4 Ide Usaha Ekonomi Kreatif Dengan Potensi Keuntungan Besar 2021

10 Jun 2021 by Rindang Maulidia
Kredit Pintar- Pengertian ekonomi kreatif serta ide usaha ekonomi kreatif yang berpotensi menghasilkan keuntungan besar di tahun 2021.

Dalam kurun waktu 20 tahun terakhir, banyak masyarakat yang menggaungkan tentang industri ekonomi kreatif dalam lingkup wirausaha maupun karir di perusahaan.

Industri ini terlihat sebagai jenis industri yang akan berkembang pesat karena menggabungkan nilai inovasi serta budaya masyarakat di wilayah tertentu.

Artinya, jenis industri ini berpotensi menghasilkan keuntungan besar seiring berjalannya waktu.

Dalam artikel ini, Kredit Pintar akan mengulas tentang pengertian ekonomi kreatif serta contoh ide usaha dari industri tersebut yang berpotensi menghasilkan keuntungan besar di tahun 2021.

Ekonomi Kreatif Adalah

Ekonomi kreatif adalah konsep ekonomi baru yang lahir di tahun 2000.

Konsep ekonomi tersebut membuat persatuan antara kreativitas dan informasi yang ada dengan mengandalkan pengetahuan dan empati dari sumber daya manusia yang menjadi faktor produksi dan didukung dengan adanya industri kreatif.

Artinya, yang meramaikan industri ini nantinya adalah manusia, bukan mesin karena ide-ide kreatif terlahir dari empati dan kreativitas yang dimiliki oleh manusia.

Dengan adanya industri ini, maka diharapkan banyak masyarakat di usia produktif bisa berkontribusi dengan menjadi sumber daya manusia industri kreatif.

Nantinya, output dari industri kreatif dapat berwujud sebagai barang maupun jasa.

Banyak pengamat dan praktisi yang menilai bahwa industri kreatif mampu mengangkat banyak sektor perekonomian di Indonesia, sebab produk dan jasa yang dikembangkan harus selalu relevan dengan tren maupun fenomena yang terjadi dalam masyarakat.

Maka dari itu, pelaku industri kreatif dituntut untuk bersedia cepat dan tanggap dan mampu beradaptasi di tengah derasnya arus informasi yang mengalir setiap saat.

Dari penjelasan tersebut, jelas bahwa industri ini cocok untuk dijalani oleh Sobat Pintar yang selalu suka menjalani tantangan setiap harinya.

Selain itu, sejak tahun 2016 permintaan pelaku industri kreatif di lapangan kerja semakin meningkat setiap tahunnya.

Tertarik berkontribusi dalam industri kreatif, Sobat Pintar?

Contoh Profesi dan Ide Usaha di Industri Kreatif

Jika Sobat Pintar berminat untuk menjadi pelaku industri kreatif, berikut ini adalah beberapa contoh profesi dan ide usahanya:

  1. Desainer grafis 

Desainer grafis adalah sebuah jasa yang menyediakan konten visual berupa desain grafis. 

Jasa ini dibutuhkan bagi para pemilik usaha untuk mempercantik tampilan brand yang dibawa oleh suatu produk.

Seorang desainer grafis, bisa saja bekerja sebagai pekerja lepas yang menerima banyak pekerjaan dari berbagai perusahaan dalam satu waktu. 

Sebagai pilihan lain, seorang desainer grafis juga bisa bekerja sebagai karyawan penuh waktu dari sebuah perusahaan yang membutuhkan jasanya.

  1. Content Writer

Content Writer menyediakan jasa penulisan artikel, copy image, dan juga caption untuk media sosial maupun deskripsi produk di toko online.

Serupa dengan desainer grafis, content writer juga bisa bekerja sebagai pekerja lepas maupun pekerja penuh waktu.

Seorang content writer harus mampu membuat artikel dalam jumlah tertentu sesuai dengan ketentuan yang telah tercantum dalam briefing yang diberikan klien/atasannya.

  1. Desainer Interior

Gambaran pekerjaan dari seorang desainer interior adalah melakukan penataan ruang pada rumah yang hendak maupun telah dibangun.

Berbeda dengan arsitek yang hanya akan merancang material dan bahan bangunan rumah, desainer interior akan memilih material dan bahan bangunan sesuai dengan ruang dan konsep yang tersedia pada bangunan rumah.

  1. Perancang Busana

Industri kreatif membutuhkan seorang perancang busana untuk keberlangsungan sebuah acara khusus, seperti; pertunjukkan, produksi film, dan pesta pernikahan.

Perancang busana harus mampu membuat model busana sesuai dengan kepribadian pemakainya dan juga harus cocok dengan momen saat busana tersebut dipakai.

Perancang busana profesional umumnya memiliki ciri khususnya sendiri, seperti Bunda Anne Avantie yang memiliki spesialis merancang kebaya dan kain batik nusantara.

Pinjaman Untuk Mewujudkan Ide Usaha

Apabila Sobat Pintar tertarik untuk berkecimpung dalam industri kreatif sebagai pengusaha, Sobat Pintar wajib memiliki gear set yang mendukung pekerjaan sehari-hari.

Belum ada dana? Ajukan saja melalui aplikasi Kredit Pintar yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kesimpulannya, ekonomi kreatif adalah industri ekonomi baru yang makin berkembang pesat setiap harinya dan tidak ada kata terlambat bagi Sobat Pintar untuk mempelajari kemampuan sesuai dengan profesi dan ide usaha terkait industri kreatif yang telah disebutkan di atas.

Semoga bermanfaat!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Jun 2021
mobile-closeKredit PintarDownload