5 Tips Cari Kerja Part Time yang Cocok untuk Mahasiswa

24 Jun 2021 by Laruan
5 Tips Cari Kerja Part Time yang Cocok untuk Mahasiswa

Mahasiswa memang berada pada situasi tanggung di mana mereka sudah dewasa, tetapi masih harus fokus pada studi. Maka dari itu ada rasa tanggung jawab dapat mencari penghasilan sendiri, akan tetapi juga ada kesulitan membagi waktu dengan kuliah. Jawaban dari dilema ini biasanya adalah kerja part time, atau pekerjaan dengan jam kerja lebih sedikit dari jam kerja pekerjaan full time. Selain dari menjawab permasalahan pembagian waktu tadi, pekerjaan part time atau paruh waktu juga biasanya membutuhkan kualifikasi yang lebih sedikit sehingga dapat dipenuhi oleh pelajar perguruan tinggi yang belum memiliki skill maupun pengalaman kerja yang mumpuni. Lantas bagaimana cara mencari kerja part time? Berikut beberapa tips cari kerja part time yang cocok untuk pelajar perguruan tinggi.

1. Cari Informasi dari Media Sosial, Google, dan Website

Saat ini sudah banyak platform yang memberi info mengenai lowongan pekerjaan yang sedang dibuka. Mulai dari LINE, Instagram, dan Twitter, banyak akun yang memposting update tentang lowongan pekerjaan full maupun part time. Ikuti akun-akun yang memberi info seperti itu dan carilah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan skill Sobat Pintar.

Selain dari media sosial, Sobat Pintar juga harus rajin-rajin mencari lowongan yang baru dibuka melalui Google. Sobat Pintar dapat menggunakan fitur setelan pencarian untuk memfilter pencarian menjadi ‘1 minggu terakhir’ atau ‘hari ini’ supaya dapat lebih mudah menemukan lowongan yang baru dibuka. Rutinlah juga mengecek website-website yang memberikan info lowongan pekerjaan.

2. Menjadi Asisten Dosen atau Pegawai Perpustakaan

Di dalam kampus juga ada beberapa pilihan kerja part-time. Setiap mata kuliah biasanya akan membuka lowongan asisten dosen atau asisten praktikum dan dibayar. Jika Sobat Pintar merasa cukup menguasai salah satu mata kuliah yang sudah Sobat Pintar ambil dan mendapat nilai yang baik, Sobat Pintar dapat mendaftarkan diri menjadi asisten dosen.

Selain itu, biasanya di kampus juga ada lowongan menjadi pegawai perpustakan. Petugas perpustakaan biasanya menyortir buku yang masuk, memfasilitasi peminjaman buku, serta menyusun buku pada rak-rak berdasarkan kategori.

3. Latih Penyusunan CV dan Wawancara

Sudah sering mendaftar kerja part time tapi tidak diterima? Jika seperti itu, Sobat Pintar perlu mengevaluasi ulang diri Sobat Pintar. Biasanya hal ini berarti Sobat Pintar kurang meyakinkan, baik dalam CV maupun saat sedang diwawancara.

Pelajari lagi bagaimana Menyusun CV yang baik. Di internet sekarang sudah banyak sekali tips membuat CV, bahkan juga tips membuat CV bila belum memiliki pengalaman kerja, dsb. Kuasai juga skill wawancara, latih menjawab pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan oleh HRD. Jika Sobat Pintar mudah gugup, latih juga ketenangan dan kepercayaan diri Sobat Pintar sebelum melakukan wawancara.

4. Melalui Kenalan

Kadangkala disebut dengan ‘jalur orang dalam’, tips cari kerja part time yang ini memang suatu hal yang lumrah terjadi. Walaupun teknologi sudah berkembang, cara paling mudah untuk mendapat pekerjaan tetap saja melalui kenalan atau informasi mulut ke mulut.

Misalkan Sobat Pintar sering mengobrol dengan seorang pemilik bengkel atau kafe, tanyakan apakah mereka membutuhkan tenaga bantuan untuk bantu-bantu. Yakinkan mereka dengan menunjukkan bahwa Sobat Pintar memiliki skill-skill dasar yang dibutuhkan dan kemauan untuk selalu belajar. Poin yang perlu digaris bawahi di sini adalah perbanyak koneksimu dengan orang-orang dan bina koneksi itu dengan baik.

5. Gunakan Platform Freelance

Tips cari kerja part time selanjutnya adalah manfaatkan platform freelance untuk menjual jasa. Menawarkan jasa pada website freelance memberikan waktu kerja yang fleksibel sehingga sangat cocok untuk pelajar perguruan tinggi. Sobat Pintar juga dapat menolak tawaran pekerjaan bila sedang tidak memiliki waktu karena sedang minggu ujian atau tugas menumpuk.

Ingat untuk memperhatikan syarat-syarat menjual jasa pada website freelance tersebut. Terutama perhatikan bagaimana cara menarik penghasilan ke rekening Sobat Pintar dan kalkulasikan persentase fee yang diambil oleh platform freelance saat menetapkan harga yang Sobat Pintar minta sebagai bayaran jasa Sobat Pintar.

Beberapa jasa freelance yang cocok ditawarkan oleh pelajar perguruan tinggi secara online antara lain:

1. Content Writer

Di zaman internet ini, semua orang selalu beralih pada Mbah Google untuk mencari jawaban dari segala sesuatu. Setelah mencari di Google, kita akan dialihkan ke website yang berisi informasi mengenai apa yang kita cari. Nah, website-website ini apabila sudah sering diakses orang, akan mendapatkan keuntungan yang cukup banyak, apalagi bila sudah memasang iklan. Supaya websitenya makin cepat berkembang, pemilik website biasanya sering mencari jasa untuk menuliskan artikel untuk websitenya.

2. Editor Tulisan

Mirip seperti content writer, kadangkala pemilik website juga mencari editor untuk memeriksa typo dan keselarasan tulisan yang sudah mereka buat. 

3. Penerjemah

Dalam era globalisasi, orang berlomba-lomba menyebarluaskan konten mereka ke seluruh dunia. Di internet, penghalang yang ada dalam berkomunikasi dengan seluruh dunia hanyalah bahasa. Maka dari itu, banyak orang yang mencari jasa penerjemah konten mereka supaya dapat mencapai audiens yang lebih besar.

4. Desainer

Punya bakat desain? Atau bahkan Sobat Pintar adalah mahasiswa yang sedang kuliah di jurusan berhubungan dengan seni dan desain? Sobat Pintar dapat menawarkan jasa Sobat Pintar sebagai freelancer untuk berbagai keperluan mulai dari illustrator, jasa pembuat logo dan masih banyak lagi, 

5. Editor Video

Jika Sobat Pintar punya keterampilan melakukan video editing, tawarkan jasa Sobat Pintar melalui website freelance. Daripada hanya mengedit video untuk keperluan HMJ dan UKM dan tidak dibayar, cobalah merasakan mendapatkan uang dari kerja kerasmu walaupun misalnya jumlahnya tak seberapa besar. Biasanya jasa editor video ini diperlukan untuk keperluan channel YouTube.

6. Social Media Manager dan Specialist

Sekarang semua hal dipromosikan lewat media sosial. Pernahkah kamu menemukan akun yang memposting tiap hari? Atau bahkan lebih dari satu kali dalam sehari? Pekerjaan itu dilakukan oleh seseorang yang biasa disebut social media manager. Tugasnya menjadwalkan postingan setiap harinya dan memastikan tidak terjadi kesalahan dalam pengunggahan. Memang kedengarannya sangat mudah, tapi membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi dan memiliki risiko yang cukup besar apabila teledor.

Ada juga yang disebut social media specialist, perbedaannya dengan social media manager adalah seorang spesialis media sosial juga harus dapat menganalisis jangkauan dan feedback yang diperoleh oleh akun media sosial. Jadi social manager specialist bertugas mengembangkan suatu akun supaya followers-nya bertambah, makin banyak yang komen, klik link, dsb.

7. UI Designer dan Web/Software Developer

Terakhir tapi tidak kurang pentingnya, jika Sobat Pintar memiliki keterampilan dalam komputasi atau coding, jasa freelance untuk mendesain web dan User Interface maupun software sangat dicari oleh orang-orang yang sedang memulai bisnis. Pekerjaan ini cocok untuk mahasiswa teknik terutama Teknik Informatika. Bayaran yang ditawarkan untuk jasa ini juga biasanya tidak sedikit.

8. Membuka Online Shop Sendiri

Mulai dari menjadi reseller, dropshipper, menjual produk buatan Sobat Pintar sendiri, sampai menjual ulang pakaian bekas, ada banyak sekali peluang Sobat Pintar untuk membuka toko online Sobat Pintar sendiri. Dibantu dengan platform-platform e-commerce yang sudah sangat marak serta promosi di media sosial, sekarang berjualan menjadi lebih mudah.

9. Membuat Website/Channel YouTube/Monetisasi Akun Media Sosial Sendiri

Tips cari kerja part time yang terakhir juga membuka pekerjaan untuk diri Sobat Pintar sendiri. Seperti yang sudah dibahas pada bagian freelancing tadi, saat ini banyak pemilik website, akun Instagram, dan channel YouTube yang mencari freelancer untuk membantu membuat konten dan menjalankan brand mereka. Sobat Pintar juga bisa merintis website atau channel YouTube Sobat Pintar sendiri.

Kekurangan dari tips ini adalah Sobat Pintar tidak akan langsung mendapatkan pemasukan. Akan tetapi jika ditekuni Sobat Pintar bisa mengembangkan platform yang bermanfaat sekaligus mendatangkan penghasilan bagi Sobat Pintar dalam jumlah yang besar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Jun 2021
mobile-closeKredit PintarDownload