Peluang Usaha Online Yang Menguntungkan untuk Pemula

20 May 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Usaha online yang menguntungkan ternyata banyak sekali jenisnya. Terlebih saat ini era perkembangan teknologi semakin kencang, peluang-peluang bisnis baru yang menjanjikan bisa menjadi pilihan. Terlebih jika Anda memiliki keahlian dalam bidang tertentu, berbisnis online bisa dilakukan tanpa menggunakan modal. 

Yang menjadi prasyarat utama tentu kemauan yang kuat dalam menjalankan bisnis online. Sekalipun Anda merupakan pemula sekalipun, berbisnis secara online sangat mudah untuk Anda lakukan. Banyaknya kemudahan dalam akses informasi semakin memberikan kemudahan untuk Anda dalam menjalankan sebuah bisnis. Untuk Anda yang baru memulai bisnis, berikut ini daftar usaha jualan online yang bisa Anda jadikan pilihan.

Baca juga : https://www.kreditpintar.com/education/lembaga-penunjang-pasar-modal 

Jenis Usaha Online yang Menguntungkan

  1. Reseller

Jika Anda belum mampu untuk membuat produk sendiri bisnis online dengan sistem reseller ini bisa Anda coba. Saat ini sudah banyak produsen yang memberikan peluang kerja sama dengan sistem reseller. 

Bisnis reseller ini memberikan kemudahan untuk Anda yang baru saja terjun dalam dunia online. Dengan menjadi reseller, Anda memiliki kesempatan mendapatkan harga produk lebih rendah dari harga pasaran. Anda hanya perlu menaikkan harga tersebut sesuai dengan harga yang ada di pasaran. 

  1. Dropship

Sama halnya dengan reseller dimana Anda tidak perlu memiliki produk untuk bisa jualan. Perbedaannya, reseller mengharuskan Anda membeli produk terlebih dahulu sedangkan dengan dropship Anda tidak perlu melakukan pembelian produk. 

Jika Anda berbisnis dengan sistem dropship Anda hanya perlu mencari pelanggan. Adapun keuntungan Anda dapatkan saat produk yang Anda jual sudah mencapai limit yang ditentukan. 

Modal Anda saat menjalankan sistem dropsipper yaitu dengan mencarai produsen yang mau bekerja sama dengan sistem tersebut.

  1. Jualan Skincare

Saat ini skincare sudah menjadi salah satu kebutuhan kaum hawa, terlebih saat ramainya tren memiliki kulit wajah sehat seperti sekarang ini. Banyaknya permintaan akan produk perawatan wajah tentu menjadi peluang usaha online yang menguntungkan. Ada beberapa pilihan sebelum Anda memutuskan berbisnis skincare. Pertama, Anda bisa sekaligus menjadi produsen namun bisa juga melakukan kerja sama dengan produsen yang sudah ahli. 

Perlu diketahui, Anda harus menjual produk yang memang aman. Dengan demikian pastikan produk yang Anda jual sudah memiliki lisensi dari BPOM. 

  1. Menawarkan Jasa Desain

Meningkatnya kebutuhan untuk marketing serta branding mengharuskan pemilik bisnis untuk membuat produk dengan konsep yang menarik. Berkaitan dengan kebutuhan tersebut tentu permintaan akan desain konten, promosi hingga produk meningkat.

Hal ini membuka peluang bisnis untuk Anda yang memiliki kemampuan dalam bidang tersebut. Terlebih jika Anda melakukan pemasaran secara online, Anda memiliki peluang untuk bisa menjangkau customer yang lebih luas.

  1. Membuat Website

Jenis usaha online selanjutnya ini bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda yang memang memiliki keahlian dalam bidang develop website. Pekerjaan pembuatan website ini membutuhkan keahlian serta waktu yang tidak sebentar. 

Namun, hasil yang Anda dapatkan tentu sebanding, mengingat sampai saat ini tidak semua orang memiliki keahlian dalam bidang tersebut. Manfaatkan peluang ini untuk mendapatkan pendapatan secara online.

  1. Membuka Bisnis Afiliasi 

Akhir-akhir ini bisnis afiliasi menjadi salah satu pilihan bisnis online yang diincar banyak orang. Hal ini dikarenakan Anda tidak harus memiliki modal untuk bisa menjalankan bisnis tersebut. 

Jika Anda memiliki keinginan untuk menjadi affiliator, Anda hanya perlu melakukan promosi secara online supaya produk tersebut dikenal masyarakat. Model bisnis seperti ini menjadi alternatif yang menarik untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis namun terbatas dengan modal. Kunci dalam menjalankan bisnis model seperti ini adalah membangun kepercayaan dengan calon customer supaya mau membeli produk yang Anda pasarkan. 

  1. Bisnis Jastip

Sekalipun tren usaha online terus mengalami kenaikan, ternyata banyak juga beberapa pengusaha yang masih menjalankan bisnis secara offline. Terlebih untuk jenis produk yang banyak digemari masyarakat.

Kondisi seperti ini memberikan peluang menarik untuk Anda yang mau membuka bisnis jastip. Anda bisa mempromosikan jasa titip barang tersebut supaya customer di luar daerah memiliki kemudahan untuk membeli. Adapun penghasilan Anda didapatkan dari jasa Anda membelikan barang tersebut.

  1. Menjual Foto Secara Online

Apabila Anda memiliki kemampuan untuk mengabadikan momen dengan gaya tertentu, skill tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai jenis usaha online yang menjanjikan. Anda bisa memulai dengan berjualan foto disitus penyedia seperti Shutterstock misalnya. Apabila foto yang Anda jual memiliki peminat yang banyak, tentu pundi-pundi keuangan juga Akan bertambah.

  1. Blogger

Apakah Anda penasaran kenapa blogger menjadi salah satu pekerjaan bisnis online yang masuk dalam daftar kami? Atau mungkin Anda berpikir bahwa blogger sudah ketinggalan zaman? Percaya atau tidak, bisnis menjadi blogger ini memiliki peluang yang besar dan menguntungkan.

Bisnis online ini sangat tepat untuk Anda yang memiliki kemampuan, minat dan bakat dalam bidang menulis. Anda yang suka bercerita juga cocok, dan disarankan untuk memulai bisnis online dari blog ini. 

Beberapa peluang keuntungan menjadi blogger yaitu, Anda dapat memasang iklan online melalui Google Adsense atau menjual jasa review. Membuat iklan di blog tidak sembarangan dipasang, terdapat aturan dan syaratnya. 

Jika Anda sudah lama memiliki blog dan aktif dengan berbagai konten yang menarik,  maka Anda sudah bisa memasang iklan sendiri di blog Anda melalui Google Adsense.  

  1. Penerjemah 

Apakah Anda pandai dan menguasai bahasa asing? Mungkin pilihan sebagai seorang penerjemah adalah solusinya. Banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan yang sedang mencari penerjemah bahasa asing. Faktanya masih banyak perusahaan yang belum memiliki pegawai penerjemah yang bekerja secara full time.

Apakah Anda tahu? Banyak perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan asing/luar negeri. Dalam sebuah kerja sama, maka selalu ada sebuah dokumen yang harus diterjemahkan. 

Maka peluang sebagai penerjemah sudah terbuka lebar untuk Anda. 

Jika Anda masih pemula dan belum percaya diri, maka lakukanlah penawaran sebagai penerjemah terhadap teman atau kerabat Anda.

Hal penting  yang harus dilakukan sebagai blogger yaitu Anda harus menentukan konsep blog dan konten apa saja yang akan Anda sajikan di dalam blog tersebut. Jika semakin banyak Anda mengunggah tulisan di blog maka semakin banyak juga peluang untuk keuntungan Anda.

Baca juga : http://www.kreditpintar.com/education/contoh-surat-permintaan

Cukup banyak jenis usaha online yang menguntungkan dari yang harus mengeluarkan hingga tanpa modal sama sekali. Kini saatnya Anda memanfaatkan peluang yang sudah ada untuk mulai merambah cara bisnis secara online. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download