Waspada Kolesterol Tinggi Ancam Kesehatan Jantung, Apa Tanda-tandanya?

15 Apr 2021 by Laruan
kolestrol tinggi

Bicara soal makan, tentu tidak boleh sembarangan dalam memilih makanan. Makanan enak namun kurang sehat bisa menimbulkan berbagai efek buruk bagi kesehatan. Salah satunya ialah kolesterol tinggi.

Kolesterol tentu dibutuhkan oleh tubuh demi menjalankan fungsi tubuh yang maksimal. Sayangnya, kadar kolesterol jahat atau LDL secara berlebih dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke, hingga komplikasi lainnya.

Kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi dan kaya lemak. Padahal, makanan enak belum tentu menyehatkan bagi tubuh. Namun masih banyak orang yang menghiraukannya.

Bisa juga disebabkan oleh beberapa faktor yakni obesitas, konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, kurang berolahraga, gaya hidup tidak sehat, konsumsi obat tertentu, keturunan, serta masalah kesehatan lainnya seperti kelainan kelenjar tiroid, kencing manis, gangguan ginjal, hingga kehamilan.

Untuk itu, ada perlunya kita mengetahui apa saja tanda atau gejala kolesterol tinggi agar lebih waspada. Apa saja?

1.    Mudah Mengantuk

Seseorang yang mudah mengantuk bisa saja menjadi gejala tidak langsung adanya sumbatan pembuluh darah dan kolesterol tinggi. Kurangnya asupan oksigen dalam darah menuju otak menyebabkan kantuk.

2.    Mudah Lelah

Gejala mudah Lelah bukanlah gejala spesifik adanya kolesterol tinggi. Namun biasanya, orang yang tergolong kolesterol tinggi cenderung lebih cepat Lelah.

Hal ini disebabkan oleh kadar kolesterol yang membuat munculnya plak dalam pembuluh darah sehingga aliran darah ke jaringan tubuh berkurang.

3.    Tengkuk Pegal

Bila tengkuk terasa sering pegal, hal ini bisa menjadi tanda dari kolesterol tinggi. Penumpukan plak dalam pembuluh darah area leher menjadi penyebabnya. Bila plak akibat kolesterol tinggi terus menumpuk, tentunya bisa mengurangi lancarnya aliran darah menuju otak, termasuk dalam area leher.

4.    Nyeri Kaki

Penumpukan plak pada area kaki juga bisa menyebabkan nyeri pada kaki sehingga bisa menjadi tanda kolesterol tinggi tidak langsung.

5.    Nyeri Dada

Tidak hanya pada bagian kaki dan tengkuk, munculnya plak akibat kolesterol tinggi juga bisa berujung pada nyeri dada. Plak yang menumpuk pada pembuluh darah jantung membuat pengidap kolesterol tinggi sering mengalami kondisi ini.

Nyeri pada dada bisa menjadi tanda awal mula penyakit jantung atau komplikasi dari kolesterol tinggi.

6.    Mengalami Xanthelasma

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah juga bisa terlihat dengan kondisi xanthelasma. Kondisi ini adalah munculnya bercak-bercak kuning di area bawah kelopak mata.

7.    Mengalami Xanthomata

Penumpukan kadar kolesterol tinggi bisa ditandai dengan xanthomata yang mudah terlihat dalam jaringan kulit dan urat. Xanthomata adalah pembengkakan yang terlihat bulat dan berwarna kekuningan.

8.    Muncul Gumpalan dalam Urat

Kolesterol tinggi juga bisa diakibatkan oleh keturunan dan genetika. Bila kadar kolesterol tinggi karena genetic, biasanya akan terlihat gumpalan separuh biji kacang pada kulit. Gumpalan ini bisa dirasakan pada urat dekat buku jari.

Bila tidak memiliki gejala sama sekali, maka satu-satunya cara untuk mendeteksi kadar kolesterol dalam tubuh adalah dengan tes darah. Tes kolesterol biasanya dilakukan setelah berusia 20 tahun, kemudian periksakan secara rutin setiap 4 hingga 6 tahun. Tidak perlu khawatir soal harga tes kolesterol, pasalnya Kredit pintar dengan bunga rendah yang siap memberikan Anda pinjaman untuk mengatasi segala permasalahan.

Bila Anda memiliki faktor resiko kolesterol tinggi, sebaiknya lakukan tes darah lebih sering. Kadar kolesterol dalam darah diatas 240 mg/dL dapat didiagnosis mengidap kolesterol tinggi.

Oleh karena itu, hindari makanan dan minuman yang tidak baik bagi tubuh. Masih banyak makanan enak dan sehat lainnya yang bisa Anda konsumsi. Selain itu, Kredit pintar bisa membantu Anda untuk mengatasi permasalahan biaya check up atau berobat di Rumah Sakit terdekat. Dengan bunga rendah dan tanpa agunan, Kredit pintar adalah pilihan terbaik.

kredit pintar

mobile-closeKredit PintarDownload