Harga Emas Global dan Nasional Terbaru

03 Nov 2021 by Laruan

Seperti yang mungkin kamu ketahui, emas tidak hanya digunakan sebagai perhiasan saja, tapi juga dianggap sebagai pilihan investasi yang stabil dan aman. Hal ini disebabkan oleh fluktuasi harga emas tidak pernah terlalu melonjak, tetapi cenderung naik dengan perlahan.

Kini emas diburu sebagai alat investasi yang dapat diandalkan, jadi, jangan sampai kamu ketinggalan untuk mengetahui cara investasi emas. Simak keadaan pasar emas yang terbaru di sini.

Keuntungan Investasi Emas

Investasi emas mungkin tidak terlalu menggiurkan kalau dibandingkan dengan investasi saham atau bahkan mata uang kripto yang fluktuasi nilainya cukup liar. Namun, emas tetap selalu menjadi pilihan investasi yang popularitasnya tidak pernah surut. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam berinvestasi emas;

  • Harga logam mulia seperti emas cenderung stabil
  • Baik emas batangan maupun perhiasan emas mudah untuk dicairkan
  • Transaksi emas bebas bunga
  • Bersifat seperti dana darurat karena berada di luar tabungan konvensional 
  • Melindungi nilai kekayaan dengan harga yang terbilang stabil

Kondisi Harga Emas Global

Harga emas melemah setelah mencapai level tertinggi lebih dari satu minggu sebelumnya pada hari Senin karena imbal hasil Kementerian Keuangan Amerika Serikat menguat, tetapi kekhawatiran terhadap inflasi membantu menjaga harga di atas support utama di $1.750 karena perhatian investor beralih ke data pekerjaan yang akan datang.

Harga emas spot turun sebesar 0,4% menjadi $1.752.60 per ons. Emas berjangka AS turun 0,3% menjadi $1.753,30.

Menurut seorang analis senior ActivTrades, emas akan mengikuti pergerakan imbal hasil AS, sementara selera risiko akan terus memberikan arah jangka pendek dalam hal permintaan safe-haven menjelang laporan nonfarm payrolls AS pada hari Jumat.

Laporan tersebut, yang diharapkan menunjukkan peningkatan berkelanjutan di pasar tenaga kerja, dapat mempengaruhi garis waktu Federal Reserve untuk mengurangi dukungan ekonomi.

Oleh karena itu, investor berada dalam mode menunggu dan melihat, dan indikasi apa pun tentang waktu keputusan berikutnya dari Federal Reserve bisa menawarkan arah baru untuk emas, kata seorang analis Kinesis Money.

Namun, sementara emas meluncur dari tertinggi yang dicapai pada hari Jumat, hal ini bisa menguntungkan karena investor tetap khawatir tentang dampak dari krisis Evergrande China dan kenaikan harga energi, mengingat risiko terhadap pertumbuhan ekonomi global.

Data terbaru bulan lalu menunjukkan bahwa inflasi Euro telah mencapai tingkat tertinggi selama 13 tahun, sementara daya belanja konsumen AS melonjak tinggi di Agustus lalu.

Emas tampak mengabaikan kemunduran dolar AS. Kejadian yang tidak biasa ini disebabkan oleh dolar AS yang lebih rendah, membuat emas lebih murah untuk mereka yang memegang mata uang lain.

Harga perak turun 0,7% menjadi $22,36 per ons, platinum turun 1,9% pada $953,09, dan paladium turun 0,7% menjadi $1,906,22. 

Harga emas diprediksikan untuk naik dalam waktu dua minggu ke depan karena beberapa hal. Banyak analis dari Wall Street yang memperhitungkan bahwa harga emas akan meningkat tajam minggu ini.

Namun, menurut beberapa analis, kenaikan suku bunga, tren kenaikan nilai tukar dolar AS dan sikap apatis dari investor masih menjadi tantangan yang besar untuk pasar logam mulia saat ini.

Seorang analis senior DailyFX.com mengatakan bahwa krisis utang besar yang sedang membuat Evergrande berada di ambang kebangkrutan dan masalah plafon utang AS yang tidak terkontrol bisa mendorong harga emas untuk terus menguat.

Menurut Fitch Ratings, kalau anggota parlemen AS tidak bisa mengatasi masalah plafon utang hingga akhir batas waktu, peringkat kredit AS yang ada di level AAA bisa tertekan.

Terlepas dari ketidakpastian yang berkembang, sang analis mengharapkan masalah ini bisa diselesaikan pada akhirnya.

Harga emas yang berusaha untuk menutup minggu lalu dengan menahan support di atas $1.750 per ons telah membawa angin segar. Harga ini berhasil kembali naik dari level terendah dalam dua bulan terakhir.

Direktur Pelaksana Bannockburn Global Forex menjelaskan bahwa dalam waktu dekat, harga emas memiliki ruang untuk mendorong ke level tertinggi $1.787 per ons. Namun, dia juga menegaskan bahwa sentimen di pasar saat ini terbilang buruk.

Selain itu, beberapa analis juga memprediksikan bahwa harga energi di Eropa yang terus naik di luar kendali akan menjadi salah satu faktor yang mendorong harga emas ke level berikutnya. Menurut beberapa laporan, harga gas alam Eropa telah naik hingga rekor tertinggi tahun ini.

Presiden Adrian Day Asset Management memperkirakan harga emas akan bullish karena investor mulai menyadari bahwa dengan meningkatnya inflasi, rencana Federal Reserve untuk memperketat suku bunga dengan terlebih dahulu mengurangi pembelian obligasi bulanan sedikit terlambat.

Kondisi Harga Emas Antam

Produk emas batangan PT. Aneka Tambang, Tbk memiliki penanda spesifik untuk pencegahan terjadinya pemalsuan atau penipuan. Setiap batang emas Antam yang diproduksi disertai dengan sebuah sertifikat yang berisi informasi mengenai dimensi emas, berat emas, kadar kemurnian, serta nomor seri dari batang tersebut.

Untuk menghindari terjadinya penipuan saat membeli emas Antam, kamu sebaiknya bertransaksi hanya dengan distributor resmi emas Antam, contohnya PT. Pegadaian. 

Emas adalah sebuah tali pengaman yang baik selama kamu tahu bagaimana cara mengelola investasi logam mulia ini. 

Harga emas oleh PT Antam naik tipis Rp 1.000 pada perdagangan awal minggu ini menjadi Rp 924.000 per gram. Hal yang sama juga terjadi dengan harga buyback emas Antam yang naik Rp 2.000 hingga Rp 811.000 per gram. 

Dikutip dari website resmi emas Antam, mayoritas ukuran emas batangan masih tersedia, mulai 0,5 gram hingga 1 kilogram. 

Berdasarkan website yang sama, harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram memiliki harga sebesar Rp 9.590.000. Sementara emas bercorak sama dengan ukuran 20 gram memiliki harga sebesar Rp 18.540.000.

Harga yang tertera sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9%. Kalau kamu menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak, kamu bisa mendapatkan potongan pajak yang lebih rendah, yaitu sebesar 0,45%.

Nah, itulah berita perkembangan harga emas yang terbaru. Apa kamu sudah memiliki investasi emas batangan atau dalam bentuk perhiasan? Masih bingung mencari dana untuk mulai investasi emas? Yuk, daftar ke Kredit Pintar dan dapatkan pinjaman online dengan bunga yang terjangkau.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload