Mengenal Apa itu Window Dressing dan Rekomendasi Saham Akhir Tahun

11 Nov 2021 by Rindang Maulidia

Bagi Sobat Pintar yang berminat menjadi investor saham, wajib hukumnya untuk mengetahui fenomena window dressing yang menjadi salah satu faktor fluktuasi nilai saham di Bursa Efek. Singkatnya, fenomena ini adalah salah satu penyebab dari naiknya harga saham di awal kuartal setiap tahunnya. 

Kenali definisi window dressing selengkapnya dan rekomendasi saham yang bisa dibeli di akhir tahun agar Sobat Pintar bisa menikmati keuntungannya di awal kuartal 2022.

Mengenal Window Dressing 

Window dressing adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh Manajer Investasi maupun perusahaan emiten untuk mempercantik portofolio perusahaan. Adapun beberapa hal yang dipoles oleh pelaku window dressing dalam suatu portofolio perusahaan adalah berupa kinerja dan laporan keuangan perusahaan. Hal ini dilakukan agar harga saham emiten bisa meningkat di kemudian hari.

Baca juga: Cara Memilih Broker Saham Terbaik untuk Investasi

Peningkatan harga saham di Bursa Efek jelas mendatangkan keuntungan emiten karena bisa menarik calon investor. Pun calon investor juga bisa memprediksi kenaikan harga suatu saham perusahaan agar bisa mendapatkan keuntungan berdasarkan portofolio yang ada.

Umumnya fenomena tersebut terjadi setiap 3 bulan sekali. Namun, yang memberikan efek yang cukup drastis adalah fenomena yang terjadi di kuartal terakhir menjelang pergantian tahun.

Meskipun fenomena tersebut kerap berulang setiap tahun, nyatanya tidak ada yang bisa menjamin apakah fenomena tersebut akan kembali terjadi di tahun berikutnya.Pada tahun ini, banyak analis saham yang telah melihat kemunculan fenomena ini melalui peningkatan IHSG sejak September 2021.

Bagi pelaku investasi, fenomena ini memberi kesempatan untuk memantau laporan kinerja saham yang dimiliki Secara lebih cermat. Di sisi lain, pihak manajer investasi mungkin mencoba meningkatkan pengembalian melalui fenomena tersebut. 

Dengan begitu, pelaku investasi harus berhati-hati terhadap kepemilikan karena angka yang tercatat mungkin tidak sesuai dengan strategi dana. 

Hanya saja, efek buruk dari adanya fenomena ini adalah kemunculan pengembalian dana dalam jangka waktu singkat karena dalam jangka waktu tersebut suatu saham memiliki kinerja lebih tinggi. Maka dari itu, penting bagi pelaku investasi untuk mengidentifikasi suatu saham sebelum membelinya, terutama ketika fenomena window dressing sedang berlangsung. 

Tips Meraih Keuntungan dari Window Dressing

Agar bisa meraih keuntungan dari fenomena tersebut, sebagai investor, inilah berbagai hal yang bisa Sobat Pintar lakukan.

1. Mulai menabung untuk menjadi investor

Tips ini wajib dilakukan bagi Sobat Pintar yang memutuskan untuk menjadi investor setelah mengenal adanya fenomena window dressing. Ingat, investasi saham merupakan instrumen investasi yang bersifat high risks, high return dan tidak bijak dilakukan sebelum kebutuhan pokok terpenuhi.

Baca juga: Harga Emas Global dan Nasional Terbaru

Jadi, gunakanlah uang di luar kebutuhan pokok untuk memulai investasi saham, misal sisihkan 20% dana di luar kebutuhan untuk dikumpulkan sebelum memulainya. 

2. Perkuat fundamental dan teknikal saham

Fundamental dan teknikal merupakan dua pendekatan analisis yang penting untuk diketahui para investor. Untuk menjalankan analisis fundamental, investor bisa mendalami laporan keuangan perusahaan yang umumnya dipublikasikan secara umum melalui situs web perusahaan.

Sementara itu, untuk menjalankan analisis teknikal, investor bisa mengamati pergerakan nilai saham emiten dari waktu ke waktu. Dengan dua analisis tersebut, investor bisa mengambil keputusan yang cukup strategis untuk memilih suatu saham dan meraih keuntungan akibat fenomena window dressing. 

3. Membeli Saham Blue Chip

Saham Blue Chip biasanya dikategorikan ke dalam indeks LQ45. Saham ini direkomendasikan karena memiliki nilai yang stabil.

Arti dari saham blue chip adalah saham yang memiliki kapitalisasi pasar yang cukup besar, sehingga jadi pendorong utama dalam indeks bursa saham. 

Rekomendasi Saham Untuk Menikmati Keuntungan Fenomena Window Dressing

Pada tahun ini, fenomena window dressing mulai terjadi sejak September 2021. Terjadinya fenomena tersebut bisa terlihat karena adanya kenaikan IHSG, yang semula ada di level 6100 menjadi 6486,27 pada 12 Oktober lalu.

Nah, agar Sobat Pintar bisa meraih lebih banyak keuntungan, inilah rekomendasi saham LQ45 yang bisa dibeli di akhir tahun.

  1. ASII ( Astra International Tbk PT)
  2. TLKM ( Telkom Indonesia (Persero) Tbk PT)
  3. BBNI ( Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk PT)
  4. BMRI ( Bank Mandiri (Persero) Tbk PT )
  5. ADHI ( Adhi Karya (Persero) Tbk PT )
  6. PTPP ( Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk PT )
  7. WIKA ( Wijaya Karya (Persero) Tbk PT )
  8. WSKT ( Waskita Karya (Persero) Tbk PT )
  9. WSBP ( Waskita Beton Precast Tbk PT )
  10. WTON ( PT Wijaya Karya Beton Tbk )
  11. WEGE ( Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk PT )

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

11 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload