4 Cara Membangun Brand Produk Paling Efektif

12 Jul 2021 by Laruan, Last edit: 12 Jul 2021

Brand merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh sebuah produk. Ketika produk sudah memiliki brand, nilai produk itu akan meningkat seiring dengan banyaknya orang yang mengenal produk tersebut.

Membangun sebuah brand pada produk Sobat Pintar sangat penting guna menguatkan identitas pada produk Sobat Pintar. Hal ini sangat berpengaruh pada perkembangan produk di kemudian hari. Produk dengan brand yang kuat akan lebih mudah mendapat audiens.

cara Membangun brand

Akan tetapi, membangun sebuah brand pada produk tidaklah mudah. Perlu ada strategi khusus dan proses panjang yang harus dilakukan oleh tim agar masyarakat menyadari keberadaan produk kita.

Lalu, bagaimana cara membangun brand untuk produk Sobat Pintar? Begini langkah sederhananya :

1. Menentukan Audiens

Tentukan dulu siapa target pasar dari produk Sobat Pintar. Apakah itu remaja, dewasa, para orang tua. Fokuskan pada target pasar yang memang memiliki peluang yang besar untuk produk Sobat Pintar. Lakukan riset untuk mengetahui perilaku dan insight (keinginan terdalam) dari target pasar Sobat Pintar. Dengan begitu, Sobat Pintar bisa lebih mudah menarik mereka ke daftar calon customer Sobat Pintar.

Tahap ini memungkinkan Sobat Pintar untuk lebih mengenal berbagai karakteristik orang yang mungkin membutuhkan produk Sobat Pintar. Ketepatan riset mengenai target audiens akan memudahkan Sobat Pintar dalam menjalankan strategi marketing untuk kedepannya.

2. Mengetahui Kompetitor

Group leaders shouting at megaphone. teams playing tug-of-war, pulling rope with golden cup flat vector illustration. competition, contest concept Free Vector

Mempelajari strategi dari kompetitor juga bisa menjadi cara membangun brand untuk produk Sobat Pintar. Pelajari juga siapa target audiens para kompetitor Sobat Pintar, dan bagaimana cara mereka melakukan pendekatan dengan target..

Sobat Pintar bisa melakukan riset kompetitor melalui akun sosial media atau forum online yang banyak tersedia di internet. Dengan begitu, Sobat Pintar bisa menemukan kelebihan lain yang produk Sobat Pintar miliki. Tonjolkan kelebihan produk Sobat Pintar sehingga target audiens tahu mengapa mereka harus memilih produk Sobat Pintar.

3. Menemukan dan Menentukan Karakteristik Brand yang Akan Dibangun

Untuk menemukan jawaban ‘mengapa target audiens harus memilih produk Sobat Pintar?’, adalah dengan melakukan riset yang mendalam. Kenali produk Sobat Pintar secara mendetail serta pelajari apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari produk Sobat Pintar. Fokuskan pada potensi yang paling bagus dari produk Sobat Pintar.

Tentukan karakteristik brand yang unik sehingga bisa menjadi pembeda dengan produk kompetitor. Ada bisa memanfaatkan data riset untuk menentukan karakteristik apa yang akan dibangun untuk brand Sobat Pintar.

Menjelaskan Manfaat dan Kualitas Brand yang Ditawarkan

Uraikan apa saja manfaat dari produk Sobat Pintar serta kualitasnya. Berikan alasan mengapa target harus memilih produk Sobat Pintar dibanding kompetitor. Misalnya produk Sobat Pintar memiliki garansi yang lebih lama dibanding produk kompetitor.

Penjelasan yang singkat dan menarik membuat target audiens Sobat Pintar lebih tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang brand Sobat Pintar. Dengan begitu, Sobat Pintar bisa lebih mudah untuk menuntun target Sobat Pintar untuk membeli brand Sobat Pintar.

4. Menyiapkan Identitas Produk

Poin ini tak kalah penting dari poin yang lainnya. Cara membangun brand yang baik adalah dengan menyiapkan identitas produk seperti nama, logo, dan slogan agar target audiens Sobat Pintar bisa mengenal dengan mudah brand Sobat Pintar.

Logo pada produk Sobat Pintar harus mudah diingat oleh target audiens. Setidaknya, target Sobat Pintar bisa mengenali logo produk hanya dengan 5 detik. Di samping itu, logo brand Sobat Pintar juga harus mencakup visi dan misi dari brand Sobat Pintar. Nama brand juga sangat penting guna memudahkan target menyebut produk Sobat Pintar. Baiknya, penamaan pada brand Sobat Pintar yang mudah diingat dan tidak terlalu panjang namun berhubungan dengan jenis brand Sobat Pintar.

Begitu juga dengan slogan yang berguna sebagai pengingat brand Sobat Pintar pada calon customer. Slogan biasanya berisi satu kalimat yang mencerminkan brand. Perlu dilakukan riset untuk menentukan apakah slogan dan brand memiliki korelasi.

Membangun sebuah brand menjadi tantangan tersendiri bagi para pengusaha. Butuh proses yang panjang serta konsistensi agar brand yang Sobat Pintar bangun segera melekat di hati target Sobat Pintar. Itulah 4 cara membangun brand yang bisa Sobat Pintar ikuti untuk mulai membangun brand produk Sobat Pintar. Semoga bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 Jul 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download