Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan

13 Dec 2022 by kreditpintar, Last edit: 18 Jan 2023

Mendirikan usaha yang jarang tapi dibutuhkan menjadi penting saat persaingan bisnis semakin ketat. Dengan begitu, kompetitor akan lebih sedikit. Peluang bisnis untuk berkembang pesat akan semakin besar. Berikut adalah beberapa usaha yang jumlahnya jarang tetapi sangat dibutuhkan.

Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan

1. Jasa Membersihkan Kebun atau Taman

Salah satu usaha yang seringkali dibutuhkan tapi jarang ada adalah tukang tebang pohon. Nyatanya, banyak orang yang mencari jasa menebang pohon terdekat maupun jasa tebang pohon murah. Dengan memakai jasa mereka hasil tebang pohon lebih rapi serta bersih 

Tidak banyak orang yang mengambil pasar ini karena dianggap kurang prospektif. Padahal, dengan hasil tebangan pohon yang rapi serta bersih, lingkungan sekitarnya dapat lebih enak terlihat. Jasa tebang pohon memiliki peluang bagus, utamanya di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, serta sekitarnya. 

Baca juga: 10+ Usaha Sampingan di Desa yang Menguntungkan

2. Bisnis Barang Antik

Barang antik jadi salah satu usaha yang jarang meski dibutuhkan dari dahulu sampai sekarang. Bagaimana tidak? Usaha ini dapat menarik konsumen dari semua kalangan, khususnya orang tua yang ingin bernostalgia dengan masa-masa mudanya. Sementara itu, banyak kalangan muda yang punya selera antik untuk mencari serta menemukan barang-barang tempo dulu.

Meski begitu, sebelum memutuskan menjalankan bisnis ini terdapat beberapa hal yang harus diketahui, salah satunya jaringan kolektor barang antik. 

3. Jasa Salon Syar’i

Salon syar’i biasanya punya tempat yang tertutup jadi melindungi pelanggan wanita dari pandangan laki-laki. Dengan begitu, kegiatan perawatan tubuh jadi lebih bebas serta nyaman. Tak cuma dari segi tempat, produk untuk usaha yang jarang meski dibutuhkan seperti salon syar’i, juga wajib dipertanggungjawabkan kehalalannya. 

Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya sertifikasi yang halal atas suatu produk yang digunakan. Pelanggan akan yakin sebab tidak memakai produk yang menyalahi aturan agama. Karyawan yang dipekerjakan sebaiknya hanya terdiri dari perempuan.

4. Bisnis Kerajinan Tangan

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan selanjutnya yaitu pusat kerajinan handmade. Terdapat banyak sekali jenis kerajinan tangan yang bisa anda buat karena kini kerajinan handmade jadi sesuatu yang sangat menarik dan memiliki nilai seni tinggi. Sejumlah contoh kerajinan handmade adalah; lampu hias, flip cover untuk handphone, kotak perhiasan, maupun berbagai souvenir. 

Umumnya, kerajinan handmade dapat kamu pilih karena punya keunikan tersendiri dan bisa anda buat khusus bagi pemesan. 

5. Bisnis Makanan Sehat

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan selanjutnya yaitu menjual bisnis katering sehat. Pengusaha makanan memang sudah banyak. Anda dapat menjumpai pengusaha yang menjual beraneka jenis makanan. Misalnya makanan cepat saji, makanan ringan maupun snack, kue, gorengan, mie ayam, nasi uduk, dan masih banyak lagi.

Meski begitu, nyatanya belum banyak pengusaha yang menyuguhkan menu makanan sehat sebagai produk utama mereka. Makanan sehat merupakan alternatif bagi orang-orang yang sedang melakukan diet. 

Tak cuma untuk diet, makanan sehat juga baik untuk siapa saja yang punya risiko kesehatan maupun tidak.

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan ini punya peluang cukup menjanjikan. Terlebih saat ini kesadaran masyarakat guna menjalani hidup sehat jadi meningkat. Tidak sedikit dari mereka yang beralih ke jenis makanan sehat. Contohnya makanan rendah kalori, tidak memakai minyak atau margarin berlebih, rendah gula, rendah garam, serta sebagainya.

Baca juga: 15 Inspirasi Usaha Kecil-kecilan Yang Menguntungkan

6. Jasa Tour Guide

Anda bisa berbicara Bahasa asing serta suka dengan traveling? Mungkin usaha yang jarang tapi dibutuhkan ini cocok bagi anda jadikan usaha utama. Dalam dunia pariwisata ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa diambil, salah satunya pemandu wisata atau tour guide. Jadi pemandu wisata dengan informasi cukup diminati oleh wisatawan yang datang dari luar daerahnya.

Pada umumnya, jasa tour guide banyak dicari oleh wisatawan asing, tapi tidak menutup kemungkinan wisatawan domestik juga memakai jasa ini mencakup rombongan besar anak sekolah. Jadi tidak heran apabila seorang pemandu wisata begitu mengetahui seluk beluk objek wisata tertentu, karena mereka bakal bertugas untuk memberikan informasi mengenai tempat wisata.

Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan

7. Layanan Pijat Urut

Punya keahlian lebih dalam hal memijat begitu dicari oleh masyarakat Indonesia. Nyatanya sebagian besar masyarakat Indonesia yang mengeluh sakit tidak seluruhnya datang ke dokter, terdapat beberapa yang mengeluh sakit ringan pergi ke jasa pijat urut. 

Selain itu, keuntungan menjalankan usaha yang jarang tapi dibutuhkan ini yakni modal yang sedikit sekali tapi menghasilkan profit bersih. Dan pastinya jika terdapat pelanggan anda yang cocok, tentu bakal merekomendasikan anda untuk mencoba kualitas pijatan anda.

Guna mempelajarinya diperlukan pendamping yang ahli maupun orang bisa menekuni pendidikan resmi dan diakui dengan sertifikasi.

Baca juga: Peluang Usaha Online Yang Menguntungkan untuk Pemula

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Jan 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download