15 Inspirasi Usaha Kecil-kecilan Yang Menguntungkan

09 Mar 2021 by Laruan
15  Inspirasi Usaha Kecil-kecilan Yang Menguntungkan

Di masa pandemi seperti saat ini, Anda harus memutar otak untuk dapat bertahan. Banyak orang membanting setir mencari celah, apa saja harus dicoba untuk mendapatkan uang. Termasuk berani coba membuka usaha dengan modal yang tidak terlalu besar. Yup, hanya modal ratusan ribu, Anda sudah bisa membuka usaha kecil-kecilan.

Peluang usaha kecil-kecilan sangat menjanjikan apalagi jika dibulatkan dengan tekad yang kuat. Lantas apa saja contoh usaha kecil-kecilan yang bermodal kecil tapi menguntungkan?

Yuk, simak paparan lengkapnya berikut!

15 Contoh Ide Usaha Kecil-kecilan Patut Dicoba

Jualan Pulsa

Contoh usaha kecil-kecilan yang pertama adalah jualan pulsa. Tanpa harus mempunyai lapak besar, cukup bermodal ponsel pintar dan bermitra dengan aplikasi jual beli pulsa saja. Usaha kecil-kecilan ini cukup menjanjikan, sebab hampir semua masyarakat kini mempunyai gadget yang perlu diisi pulsa.

Selain jualan pulsa, Anda juga bisa memberikan layanan lain, misalnya pembelian/ pembayaran langganan internet, pembayaran iuran BPJS, token listrik dan lain-lain. Dengan modal hanya 1 juta saja, Anda akan mendapatkan keuntungan dari jualan pulsa yang cukup lumayan.

Bisnis Souvenir

Contoh usaha kecil-kecilan lainnya adalah bisnis souvenir atau hampers. Saat ini tidak hanya acara pernikahan yang membutuhkan souvenir. Perayaan ulang tahun anak atau acara tujuh bulanan juga seringkali memberi souvenir.  Jadi, bisnis ini merupakan salah satu usaha kecil-kecilan yang cukup menjanjikan keuntungan besar, kan?

Minuman Kopi Yang Kekinian

Siapa, sih yang tidak suka kopi? Nah, kesempatan ini bisa jadi ide untuk buka usaha kecil-kecilan, yaitu jual kopi kekinian yang lagi digandrungi anak muda. Anda bisa menambahkan pilihan varian boba atau jelly serut agar lebih enak saat dinikmati. Cukup sewa lapak kecil, dan berjualan di dekat kos-kosan pelajar/ mahasiswa.

Apabila memungkinkan, Anda bisa  mendaftar menjadi mitra Gojek/ Grab/ Maxim untuk memperluas  jangkauan konsumen.

Jus dan salad buah

Di tengah pandemi seperti saat ini, banyak orang mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat. Peluang ini dapat menjadi ide usaha kecil-kecilan yang menjanjikan. Anda bisa berjualan jus dan salad buah di teras rumah atau bergabung dengan food delivery service. Untuk menarik pelanggan, Anda bisa memberi promo atau diskon setiap pembelian jus buah.

Frozen food

Frozen food merupakan panganan yang banyak dicari, karena mudah disimpan untuk jangka waktu lama. Apalagi di tengah pandemi begini, banyak waktu dihabiskan di rumah maka dengan sedia frozen food adalah solusi mengusir rasa bosan.

Anda bisa menjual sosis, nugget, kentang beku, dimsum atau lainnya yang bisa dinikmati sambil santai di rumah bersama keluarga. Modalnya cukup membeli alat pendingin saja. 

Jual Gorengan atau terima pesanan kue

Contoh usaha kecil-kecilan yang lain adalah jualan gorengan, misalnya lumpia, risol mayo, atau lainnya. Anda bisa mencoba jual gorengan di depan rumah, atau melayani terima pesanan sebagai suguhan acara keluarga atau arisan.

Bisnis laundry

Bagi sebagian orang yang sibuk di kantor atau tidak mempunyai lahan untuk menjemur pakaian, kehadiran jasa laundry merupakan anugerah. Oleh sebab itulah, bisnis ini dapat dilirik sebagai usaha kecil-kecilan dengan modal cukup ramah di kantong. Kurang lebih 7 jutaan, Anda sudah bisa membuka bisnis ini.

Jualan pakaian bekas

Belakangan baju-baju preloved banyak dilirik, lho. Apalagi yang kondisinya masih normal seperti baru. Usaha jualan pakaian bekas menjadi tren bahkan ada platform khusus barang-barang bekas. Usaha kecil-kecilan ini cukup menjanjikan, bayangkan saja harga pakaian setelah dicuci bersih bisa menjadi 3x lipat.

Menjadi Dropshipper / reseller

Contoh usaha kecil-kecilan yang lain adalah menjadi dropshipper atau reseller toko online. Apabila Anda tidak memiliki cukup modal untuk membeli barang dari supplier, menjadi dropshipper adalah solusinya. Anda hanya perlu menjadi perantara antara supplier dengan pembeli.  Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, Anda harus benar-benar memastikan bahwa barang yang dijual benar-benar berkualitas.

Selain menjadi dropshipper, Anda juga bisa menjadi reseller. Reseller berbeda dengan dropshipper, bisa dibilang reseller ini merupakan agen eceran yang mengambil barang langsung dari supplier.

Membuka jasa jahit

Apabila Anda memiliki kemampuan menjahit yang mumpuni, tidak ada salahnya jika membuka usaha jahit di rumah. Usaha kecil-kecilan yang satu ini bisa sangat menjanjikan apabila Anda mau melakukan inovasi atau mengikuti acara-acara fashion week.

Bukan hanya baju, Anda juga bisa membuka usaha jahit gorden, dan lain-lain. 

Jasa cuci motor

Usaha ini bisa dilakukan di depan rumah, apalagi ketika musim penghujan tiba. Banyak orang membutuhkan jasa cuci motor untuk dibersihkan. Cukup bermodalkan 8 juta saja, Anda bisa membuka usaha ini.

Membuka usaha pertamini

Jika Anda memiliki rumah di pinggir jalan, akan cocok sekali jika membuka usaha pertamini. Pertamini memiliki kelas yang lebih tinggi dibanding pedagang bensin eceran. Kurang lebih modal awal yang harus dikeluarkan adalah 8 jutaan.

Membuka Barbershop

Barbershop merupakan usaha kecil-kecilan yang juga mendatangkan keuntungan besar. Modal awal yang digunakan untuk membeli peralatan memotong rambut dapat dipakai berulang kali.

Bisnis parcel

Bisnis parcel lagi banyak dilirik pelaku UMKM karena dapat mendatangkan keuntungan besar. Dengan modal hanya 1 jutaan, Anda bisa memulai usaha kecil-kecilan ini. Belakangan parcel tidak hanya ramai pada saat perayaan hari besar saja, ada sebagian pelaku UMKM parcel yang memanfaat momen pernikahan atau lamaran.

Bisnis jasa cuci sepatu

Bisnis ini cukup populer dewasa ini, dengan saingan yang masih sedikit cukup memungkinkan untuk menguasai pasar. Mulailah dengan membuka di rumah, Anda hanya membutuhkan deterjen khusus mencuci sepatu sesuai dengan jenis bahan sepatu.

Tips Anti Bangkrut Saat Membuka Usaha Kecil-kecilan

Mengelola administrasi dengan baik

Meskipun usaha kecil-kecilan, Anda harus tetap mengelola administrasi dengan baik. Jangan pernah mencampur keuangan bisnis dengan pribadi agar bisnis tetap berjalan lancar.

Pantang menyerah

Gagal adalah salah satu cara untuk menuju sukses. Menjadi pebisnis artinya harus mempunyai mental baja untuk siap menerima kegagalan. Yakinkan hati bahwa usaha kecil-kecilan yang dirintis akan berkembang menjadi besar.

Sesuaikan dengan passion

Menjalankan bisnis tanpa passion akan berakhir pada kegagalan. Menjalankan bisnis yang sejalan dengan passion akan lebih mudah dijalankan.

Cari strategi promosi yang tepat

Mempromosikan bisnis itu kunci penting untuk sukses. Manfaatkan kecanggihan teknologi ketika melakukan promosi. Promosikan usaha lewat sosial media.

Hitung modal yang dibutuhkan

Semua bisnis membutuhkan modal. meski usaha berskala rumahan dan kecil, Anda juga perlu menghitung modal dengan teliti.

Jika membutuhkan modal tambahan untuk memperluas usaha, silakan ajukan pinjaman uang di kredit pintar.

Kredit Pintar, Solusi Keuangan Anda

kredit pintar

Kredit Pintar merupakan fintech P2P lending yang berbasis aplikasi android. Hanya bermodal KTP dan ponsel pintar Anda sudah bisa mendapatkan bantuan modal tunai. Ajukan sekarang juga dan nikmati penawaran menarik lainnya.

mobile-closeKredit PintarDownload