3 Manfaat Vitamin E, Dapatkan Nutrisinya Dari 5 Makanan Ini

26 May 2021 by kreditpintar
3 Manfaat Vitamin E, Dapatkan Nutrisinya Dari 5 Makanan Ini

Vitamin E adalah sekelompok antioksidan kuat yang melindungi sel Sobat Pintar dari stres oksidatif ditemukan di banyak makanan termasuk minyak nabati, sereal, daging, unggas, telur, buah-buahan, sayuran, dan minyak biji gandum. Kadar vitamin E cukup penting bagi tubuh agar berfungsi secara normal. Salah satu manfaat vitamin E yang paling umum adalah karena manfaatnya bagi kesehatan dan penampilan kulit. Namun vitamin E juga memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan dibutuhkan oleh tubuh Sobat Pintar untuk mendukung sistem kekebalan serta membantu sel beregenerasi.

SUMBER VITAMIN E

Jika Sobat Pintar tidak mendapatkan cukup, Sobat Pintar mungkin menjadi lebih rentan terhadap infeksi, mengalami gangguan penglihatan atau menderita kelemahan otot. Untungnya, vitamin E tersebar luas di makanan.

Di bawah ini adalah daftar makanan yang tinggi alfa-tokoferol, yang merupakan bentuk vitamin E yang paling aktif:

1. Minyak Biji Gandum

Minyak biji gandum merupakan sumber vitamin E alami paling kaya. Setiap 20 miligram per sendok makan atau 135% dari nilai harian Sobat Pintar. Ini bisa digunakan sebagai pengganti kebanyakan minyak goreng lainnya, meski memasaknya dengan api besar bisa mengurangi kandungan vitaminnya. Minyak lain seperti kemiri, almond, dan minyak safflower juga merupakan sumber vitamin E yang baik, tetapi mengandung sekitar seperempat jumlah yang ada dalam minyak biji gandum.

2. Biji Bunga Matahari

Hampir semua makanan biji-bijian merupakan sumber dari vitamin E. Satu ons-nya mengandung 7,4 miligram vitamin E yang merupakan setengah dari kebutuhan harian Sobat Pintar. Minyak bunga matahari hanya memiliki sekitar sepertiga dari kandungan vitamin E dari biji-bijian utuh, tetapi tetap merupakan sumber vitamin yang hebat.

3. Alpukat

Salah satu buah yang mengandung sejuta nutrisi ialah buah alpukat. Buah ini kaya akan omega-3, vitamin C, kalium serta vitamin K. Setengah buah alpukat juga mengandung hingga 20% dari kebutuhan vitamin E Sobat Pintar. 

4. Ikan

Ikan adalah salah satu makanan yang mengandung asam lemak omega-3 yang baik. Asam lemak ini berguna untuk kesehatan fisik serta kognitif. Penelitian menunjukkan bahwa, selain manfaat kesehatan individunya sendiri, vitamin E juga dapat membantu melindungi dan meningkatkan efek omega 3 dalam tubuh Sobat Pintar. Ikan yang kaya vitamin E termasuk salmon Atlantik dengan 4 miligram per fillet dan rainbow trout dengan 2 miligram per fillet.

5. Selai kacang

Selai kacang juga tinggi vitamin E: Sobat Pintar bisa mendapatkan sekitar 18% dari nilai harian Sobat Pintar dalam dua sendok makan porsi. Untuk manfaat kesehatan terbaik, pastikan untuk memilih produk alami tanpa tambahan pengawet atau gula atau membuat selai kacang Sobat Pintar sendiri di rumah.

MANFAAT VITAMIN E

1. Menunda Tanda-Tanda Penuaan Di Wajah

Minyak vitamin E dapat digunakan di wajah Sobat Pintar sebagai perawatan anti aging. Ini dikarenakan vitamin E mengandung konsistensi yang kental, direkomendasikan untuk dioleskan sebelum tidur agar dapat terserap sepenuhnya. Jika diaplikasikan di pagi hari, Sobat Pintar mungkin kesulitan meletakkan riasan atau serum di atasnya.

Biasanya, Sobat Pintar bisa mengoleskan serum atau campuran minyak yang mengandung vitamin E sebagai perawatan menyeluruh pada wajah Sobat Pintar. Ini berbeda dengan menggunakan vitamin E untuk mengatasi noda, menggunakan masker perawatan kecantikan untuk waktu yang singkat, atau mengonsumsi suplemen oral yang mengandung vitamin E. Manfaat vitamin E sebagai agen anti-penuaan atau pengkondisian kulit dalam semalam melibatkan membiarkan produk terserap sepenuhnya ke dalam kulit Sobat Pintar.

2. Kesehatan Kulit

Bercak hitam pada kulit Sobat Pintar bisa disebabkan oleh terlalu banyak pigmen (melanin), yang dipicu oleh hormon atau penyebab lainnya. Makanya salah satu manfaat vitamin E adalah mengobati fenomena ini. Studi menunjukkan bahwa hiperpigmentasi mungkin hanya dipengaruhi secara moderat dengan menggunakan minyak vitamin E. Cara paling efektif untuk menggunakan vitamin E untuk mengobati hiperpigmentasi adalah memasangkannya dengan vitamin C.

Beberapa orang juga menggunakan vitamin E sebagai pengobatan untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat. Namun, meski vitamin E memang meningkatkan sirkulasi, tampaknya vitamin E tidak mempercepat penyembuhan. Itu berarti menggunakannya untuk bekas jerawat mungkin tidak memberikan hasil yang Sobat Pintar inginkan.

3. Mencegah Masalah Dengan Darah

Mengkonsumsi vitamin E tampaknya bermanfaat bagi anak-anak dengan kelainan darah yang disebut beta-thalassemia (kekurangannya kadar protein, yakni hemoglobin, dalam darah). Adapun juga kelainan genetik yang menyebabkan sel darah merah rusak sebagai respons terhadap stres, disebut sebagai defisiensi G6PD. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin E–sendiri atau bersama dengan selenium–bermanfaat bagi orang dengan kelainan bawaan defisiensi G6PD.

Satu manfaat vitamin E yang kurang diketahui orang adalah untuk mengkonsumsinya dua hari sebelum pendarahan dan tiga hari setelahnya akan mengurangi rasa sakit dan mengurangi kehilangan darah saat menstruasi serta mengurangi rasa kecemasan dan depresi untuk mereka yang mengalami PMS.

Vitamin E juga efektif untuk mengobati pendarahan di tengkorak pada bayi prematur dan dapat mengurangi resiko pendarahan ke otak. Tetapi pemberian vitamin E dosis tinggi dapat meningkatkan resiko infeksi darah serius (sepsis) terhadap bayi tersebut.

KEKURANGAN VITAMIN E

Kurang asupan vitamin E pada manusia adalah kondisi yang sangat langka. Ini terjadi sebagai akibat kelainan dalam penyerapan lemak makanan atau metabolisme daripada dari makanan rendah vitamin E. Kurang asupan vitamin E dapat menyebabkan masalah saraf karena konduksi yang buruk dari impuls listrik di sepanjang saraf karena perubahan struktur dan fungsi membran saraf.

Gejala dapat bervariasi tetapi biasanya meliputi:

  1. Nyeri atau kelemahan otot: Vitamin E merupakan bagian penting dari sistem saraf pusat. Kekurangan dapat menyebabkan kerusakan saraf dan otot yang menyebabkan kelemahan atau nyeri otot.
  2. Perasaan mati rasa dan kesemutan: Kerusakan saraf dan otot ini juga dapat menyebabkan hilangnya rasa, terutama pada lengan dan tungkai.
  3. Kesulitan berjalan dan koordinasi: Kerusakan saraf dan otot dapat membuat koordinasi menjadi sulit. Ini dapat memperumit fungsi dasar, seperti berjalan kaki.
  4. Masalah penglihatan: Orang yang tidak mendapatkan pengobatan untuk kurang asupan vitamin E yang parah dapat mengalami kehilangan penglihatan seiring waktu.
  5. Sistem kekebalan yang melemah: Kurang asupan vitamin E dapat menghambat sel-sel kekebalan. Studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang lebih tua memiliki peningkatan kebutuhan vitamin E karena perubahan sistem kekebalan yang terjadi seiring bertambahnya usia.

MENGKONSUMSI VITAMIN E DENGAN AMAN

Vitamin E aman bagi kebanyakan orang sehat bila dioleskan ke kulit.

Vitamin E juga aman bagi kebanyakan orang sehat bila diminum dalam jumlah yang lebih rendah dari 1000 mg setiap hari. Ingatlah bahwa risiko efek samping meningkat dengan dosis yang lebih tinggi. Efek sampingnya bisa berupa mual, diare, kram perut, kelelahan, lemas, sakit kepala, penglihatan kabur, serta memar dan pendarahan. Pengonsumsian vitamin E tidak aman jika dosis lebih dari 1000 mg.

Vitamin E mungkin tidak aman saat dihirup. Penggunaan e-cigarette dan produk vaping lainnya yang mengandung vitamin E telah dikaitkan dengan cedera paru-paru yang serius.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload