Wajib Tahu! 5 Tips Mengatasi Rasa Lapar Saat Puasa

Wajib Tahu! 5 Tips Mengatasi Rasa Lapar Saat Puasa

06 May 2021 by kreditpintar
cara mengatasi rasa lapar

Bulan Ramadan merupakan bulan dimana umat Muslim berpuasa selama 30 hari penuh. Puasa menjadi kewajiban yang memiliki banyak manfaat yang wajib dijalankan. Cara mengatasi rasa lapar saat puasa perlu diketahui, karena saat puasa Sobat Pintar diharuskan untuk menahan hawa nafsu, haus, dan rasa lapar. Untuk kebanyakan orang, menahan rasa lapar sulit dilakukan karena adanya kebiasaan makan 3 kali dan kebiasaan ngemil. Menjadi makan hanya saat berbuka puasa dan sahur, perubahan inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa Sobat Pintar sulit menahan rasa lapar.

Tentu saja segala sesuatu ada jalan keluarnya, tidak terkecuali untuk mengatasi rasa lapar. Berikut ini tips mengatasi rasa lapar saat puasa, agar ibadah puasa Sobat Pintar dapat berjalan lancar. 

Cara mengatasi rasa lapar

Olahraga

Jarang Olahraga Lebih Berbahaya daripada Merokok

Tidak perlu khawatir dengan perkataan bahwa olahraga membuat Sobat Pintar capek. Faktanya jika Sobat Pintar dengan benar melakukan olahraga meskipun olahraga ringan seperti jogging, namun dapat memberi dorongan energi. Olahraga penting dilakukan karena itu merupakan cara tercepat dimana tubuh diminta bernapas lebih dalam. 

Lakukan hobi

Tips mengatasi rasa lapar saat puasa yang satu ini sangatlah mudah, dimana Sobat Pintar hanya perlu mengisi waktu luang untuk melakukan hobi. Misalnya mendengarkan musik, menonton film, membaca buku, dan hal lainnya. Hobi apa saja, asalkan Sobat Pintar dapat melupakan rasa lapar dengan menjalani hobi tersebut. Apalagi jika hobi yang melibatkan fisik, pasti akan lebih ampuh karena Sobat Pintar akan fokus pada hobi tersebut. Bukan pada perut yang minta diisi makanan. 

Minum banyak air saat sahur

Menjadi cara paling sederhana, cara mengatasi rasa ingin makan saat puasa ini dapat membantu mencegah Sobat Pintar merasa lapar saat berpuasa, lho! Minum banyak air putih saat sahur, dapat menghidrasi tubuh dan menyegarkan pikiran. Dikatakan bahwa ini menjadi senjata ampuh untuk memerangi kelaparan, bahkan lebih baik daripada minuman kopi atau minuman bersoda. Sering kali rasa lapar saat puasa, bukanlah rasa lapar namun rasa haus. Sehingga perlu untuk Sobat Pintar minum air putih yang banyak. Dengan catatan jangan sampai tubuh Sobat Pintar merasa tidak enak.

Tidur secukupnya

Sleep Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Meski terlihat sepele, waktu tidur Sobat Pintar akan mempengaruhi rasa lapar. Baik kekurangan maupun kelebihan tidur sama-sama akan berdampak bagi Sobat Pintar. Bukan hanya terhadap kesehatan, namun juga puasa Sobat Pintar. Tidurlah dengan cukup selama 8 jam, agar tubuh Sobat Pintar tetap sehat dan menghilangkan rasa lapar, lelah, dan lesu seharian.

Hindari mie instan

Pada saat sahur, hindari mengkonsumsi mie instan karena mengandung banyak lemak, penyedap rasa, dan natrium juga tak ketinggalan bahan pengawet. Dimana kandungan-kandungan tersebut dapat membuat Sobat Pintar menjadi haus saat menjalankan ibadah puasa. Mie instan juga bantu membuat Sobat Pintar merasa lapar kembali. Sehingga pastikan untuk tidak mengonsumsi sajian menu mie instan saat sahur.

Mengetahui cara mengatasi rasa ingin makan saat puasa, tentu saja Sobat Pintar juga harus bersiap menyambut hari raya Idul Fitri. Siapkan penampilan terbaik Sobat Pintar, jangan merasa galau apabila kondisi keuangan sedang tidak baik. Hadir Kredit Pintar ialah perusahaan fintech yang memberikan pinjaman dana dengan bunga yang rendah. Berbeda dengan pinjaman uang lainnya, yang biasa memberikan bunga yang sangat tinggi. Kredit Pintar telah berizin, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, sebagai pinjaman uang secara online yang resmi.

kredit pintar