5 Cara Mengukur Brand Awareness

19 Jul 2021 by Laruan

Brand Awareness merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki konsumen terhadap sebuah brand produk yang pernah dibelinya atau beredar di sekitarnya. Sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk mengukur tau cara brand awareness brand awareness untuk produk yang dijualnya. Karena, brand awareness menjadi tolok ukur sebuah produk apakah sudah dikenal oleh targetnya atau belum.

Cara Mengukur Brand Awareness

Kemungkinan besar seorang customer akan menggunakan produk dari brand yang sudah dikenalnya. Karena bisa jadi mereka sudah menaruh kepercayaan pada brand tersebut untuk digunakan.

Brand awareness juga mencakup identitas produk dan perusahaan Sobat Pintar seperti nama produk, logo, dan slogan. Karena hal tersebutlah yang dapat dilihat oleh target audiens. Sebaiknya, nama produk Sobat Pintar merupakan nama yang mudah diingat serta masih memiliki korelasi dengan produknya.

Begitu juga dengan logo. Seseorang akan lebih mengingat sebuah brand dengan melihat logonya. Akan lebih baik jika logo tersebut mudah diingat dan diaplikasikan pada berbagai media.

Slogan tak kalah penting dengan dua komponen sebelumnya. Slogan merupakan satu kalimat yang biasanya menjadi pelengkap tahapan promosi. Biasanya, slogan disebutkan setelah nama produk untuk membiasakan indera pendengaran agar customer Sobat Pintar terbiasa mendengarnya.

Jika sudah memiliki brand pada produk Sobat Pintar, lalu bagaimana cara mengukur brand awareness agar brand Sobat Pintar diingat oleh customer?

Sebelum membahas itu, ketahui dulu bagian-bagian penting dari brand awareness.

Ada 3 bagian penting dari brand awareness, yakni :

  1. Brand Recognition

Yaitu kemampuan seorang konsumen mengenali sebuah produk ketika diperlihatkan. Ada saja konsumen yang memang pernah menjumpai produk tersebut, namun lupa nama merknya.

  1. Brand Recall

Yaitu kemampuan konsumen dalam mengingat sebuah nama dagang berdasarkan kategori produk. Konsumen cukup mendengar atau melihat sekilas produk yang dimaksud. Jika konsumen berhasil menyebutkan produk Sobat Pintar dalam kategorinya, itu berarti brand awareness Sobat Pintar berhasil sejauh ini.

Menurut penelitian, konsumen biasanya mampu mengingat hingga 7 merek dalam kategori yang sama. Kemampuan konsumen juga sangat dipengaruhi dengan loyalty brand dan jumlah pemakaian produk tersebut.

  1. Top of Mind Awareness

Adalah sebuah tingkatan di mana ada sebuah brand yang muncul pertama kali di pikiran konsumen tentang kategori tertentu. Biasanya, brand yang diingat oleh para konsumen adalah brand produk yang sering mereka pakai.

Cara Pengukuran Brand Awareness

Ada beberapa cara mengukur brand awareness pada sebuah produk. Langkah-langkahnya adalah :

  1. Melakukan Survey
Businessman hands using cell phone with financial report graph

Survey merupakan salah satu cara mengukur brand awareness sebuah produk. Lakukan survey ini pada beberapa konsumen pilihan. Beri mereka beberapa kata kunci mengenai pengetahuan produk tanpa menyebutkan nama dagang. Misalnya, pasta gigi kesehatan. Dengan begitu, mereka akan menyebutkan satu nama dagang sesuai dengan produk yang ada di memori mereka.

  1. Memanfaatkan Sosial Media

Di masa sekarang, begitu banyak sosial media yang populer dengan para penggunanya yang aktif. Beberapa di antaranya bisa Sobat Pintar manfaatkan sebagai alat untuk mengukur brand awareness produk Sobat Pintar.

Manfaatkan fitur analytics di sosial media sebagai sarana untuk mengumpulkan data berupa jumlah follower hingga seberapa banyak brand Sobat Pintar mendapat komentar, repost, respon, hingga engagement dengan warganet.

Sosial media bisa Sobat Pintar manfaatkan untuk melakukan promosi dan campaign mengenai brand Sobat Pintar. Dengan rajin dan konsisten membuat postingan di sosial media, brand Sobat Pintar akan lebih berpeluang untuk dikenal masyarakat. Apalagi jumlah pengguna sosial media bertambah setiap harinya.

Tujuan konsisten di sosial media karena untuk menanamkan memori pada target audiens agar mereka lebih mengenal dan menyadari keberadaan produk kita. Jangan lupa untuk membuat postingan yang menarik agar akun sosial media Sobat Pintar tidak dilewati begitu saja.Itulah beberapa cara mengukur brand awareness. Jika Sobat Pintar melakukan langkah-langkah di atas dengan konsisten, brand Sobat Pintar akan lebih cepat masuk ke memori para target audiens Sobat Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload