanya dengan beberapa langkah mudah, Sobat Pintar akan sudah memiliki modal untuk memulai usaha kuliner berbahan dasar tempe.

Itulah 6 keunggulan tempe bagi kesehatan tubuh serta cara membuat tempe. Semoga tulisan tentang tempe ini bisa memotivasi Sobat Pintar dan orang-orang lain yang membacanya untuk bisa ikut gerakan sehat makan tempe secara rutin setiap hari agar kita bisa lebih terbebas dari berbagai macam penyakit.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload