5 Manfaat Laporan Keuangan Dalam Dunia Bisnis

13 Aug 2021 by Laruan

Kegunaan laporan keuangan tentu bisa membuat Sobat Pintar tertib dalam pengelolaan dana perusahaan. Jumlah uang masuk dan keluar bisa Sobat Pintar ketahui lebih detail. Bagi Sobat Pintar pemilik bisnis, mengatur keuangan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Mau bisnis yang baru dimulai atau sudah berlangsung lama pasti membutuhkan laporan keuangan.Pada dasarnya keberhasilan suatu perusahaan ditentukan oleh manajemen keuangannya. Apakah perusahaan bisa bertahan atau mendapatkan keuntungan atau tidak tentu bertumpu pada laporan keuangan. Tanpa disadari kegunaan laporan keuangan menjadi begitu krusial untuk perusahaan. 

5 Manfaat Laporan Keuangan Dalam Dunia Bisnis

Kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan adalah kunci perusahaan bisa bertahan. Apalagi di tengah pandemi covid-19, banyak perusahaan yang gulung tikar. Tapi, banyak juga perusahaan yang bisa bertahan. Hal ini dikarenakan mereka mampu mengelola keuangan perusahaan serta tertib dalam membuat laporan keuangan.

Sebelum membahas kegunaan laporan keuangan, sudahkah Sobat Pintar mengetahui laporan keuangan itu seperti apa ?

Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah rangkuman dari transaksi keuangan perusahaan baik yang masuk atau keluar yang terjadi selama satu periode atau tahun buku yang bersangkutan. Untuk bisa menguji liabilitasnya pada laporan keuangan harus melalui proses audit, sehingga Sobat Pintar bisa merasakan kegunaan laporan keuangan tersebut bagi bisnis Sobat Pintar. 

Laporan keuangan memiliki tujuan penting yakni untuk mempertanggungjawabkan seluruh aktivitas yang telah direncanakan dan membandingkan dengan pencapaian hasilnya. Dari situlah Sobat Pintar bisa melihat apakah bisnis Sobat Pintar mengalami keuntungan atau kerugian. 

Manfaat Laporan Keuangan

Pada dasarnya kegunaan laporan keuangan ditujukan untuk internal bisnis perusahaan serta pihak eksternal yang terlibat (stakeholder).

1.Manfaat Laporan Keuangan Bagi Pengelola Bisnis

Kegunaan laporan keuangan bagi pengelola bisnis adalah sebagai sarana untuk pengambilan keputusan. Rencana pada kemudian hari akan ditentukan dari kondisi keuangan perusahaan yang dilihat dari laporan keuangan. Jika laporan keuangannya benar-benar akurat, maka bisa membantu perusahaan untuk mengambil keputusan dengan tepat. 

Selain untuk pengambilan keputusan, kegunaan laporan keuangan bagi pengelola bisnis adalah untuk sarana evaluasi usaha yang sedang berjalan. Efektif atau tidaknya bisa terlihat dari laporan keuangan. 

2.Bagi Investor

Manfaat laporan keuangan juga dirasakan oleh investor atau owner perusahaan. Para investor tentu harus mengetahui informasi mengenai perusahaan mereka. Salah satunya adalah laporan keuangan. Karena mereka berkepentingan dengan modal yang mereka berikan pada perusahaan dan mereka harus mendapatkan keuntungan. 

Informasi dari laporan keuangan tentu akan mempengaruhi sikap investor. Apakah investor akan menambah modal yang akan diinvestasikan, mengurangi jumlah modal yang ada atau menjual sahamnya. Investor juga akan melihat bagaimana perusahaan memberikan deviden pada mereka. 

3.Bagi Pemerintah

Jika Sobat Pintar mendirikan perusahaan atau bisnis maka harus siap berurusan dengan pemilik regulasi negara atau pemerintah. Kegunaan laporan keuangan juga akan dirasakan oleh pemerintah. Pada dasarnya pemerintah pasti memerlukan laporan keuangan perusahaan yang berdiri di Indonesia.

Laporan keuangan tentunya berfungsi untuk menilai perusahaan dalam membayar pajak. Besaran pajak yang diberikan akan ditentukan dari laporan keuangan yang ada di perusahaan tersebut.

4.Manfaat Laporan Keuangan Bagi Supplier 

Kegunaan laporan keuangan juga turut dirasakan oleh pemberi hutang jangka pendek atau supplier dari bisnis Sobat Pintar. Berdasarkan laporan keuangan tersebut, supplier bisa menilai bagaimana kemampuan perusahaan dalam membayar hutang jangka pendek. 

Selain melihat kemampuan perusahaan membayar hutang, supplier juga bisa menentukan sikap mereka berdasarkan laporan keuangan. Sikap dalam arti jumlah piutang yang bisa supplier berikan pada perusahaan dan jangka waktu yang tepat.

5.Manfaat Laporan Keuangan Bagi Pemberi Pinjaman

Jika Sobat Pintar membutuhkan modal untuk bisnis, selain mencari investor, Sobat Pintar bisa mencari pinjaman. Jika Sobat Pintar meminjam di bank, tentu laporan keuangan pasti diminta oleh pihak pemberi pinjaman. Manfaat laporan keuangan ini tentunya untuk menentukan besarnya pinjaman yang diberikan, jangka waktu dan bunganya sesuai kemampuan perusahaan yang dilihat dari laporan keuangan.

Apabila Sobat Pintar memiliki bisnis yang baru akan dirintis tentunya pasti belum memiliki laporan keuangan. Sehingga, Sobat Pintar sulit untuk mendapatkan pinjaman di Bank. Tapi, tidak perlu khawatir. Sobat Pintar bisa meminjam modal dari pinjaman dana online terpercaya seperti Kredit Pintar. Kredit Pintar adalah pinjaman dana online yang sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi, Sobat Pintar tidak perlu diragukan keamanannya. Pinjaman dijamin mudah, cepat dan aman. Bisnis Sobat Pintar pun bisa segera dikembangkan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload