3 Ciri dan Bahaya Bisnis MLM Bodong Yang Merugikan

24 Aug 2021 by Laruan

Kenali Ciri dan Bahaya Bisnis MLM Bodong yang merugikan –Bisnis Multi Level Marketing atau yang biasa dikenal dengan MLM ini ialah model berbisnis yang sekarang ini banyak digunakan untuk menjual barang, jasa, dan juga investasi untuk mengajak anggota sebanyak-banyaknya dalam sebuah jaringan kerja. Tidak jarang ada pula anggota yang tergiur dengan bonus dan hadiah yang besar dari hasil bergabung dengan bisnis ini.

Bisnis ini menawarkan sebuah bentuk pemasaran yang efisien yang mana bisa menekan biaya distribusi dan mempercepat jalannya pemasaran. Bagi seseorang yang bergabung dengan bisnis ini akan terlebih dahulu membayarkan sebuah biaya keanggotaan sebagai bentuk komitmen kerja dan konsekuensi apabila tidak bisa melakukan pekerjaan dengan baik. 

3 Ciri dan Bahaya Bisnis MLM Bodong Yang Merugikan

Dalam hal berbisnis tentu terdapat untung dan rugi, pemilik perusahaan pun tidak mau dirugikan dengan pekerja yang malas-malasan, sehingga ada pembayaran dimuka dengan jaminan kembali dalam waktu singkat apabila memenuhi target. Namun, tahukah Sobat Pintar bahwa tidak semua MLM ini dapat dijalankan dengan baik. Di samping maraknya kelancaran bisnis tersebut ada pula beberapa bisnis yang merugikan bagi para anggotanya. 

Selama ini MLM yang berkembang dilakukan dengan langkah jual beli. Sejatinya seorang berjualan dalam sebuah usaha tentu ada pembeli, penjual, dan produk yang dijual. Apabila terdapat salah satu akad yang tidak bisa terpenuhi maka hal tersebut tidak bisa disebut dengan kegiatan jual beli.

Oleh karena itu, Sobat Pintar harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara kerja bisnis MLM yang benar dan mempelajari skemanya. Selain itu, ketahui pula ciri MLM yang sehat dan tidak sehat. 

Ciri MLM Yang Tidak Sehat

Mengenali karakteristik MLM yang tidak sehat ini penting sekali dicermati oleh Sobat Pintar yang sekarang lagi dilema dan terhasut oleh iming-iming besar yang dijanjikan dalam sebuah bisnis dengan sistem MLM. Apabila Sobat Pintar tidak teliti dalam memahami bisnis yang akan Sobat Pintar jalankan Sobat Pintar bisa saja masuk dalam hasutan dan menjadi korban dan memperoleh kerugian dalam berbisnis. Berikut ini karakteristik MLM yang tidak sehat dan harus dihindari.

1.Menggunakan Skema Ponzi

Ada pula pendapat yang mengatakan bahwa bisnis tersebut yang dijalankan dengan skema ponzi ini haram untuk dijalankan karena bisa merugikan anggotanya. Lalu, apa itu sistem ponzi? Sistem ini dilakukan dengan melakukan investasi palsu dimana para anggota dan calon anggota harus membayarkan sejumlah uang kepada investor dengan merekrut banyak anggota. 

Bisnis ini salah satunya ialah money game yang menggunakan sistem dengan skema ponzi. Memang sistem MLM  ini sangat sederhana, yakni dengan mengajak calon anggota untuk bergabung dengan bisnis yang ditawarkan. Awalnya, para calon anggota akan dijelaskan mengenai bisnis yang akan dijalankan dan memotivasi dengan penawaran hadiah menarik yang bisa didapatkan serta pendapatan tetap yang bisa digunakan sebagai passive income

Sistem komisi dan reward bisa didapatkan jika mampu mengajak calon anggota menjadi downlinenya dimana anggota tersebut nantinya akan menjalankan hal yang sama, yakni mengajak anggota hingga jaringan menjadi lebih besar dan luas.

2.Tidak Ada Produk yang Ditawarkan

Selanjutnya, dalam sistem bisnis tersebut bodong ini pun juga menawarkan jaringan bisnis yang produknya tidak ada, yang mana sebagaimana mestinya seorang penjual menjual sebuah barang, namun itu tidak ada yang dijual.

Di sini para anggota hanya difokuskan untuk mengembangkan jaringan dengan mengajak orang lain bergabung menjadi downline hingga banyak. Sehingga keuntungan upline semakin tinggi, namun setelah bergabung bukan lagi berjualan barang dagangan melainkan memperbanyak jaringan untuk mendapatkan keuntungan.

3.Keberhasilan Bisnis Tidak Melihat Penjualan Tetapi Banyaknya Downline

Mengajak seseorang untuk berbisnis tidaklah hal yang mudah. Bagi orang yang belum mengerti mengenai bisnis akan mudah diajak dengan iming-iming yang diberikan, namun tidak mudah bagi orang yang sudah mengerti akan sistem bisnis. 

Sistem bisnis tersebut seperti ini akan menguntungkan bagi siapa saja yang menjadi anggota lebih dulu dari pada yang baru saja bergabung karena target bukanlah penjualan yang didapatkan tetapi seberapa banyak anggota yang bergabung dalam bisnis.

Baca juga: Latte Factor, Salah Satu Penyebab Susah Menabung

Bahaya Menjalankan MLM Yang Tidak Sehat

Setelah mengetahui karakteristik dari bisnis jaringan yang tidak sehat pastinya sedikit banyak sudah mengerti bagaimana kerugian yang akan didapatkan setelah bergabung dengan bisnis jaringan bodong. Bagi Sobat Pintar yang mendapatkan tawaran bisnis, pahami sistem kerjanya dan cari tahu apakah bisnis tersebut MLM apa bukan. Inilah bahaya menjalankan bisnis bodong yang bisa merugikan.

1.Marketing Bagus Tapi Kualitas Tidak Tentu

Setiap orang berjualan pastinya mempertimbangkan kualitas produk, agar bisa mendapatkan kepercayaan dari para konsumen. Berbeda dengan bisnis tersebut bodong, Sobat Pintar akan lebih difokuskan untuk melakukan marketing perekrutan anggota bukan pada penjualan produk. Sehingga member diberikan penguatan untuk mengajak anggota sebanyak-banyaknya.

Kualitas produk tidak menjadi prioritas, karena yang dikedepankan hanyalah banyaknya anggota yang bergabung. Hal ini tentunya membuat kita rugi, karena sudah meluangkan waktu untuk bertemu dan meng-closing seseorang tetapi tidak mau bergabung akan merugikan para anggota. Yang tidak mendapatkan anggota tidak akan mendapatkan keuntungan sama sekali.

2.Harga Produk Bisnis Jauh Lebih Mahal

Apabila terdapat produk yang dijual, barang dagangannya pun relatif lebih mahal, tanpa disadari. Sebab calon anggota sudah diberikan sugesti mengenai iming-iming hadiah yang besar. Apabila harga yang diberikan lebih mahal pastinya akan menyulitkan penjualan, atau jika tidak hanya bisa mendapatkan keuntungan yang sangat sedikit.

Para pembeli tentunya memilih sesuatu yang lebih murah dengan kualitas yang sama, jadi Sobat Pintar pun harus berhati-hati mengenai bisnis seperti ini. Hanya berupa iming-iming belaka tanpa adanya kejelasan dalam produk yang menguntungkan. Karena produk bisnis tersebut ini memasangkan harga yang jauh lebih mahal.

3.Sulit Mendapatkan Anggota Baru atau Downline

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa dalam bermain MLM ini harus mampu mengajak anggota sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Namun, perlu diketahui bahwa tidak mudah mendapatkan anggota dengan biaya bisnis yang tidak murah. 

Masih aman apabila Sobat Pintar bisa mendapatkan downline, tetapi tetap sedikit hasil yang bisa Sobat Pintar dapatkan apabila tidak bisa mendapatkan anggota yang banyak dan tidak bisa mengorganisir anggota untuk mencari anggota bisnis MLM lagi. Hal buruknya ialah apabila Sobat Pintar tidak bisa mendapatkan sama sekali downline, maka Sobat Pintar akan rugi dan tidak bisa mengembangkan MLM ini. 

Semakin kesini semakin banyak yang tahu mengenai MLM dan susah untuk merekrut anggota sehingga Sobat Pintar perlu hati-hati, pastikan Sobat Pintar memilih bisnis yang ada produknya apabila Sobat Pintar tidak bisa menjalankan jaringan masih bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan produk, bukan di MLM bodong.

Demikian penjelasan singkat mengenai MLM yang bisa Sobat Pintar ketahui. Apabila Sobat Pintar ingin memiliki sebuah usaha, usahakan cari tahu dahulu sebelum bergabung agar Sobat Pintar tidak menyesal dikemudian hari. Memainkan bisnis MLM bodong bukan hanya Sobat Pintar saja yang akan mengalami kerugian, tetapi orang yang berada di bawah Sobat Pintar pun akan mengalami kerugian pula.  

Baca juga: 5 Pekerjaan Yang Akan Bertahan di Masa Depan

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload