5 Tips Menjadi Content Creator yang Sukses, Pendapatan Besar

5 Tips Menjadi Content Creator yang Sukses, Pendapatan Besar

24 May 2021 by kreditpintar
content creator
Content concept on a laptop screen

Content creator menjadi salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan di tengah perkembangan teknologi seperti sekarang ini. Jika dulu pekerjaan-pekerjaan seperti dokter, guru, polisi, tentara, dan pengacara dianggap paling menjanjikan, sekarang dengan menjadi pembuat konten  Sobat Pintar bisa mendapatkan penghasilan yang jauh lebih dari pekerjaan-pekerjaan tersebut. Salah satu bagian dari pembuat konten yang saat ini menjadi idaman banyak orang adalah YouTubers. Lalu bagaimana sih tips menjadi pembuat konten yang sukses?

Untuk menjadi seorang pembuat konten yang sukses,  Sobat Pintar harus melakukan beberapa tips yang ada di bawah ini. Apa saja tips-tips tersebut? Yuk simak penjelasan yang ada di bawah ini:

Apa Itu Content Creator?  

Pembuat konten merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab terhadap konten-konten yang diunggah di media, dalam hal ini adalah media digital. Pembuat konten ini biasanya memiliki target jumlah penonton atau viewer khusus. Ada beberapa media yang menjadi bagian dari pembuat konten ini, antara lain YouTube, TikTok, Facebook, Instagram, blog, infografik, hingga e-book untuk menyebarkan konten-konten yang dibuat.

Dalam pembuatan konten, seorang pembuat konten melibatkan kreativitas yang dimilikinya. Semakin unik dan original konten tersebut, maka konten-konten tersebut akan semakin menarik dan memiliki banyak peminat. Seorang pembuat konten juga berhubungan dengan marketing suatu perusahaan. Jadi, penting bagi  Sobat Pintar yang ingin menjadi pembuat konten untuk selalu membuat strategi pemasaran konten agar  Sobat Pintar dapat meningkatkan brand awareness di media sosial.

Tugas pembuat konten  

Seorang pembuat konten memiliki tugas sebagai berikut:

  1. Mengumpulkan ide, data, hingga melakukan riset dan konsep untuk membuat konten-konten yang menarik dan diminati oleh masyarakat luas
  2. Membuat konten yang sesuai dengan identitas dan branding perusahaan
  3. Memenuhi tujuan yang sebelumnya telah disepakati ketika membuat sebuah konten
  4. Menyesuaikan konten dengan platform dan media sosial tempat konten tersebut akan dipublish
  5. Melakukan evaluasi sebelum konten tersebut dipublish
jenis content creator

Jenis pembuat konten  

Ada beberapa jenis pembuat konten, yaitu:

1. Pembuat konten YouTube  

Jenis content creator pertama yang akan dibahas di sini adalah YouTuber.  Sobat Pintar pasti tidak asing dengan jenis content creator ini. Meski pekerjaan YouTuber seperti sebuah hobi, namun pekerjaan satu ini cukup menjanjikan dan bisa memberikan penghasilan yang besar. Tidak heran jika banyak orang tertarik dengan pekerjaan satu ini. Buat  Sobat Pintar yang tertarik, yuk langsung mulai dari sekarang.

2. Pembuat konten di Instagram  

Selain YouTube, Instagram juga menjadi media yang menjadi tempat pembuat konten berkreasi. Ada berbagai pekerjaan yang dapat dilakukan di Instagram yang akan menghasilkan banyak uang, salah satunya adalah dengan menjadi selebgram. Dari pekerjaan sebagai selebgram,  Sobat Pintar bisa mendapatkan penghasilan dari endorse yang  Sobat Pintar terima.  Sobat Pintar juga bisa mengelola Instagram Bisnis dan membuat konten-konten menarik untuk mempromosikan sebuah brand.

3. Pembuat konten Videografer

Jenis pembuat konten ketiga adalah pembuat konten videografer. Seperti namanya, jenis pembuat konten satu ini memang memiliki fokus pada pembuatan video. Tugas mereka adalah membuat video yang menarik yang akan disebarkan di media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, hingga YouTube.  Sobat Pintar bisa mendapatkan uang dari menjadi videografer ini, baik itu dengan mengikuti lomba atau membuat video promosi brand suatu perusahaan.

4. Pembuat konten di TikTok

Terakhir, Pembuat konten TikTok. Sejak TikTok diminati oleh banyak orang, menjadi Pembuat konten TikTok menjadi sangat menjanjikan. Pembuat konten TikTok membuat konten seperti halnya YouTuber, namun bedanya video-video yang dibuat di TikTok memiliki durasi yang lebih sedikit dibandingkan dengan YouTuber.

Perbedaan dengan Content Writer  

Sama-sama berhubungan dengan konten, banyak orang sulit melihat perbedaan dengan content writer. Mereka menganggap dua pekerjaan ini sama, padahal sebenarnya terdapat perbedaan dengan content writer merupakan dua hal yang berbeda. Nah, apa perbedaan tersebut?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, pembuat konten merupakan orang yang bertanggung jawab dalam pembuatan konten yang akan diunggah di media sosial baik itu berupa tulisan, gambar, foto, maupun video. Sedangkan content writer merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk menulis konten di media sosial, khususnya dalam bentuk artikel yang akan diunggah di blog, website, koran, dan lainnya.

Tips Menjadi Content Creator Sukses  

Setelah mendapatkan penjelasan di atas,  Sobat Pintar pastinya semakin tertarik untuk menjadi seorang pembuat konten. Berikut beberapa tips yang dapat  Sobat Pintar lakukan agar  Sobat Pintar dapat menjadi pembuat konten yang sukses:

1. Banyak Membaca  

Membaca menjadi kunci utama buat  Sobat Pintar yang ingin menjadi pembuat konten yang sukses. Dari membaca ini  Sobat Pintar akan mendapatkan banyak pengetahuan dan dari sanalah  Sobat Pintar dapat banyak belajar. Jika  Sobat Pintar masih malas membaca padahal ingin menjadi seorang pembuat konten, sebaiknya  Sobat Pintar hilangkan mimpi tersebut dari sekarang. Tidak ada seorang pembuat konten yang sukses tanpa banyak membaca.

2. Tulis Setiap Ide yang Muncul

Tips kedua yang harus dilakukan untuk menjadi seorang pembuat konten yang sukses adalah dengan menulis setiap ide yang muncul. Ide bisa datang kapan saja dan di mana saja. Bahkan di saat-saat yang tidak pernah  Sobat Pintar duga. Jadi, untuk memanfaatkan kemunculan ide tersebut, pastikan  Sobat Pintar selalu menulisnya.

3. Pahami Audien

Seperti halnya sebuah produk, konten juga tidak ada artinya tanpa audiens. Audiens adalah target utama pembuat konten dan menarik minat audiens menjadi tugas utama seorang pembuat konten.  Sobat Pintar harus tahu siapa audiens yang menjadi target konten-konten  Sobat Pintar, kemudian pahami apa saja kesukaan audiens tersebut. Dengan begitu  Sobat Pintar akan lebih mudah membuat konten yang sesuai minat mereka.

4. Buatlah Konten yang Orisinal

Konten yang original atau memiliki ciri khas tentunya akan lebih menarik dibandingkan konten yang meniru punya orang lain. Jadi, pastikan  Sobat Pintar memiliki ciri khas sendiri yang akan membedakan konten  Sobat Pintar dengan konten orang lain.

5. Bangun Relasi dengan pembuat konten Lainnya

Tips selanjutnya yang harus  Sobat Pintar lakukan adalah dengan membangun relasi dengan pembuat konten lainnya. Ada banyak hal yang dapat dilakukan, mulai dari saling follow atau subscribe, saling berkomentar, saling memberikan masukan, ataupun saling membagikan konten.

Dapatkan Modal Untuk Menjadi pembuat konten

Menjadi pembuat konten bukan sesuatu yang bisa dimulai tanpa modal. Ada beberapa hal yang harus  Sobat Pintar persiapkan, seperti peralatan dan pengetahuan. Buat  Sobat Pintar yang terkendala dengan peralatan ataupun membutuhkan kursus, Kredit Pintar dapat menjadi solusi. Kredit Pintar merupakan pinjaman instan online yang akan memberikan pinjaman dana secara cepat.

Kesimpulan  

Itulah tadi penjelasan mengenai tips menjadi pembuat konten yang sukses. Buat  Sobat Pintar yang ingin menjadi pembuat konten pastikan totalitas dengan pekerjaan tersebut agar hasilnya dapat maksimal.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk