5 Tips Menjadi Reseller Sukses Meski Modal Kecil

5 Tips Menjadi Reseller Sukses Meski Modal Kecil

27 May 2021 by kreditpintar
5 Tips Menjadi Reseller Sukses Meski Modal Kecil

Menjadi reseller adalah salah satu cara untuk membuka usaha meski dengan modal kecil. Berbeda dengan dropshipper, sebagai reseller Sobat Pintar tetap harus mengemas produk dan mengurusi pengiriman. Kalau ditekuni, keuntungan menjadi reseller bisa sangat lumayan lho. Berikut ulasan mengenai tips menjadi reseller yang perlu Sobat Pintar ketahui.

1. Selektif dalam Memilih Produk

Ada begitu banyak jenis produk dan bisa membuat bingung saat Sobat Pintar akan memilih produk yang tepat untuk usaha Sobat Pintar. Beberapa hal yang dapat dipertimbangkan dalam memilih produk, antara lain:

  • Sesuai dengan hobi

Sobat Pintar mungkin sudah memiliki pengetahuan mengenai produk tersebut dan bisa lebih menikmati proses penjualan tersebut.

  • Spesifik

Produk yang spesifik membantu Sobat Pintar untuk fokus dalam pemasaran, target konsumen, pemilihan supplier, hingga jumlah saingan. Misalnya Sobat Pintar ingin menjual baju anak, Sobat Pintar bisa fokus pada baju anak dengan tema atau mode tertentu.

  • Produknya ringan dan kuat

Logistik merupakan hal yang tidak boleh Sobat Pintar abaikan terkait urusan pengiriman barang. Supaya tidak menemui banyak kendala dalam pengiriman, Sobat Pintar bisa memilih produk yang ringan dan kuat.

2. Memilih Target Pasar Spesifik

Tips menjadi reseller berikutnya adalah menentukan target supaya penawaran yang lebih tepat sasaran. Supaya pemasaran bisa dilakukan dengan modal yang terbatas, Sobat Pintar bisa memanfaatkan media sosial. Contohnya, kalau target pasarnya masyarakat umum, bisa menggunakan media seperti Facebook dan Instagram. 

Jangan lupa juga untuk menetapkan jenis kelamin, usia, profesi, agama, hingga tingkat pendidikan. Sobat Pintar juga penting untuk menetapkan psikografi target, seperti sikap, minat, dan gaya hidup.

3. Fokus pada Strategi Marketing

Marketing ini memiliki dua tujuan, antara lain meningkatkan brand awareness dan mengubah pengunjung menjadi pembeli. Membuat strategi marketing yang tepat bisa dikatakan menjadi bagian paling penting dari tips menjadi reseller ini.

Bila fokus menjadi reseller online, Sobat Pintar perlu mempelajari strategi marketing online, seperti sosial media hingga SEO. Dalam marketing online, website menjadi pilihan paling ideal untuk berkreasi dengan konten yang akan ditawarkan. Kalau Sobat Pintar memiliki keterbatasan biaya untuk membuat website, Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman online 24 jam melalui Kredit Pintar.

4. Memilih Supplier Profesional

Hal-hal yang berkaitan dengan produk sebenarnya menjadi tanggung jawab supplier. Oleh karena itu, Sobat Pintar perlu memilih supplier yang profesional dan bertanggung jawab. Pertimbangkan aspek berikut dalam memilih supplier; kredibilitas, harga dan sistem komisi yang jelas, kualitas produk, ketersediaan barang, dan kelancaran komunikasi.

5. Menentukan Harga Produk yang Masuk Akal

Tips menjadi reseller sukses meski modal yang terbatas berikutnya adalah menetapkan harga yang tetap masuk akal. Bila supplier tidak memiliki ketentuan perihal penetapan harga, Sobat Pintar bebas menentukan sendiri. Sobat Pintar bisa menetapkan profit sekitar 10% – 20% untuk setiap produk dari supplier. 

Ketika kompetitor menurunkan harga produk, Sobat Pintar tidak perlu buru-buru melakukan hal yang sama. Selama harga masih masuk masuk akal dan di kisaran harga pasar, maka tidak akan ada masalah besar. Namun Sobat Pintar perlu merancang strategi tertentu supaya produk yang ditawarkan tampak jauh lebih menarik.

Selain berbagai tips menjadi reseller di atas, Sobat Pintar juga tidak boleh mengabaikan bagaimana pelayanan dan kecepatan respon terhadap konsumen. Supaya pelanggan semakin tertarik, Sobat Pintar bisa memberi hadiah kecil atau kartu ucapan terima kasih untuk barang yang dibeli. 

Kalau Sobat Pintar memang benar-benar ingin menjadi reseller namun hanya punya modal kecil, Sobat Pintar bisa kok mengajukan pinjaman online 24 jam melalui Kredit Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk