Vaksinasi COVID 19 Dosis Pertama, Persiapkan 5 Hal Ini

02 Jul 2021 by Rindang Maulidia
Dalam artikel ini, Sobat Pintar akan mendapatkan 5 hal yang harus disiapkan menjelang vaksinasi COVID 19 agar bisa mendapatkan dosis pertama.

Sejak awal tahun 2021, pemerintah telah memulai program vaksinasi COVID 19 untuk masyarakat, dimulai dari vaksinasi tenaga kesehatan, lansia, dewasa, kemudian vaksinasi anak.

Program vaksinasi pemerintah dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun imunitas sebagai langkah untuk memerangi pandemi COVID 19. 

Program vaksinasi Covid 19 untuk masyarakat tidak dipungut biaya dan masyarakat bisa mendapatkan akses vaksinasi melalui pendaftaran secara mandiri, maupun secara kolektif melalui pengurus warga setempat.

Setiap warga yang mendapatkan slot vaksinasi, akan diminta untuk hadir ke sentra vaksinasi pada tanggal dan tempat yang ditentukan.

Sesampainya di sentra vaksin, warga harus menerapkan protokol kesehatan sebagaimana telah diatur dalam langkah pencegahan penularan virus COVID 19.

Kemudian, warga yang mendapatkan slot vaksin, tidak serta merta bisa mengikuti vaksinasi karena harus menjalani pemeriksaan singkat terlebih dahulu, seperti; cek tensi, cek suhu, dan skrining tentang kondisi kesehatan terkini yang meliputi; gejala flu, riwayat pengobatan, dan riwayat penyakit degeneratif.

Dalam artikel ini, Sobat Pintar akan mendapatkan 5 hal yang harus disiapkan menjelang vaksinasi COVID 19 agar bisa mendapatkan dosis pertama.

5 Hal Yang Bisa Disiapkan Menjelang Vaksinasi

  1. Usahakan tidur cukup

Rata-rata manusia membutuhkan waktu tidur selama 7-8 jam sehari.

Namun, di masa yang cukup dinamis ini, banyak Sobat Pintar yang tidak bisa menikmati tidur cukup karena berbagai hal.

Di sisi lain, kebiasaan tidur cukup memberikan banyak dampak positif seperti; kemampuan berpikir lebih jernih dan menstabilkan tekanan darah.

Saat skrining vaksinasi, Sobat Pintar akan menjalani pemeriksaan tekanan darah.

Apabila tekanan darah dinilai tidak memenuhi kriteria, maka Sobat Pintar akan diminta untuk menunggu selama beberapa menit sebelum mendapatkan pemeriksaan tekanan darah yang kedua.

Apabila tekanan darah masih terpantau tinggi, ada kemungkinan Sobat Pintar tidak bisa mendapatkan vaksinasi di hari tersebut, meskipun sudah berada di Sentra Vaksin.

  1. Mengelola stress

Stress yang tidak dikelola bisa menjadi pemicu tekanan darah yang tidak stabil dan lemahnya sistem imun.

Hal ini berakibat tubuh tidak memiliki pertahanan yang baik, sehingga Sobat Pintar lebih rentan terkena penyakit dan memiliki tekanan darah yang tidak sesuai dengan kriteria untuk bisa mendapatkan vaksin.

  1. Memperkuat sistem imun

Konsumsi makanan bergizi dan vitamin tambahan agar Sobat Pintar bisa lolos dalam skrining vaksinasi.

Dengan sistem imun yang kuat, Sobat Pintar akan memiliki kemungkinan lulus skrining dan bisa segera mendapatkan dosis vaksin pertama.

  1. Menghindari alkohol

Bagi Sobat Pintar yang memiliki alergi tertentu, konsumsi alkohol bisa saja memicu terjadi kambuhnya alergi.

Untuk itu, penting bagi Sobat Pintar untuk menghindari alkohol agar tetap memiliki keadaan tubuh yang bugar dan sehat menjelang hingga saat vaksinasi Covid 19.

  1. Mengobati alergi yang dimiliki, jika ada

Banyak kasus alergi terjadi pada manusia, salah satunya adalah alergi obat tertentu.

Jika Sobat Pintar sudah mendapatkan jadwal vaksin, usahakan cari tahu merk vaksin yang digunakan.

Kemudian, Sobat Pintar bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai jadwal vaksin dan merk vaksin yang diberikan agar dokter bisa mengetahui apakah zat dari vaksin tersebut menjadi pencetus alergi obat yang dimiliki.

Kriteria Warga Yang Bisa Mendapatkan Vaksinasi COVID 19

  1. Tidak memiliki penyakit kronis, seperti penyakit jantung,autoimun, penyakit saluran pencernaan kronis, hipertiroid atau hipotiroid, dan kanker.
  2. Tidak sedang mengalami infeksi akut yang disertai dengan demam, batuk, pilek, diare, dan lain-lain.
  3. Bukan wanita hamil.
  4. Tidak ada kontak erat dengan pasien COVID-19 atau sedang dalam perawatan COVID-19.
  5. Suhu tubuh 37.5 ℃
  6. Tekanan darah normal
  7. Penyintas COVID-19 bisa mendapatkan vaksinasi minimal tiga bulan setelah sembuh. 

Itulah 5 hal yang harus dipersiapkan Sobat Pintar menjelang pemberian dosis vaksin yang pertama.

Semoga membantu!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk