4 Kelebihan Lebih Dekat Viral Marketing Untuk Bisnismu

04 Aug 2021 by Laruan

Viral marketing merupakan sebuah strategi pemasaran yang memanfaatkan kelemahan individu yang dengan sukarela menyebarkan suatu video promosi atau produk kepada individu lainnya. Penyebaran dapat terjadi begitu cepat, karena teknik ini seperti mengerjakan deret geometri pada matematika yang biasa dicontohkan dengan pertumbuhan bakteri dan virus. Bayangkan jika satu orang menyebarkan kepada dua orang temannya, lalu masing-masing temannya juga menyebarkan kepada dua atau tiga temannya yang lain dan begitu seterusnya. Bayangkan berapa banyak orang yang akan mendapatkan informasi serupa dalam satu hari?

4 Kelebihan Lebih Dekat Viral Marketing Untuk Bisnismu

Apalagi sekarang kita telah berada di dunia digital, yang membuat semuanya lebih mudah termasuk penyebaran informasi. Jika dulu teknik marketing yang dikenal masyarakat luas hanya disampaikan oleh individu dari mulut ke mulut, dari satu desa ke desa lainnya. Maka saat ini dengan satu kali klik Sobat Pintar bisa menyebarkan informasi ke seluruh dunia, ke banyak orang. Oleh karena itulah, teknik pemasaran viral ini sangat diminati oleh perusahaan. 

Sobat Pintar pernah melihat pop it bubble? Sebuah mainan bubble warna-warna ini yang bisa dipencet-pencet. Pernahkah Sobat Pintar berpikir bagaimana mainan ini bisa menjadi begitu terkenal? Berapa besar biaya promosi yang digelontorkan perusahaan untuk memasarkannya?

Namun sayangnya, teknik yang digunakan hanyalah marketing yang dikenal masyarakat luas. Dimana perusahaan hanya perlu membayar promosi sekali. Lalu, memanfaatkan audiensnya untuk mempromosikan dengan sukarela. 

Pada awalnya pop it bubble diperjual belikan untuk anak-anak dengan beberapa manfaat diantaranya membantu perkembangan sensorik dan sebagai hiburan. Namun, seiring berjalannya waktu pop it ini ternyata juga berguna bagi orang dewasa untuk meredakan stress dan rasa cemas. Dari sini lah akhirnya pop it bubble menjadi sangat viral seperti saat sekarang ini,benda itu hampir dimainkan oleh berbagai jenis kalangan usia.

Kelebihan viral marketing

  1. Biaya promosi murah.

Keunggulan dari teknik pemasaran ini adalah biayanya yang murah. Bagaimana tidak, jika Sobat Pintar hanya mengandalkan orang lain untuk mempromosikannya secara gratis bahkan tanpa diminta. Paling tidak, Sobat Pintar hanya perlu mengeluarkan biaya promosi sebanyak satu atau dua kali saja, misalnya dengan mengendorse artis. Jika beruntung, Sobat Pintar bahkan tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali. Cukup dengan mengunggah video promosi di akun media sosial Sobat Pintar. 

Apalagi saat ini, biaya promosi yang diperlukan untuk memasang iklan di billboard, media massa, dan media elektronik terbilang tinggi. Membuat perusahaan semakin tertarik menggunakan metode pemasaran ini.

  1. Jangkauan pasar luas.

Apapun produknya dan dari brand mana pun ia berasal, apakah itu brand baru atau brand yang sudah besar memiliki kesempatan yang sama untuk menjangkau pasar yang luas. Produk dan jasa yang Sobat Pintar tawarkan melalui media sosial memiliki peluang yang sama untuk dilihat oleh banyak orang dari berbagai kalangan dan dari daerah manapun. 

Pemasaran viral menjadikan dunia promosi menjadi tidak terbatas. Siapa saja bisa melihat dan mendengarkan promosi yang Sobat Pintar lakukan selama mereka terkoneksi ke jaringan internet. 

  1. Adanya partisipasi dari pemirsa.

Kelebihan utama dari marketing yang dikenal masyarakat luas sesungguhnya adalah karena adanya partisipasi dari penonton secara sukarela. Jika di media elektronik, sebut saja televisi, iklan akan muncul berkali-kali selama penayangan acara berlangsung sesuai permintaan dari pemilik iklan. Dimana hal ini kerap kali menjadi hal yang tidak disukai oleh penonton. Sehingga kebanyakan penonton, akan mengganti siaran ke saluran televisi yang lain ketika iklan berlangsung.

Hal seperti ini tidak mungkin terjadi, karena teknik pemasaran viral justru penontonlah yang dengan senang hati membagikan video promosi Sobat Pintar ke orang lain selama mereka menyukai video yang Sobat Pintar buat.

  1. Memaksimalkan brand awareness.

Adapun kelebihan lain dari teknik marketing ini adalah penjual bisa memaksimalkan brand awareness pada produknya.

Teknik pemasaran viral yang sukses dan diminati oleh banyak orang biasanya kreatif dalam membuat video atau konten promosinya. Mereka mampu menyampaikan berbagai hal terkait brand dan perusahaan  dengan cara yang unik dan kreatif. 

Ketika penonton merasa tertarik dan menyukai konten yang Sobat Pintar buat, maka normalnya mereka akan menyebarkan konten tersebut kepada teman-temannya di sosial media. Begitu seterusnya. Dengan demikian, semua orang akan mengenal brand Sobat Pintar.

Kekurangan viral marketing

Merintis sebuah usaha memang penuh dengan tantangan dan resiko, begitu juga dalam melakukan pemasaran. Sehingga, sebelum memutuskan menggunakan teknik marketing ini, ada baiknya Sobat Pintar simak terlebih dahulu mengenai beberapa kekurangannya seperti di bawah ini.

  1. Produk Sobat Pintar mungkin saja mendapatkan penilaian negatif.

Hal ini sebenarnya hanya persoalan sudut pandang, sebab kita tidak bisa memaksakan apa yang menjadi penilaian seseorang terhadap suatu konten. Apalagi jika konten yang kita buat hanya disebarkan melalui orang ke orang dari satu media sosial ke media sosial lainnya. 

Oleh karena itu, Sobat Pintar harus memastikan bahwa konten yang Sobat Pintar buat sudah maksimal dan memikirkan berbagai sudut pandang sehingga mampu meminimalisir komentar negatif. Selanjutnya, teruslah awasi konten Sobat Pintar tersebut. 

  1. Bisa dikira spam

Semakin viral iklan yang Sobat Pintar buat di media sosial, maka akan semakin sering iklan tersebut muncul di timeline atau explore. Balik lagi seperti yang telah disebutkan pada poin satu bahwa sudut pandang orang selalu berbeda-beda.

Yang dikhawatirkan adalah, saking seringnya iklan Sobat Pintar muncul penonton justru menjadi bosan dan menandai itu sebagai spam yang justru dapat merugikan Sobat Pintar.

  1. Tidak dapat diprediksi.

Kekurangan lain dari strategi ini adalah keberhasilan yang sulit diprediksi. Membuat sebuah konten yang viral sejatinya bukanlah suatu hal yang mudah. Meskipun terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan, nyatanya teknik marketing ini masih sulit ditebak jika dibandingkan dengan teknik marketing lainnya.

Bagi sebagian konten yang bagus dapat viral dengan mudah dalam waktu singkat. Namun, beberapa diantaranya butuh waktu yang sangat lama bahkan tak jarang yang menemui kegagalan. Oleh karena itu strategi yang matang sangat diperlukan untuk melakukan promosi ini agar Sobat Pintar berhasil. 

Tips melakukan viral marketing

  1. Kenali penonton atau target pasar Sobat Pintar. Biasanya kebiasaan orang akan berubah-ubah sepanjang waktu tergantung dari apa yang sedang berkembang pada masa itu. Sehingga, Sobat Pintar perlu mengetahui tentang kesukaan mereka, video atau konten apa yang mereka senangi, produk apa yang biasanya mereka cari serta kata kunci apa yang paling sering mereka gunakan.
  2. Manfaatkan tren. Hal ini penting sekali untuk dilakukan jika Sobat Pintar ingin menggunakan teknik pemasaran viral. Jika tren saat ini adalah pembuatan video kreatif dengan menggunakan tik tok, ada baiknya Sobat Pintar melakukan hal yang sama. 
  3. Sentuh nurani penonton. Video yang viral biasanya adalah video yang mampu menguras emosi penontonnya atau video yang mampu membuat  tertawa geli. Sobat Pintar bisa menjadikan ini sebagai ide dalam video iklan Sobat Pintar. 

Bagaimana? Tertarik memulai usaha dengan metode marketing ini? Segera miliki pinjaman modal dengan bunga  yang ringan dan proses yang mudah melalui Kredit Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload