15 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu atau Kurang!

02 Dec 2021 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Baik untuk menambah uang jajan atau mencukupi kebutuhan, usaha rumahan merupakan cara sederhana memulai usaha kecil untuk mendapatkan penghasilan. Berikut rekomendasi usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa kamu coba.

Jasa print (bagi yang sudah punya printer)

Usaha rumahan modal 50 ribu pertama adalah membuka jasa print. Mesin printer memang harganya mahal, bisa sampai Rp1 jutaan. Tetapi bagi kalian yang memang sudah memiliki printer di rumah, daripada hanya dipakai sekali-sekali dan malah berisiko rusak, bisa banget buka usaha kecil jasa print.

Jasa unlock/unblur pembahasan soal (Chegg, Course Hero, Bartleby, Transtutors)

Untuk anak kuliahan, kunci jawaban dari textbook mata kuliah sangat dibutuhkan. Bukan hanya untuk bahan belajar, dosen pun seringkali memberikan soal dari buku pegangan sebagai PR. Sebenarnya banyak situs yang memberi jawaban soal textbook beserta pembahasannya, seperti Chegg, Course Hero, Transtutors, dll. Tetapi biasanya harus langganan ke website tersebut untuk bisa membuka jawaban.

Karena harga langganannya cukup mahal, tentunya mahasiswa yang dompetnya tipis tidak mau langganan website-website tersebut. Nah, kamu bisa coba langganan misalnya sebulan, kemudian menawarkan jasa membuka jawaban per soal. 

Para mahasiswa akan lebih pilih hanya membayar sedikit uang tiap kali butuh daripada menghabiskan cukup banyak uang untuk berlangganan padahal belum tentu akan digunakan lagi. Jika harga langganan website-nya lebih dari Rp50 ribu, bisa patungan bersama teman-teman. Asalkan promosinya gencar, pasti untung kok, harga jual per link bisa dipatok Rp1.000 – Rp5.000 per link.

Jasa menulis artikel

Saat ini website memiliki persaingan sangat tinggi. Karena website dengan banyak pengunjung bisa mendapatkan keuntungan dari memasang iklan, para pemilik website berlomba-lomba agar website mereka menyediakan informasi yang tepat. Misalnya saat orang meng-google “usaha modal 50 ribu”, harapannya orang itu akan sampai pada website miliknya.

Baca juga: 4 Pinjaman Modal Usaha Ini Bisa Jadi Solusi Bisnis Anda

Oleh karena itu, pemilik website seringkali menyewa jasa penulis artikel freelance. kamu dapat membuka jasa menulis konten di situs-situs freelance populer seperti Fastwork, Freelancer, Fiverr, dsb.

Jual foto stock

Saat mencari foto di Google, apakah kamu pernah melihat foto-foto dengan tulisan shutterstock? Kalau pernah, pasti kamu tahu kalau foto-foto dengan watermark seperti itu tidak bisa di-download secara cuma-cuma alias harus bayar.

Nah, situs-situs stock photo seperti itu merupakan platform di mana orang-orang (biasanya fotografer) mengunggah foto yang mereka ambil. Kemudian, jika ada orang yang ingin mengunduh foto itu, mereka akan membayar ke pemilik foto. Memang harga per download tidak mahal, tapi bisa menambah sedikit uang tanpa mengeluarkan modal sama sekali.

Supaya foto laku, cobalah jual foto-foto yang spesifik dan dibutuhkan oleh artikel-artikel. Contoh foto yang spesifik adalah seperti di bawah ini. Di situs foto gratis seperti Pixabay, jika mencari foto budidaya jamur tidak akan ada, yang ada hanya foto jamur. 

Kalau di situs stock foto berbayar seperti Shutterstock, kamu bisa menjual foto yang spesifik yaitu budidaya jamur supaya website yang membutuhkan foto spesifik budidaya jamur akan membeli foto kamu.

Graphical user interface, website

Description automatically generated

Jual desain kaos (atau merchandise lain) made by order

Jika memiliki bakat desain bahkan sedikit saja, cobalah untuk menjualnya dengan dicetak di kaos. Cari vendor percetakan/sablon kaos. Buat foto mock-up desain kamu yang ditempel di kaos dan tawarkan pada orang lain, bisa lewat e-commerce atau secara langsung. Tentunya harga yang kamu tawarkan harus lebih mahal daripada modal kamu membeli kaos termasuk sablonnya.

mockup kaos

Bila ada yang mau beli, terapkan sistem made by order. Jadi pembeli harus membayar terlebih dahulu (baik full atau DP) pada kamu, kemudian kamu membayar ke vendor sablon supaya vendor mencetak desain kamu pada kaos, barulah setelah itu kamu memberikan kaos ke pembeli.

Selain dengan cara ini, kamu juga dapat menjual desain di situs-situs seperti Etsy, RedBubble, dsb. kamu hanya perlu menyetor desain dan website-nya yang akan mengurus pencetakan dan pengiriman. Tentunya desain bisa dicetak di merch selain kaos.

Thrift atau pakaian preloved

Sekarang bisnis thrift atau pakaian bekas sedang booming banget, nih, sehingga menjadi peluang usaha kecil yang besar. kamu bisa mulai dari menjual pakaian preloved kamu yang masih bagus, kemudian untungnya bisa dikembangkan untuk belanja di pasar thrift lalu dijual lagi.

Dropship/reseller

Sejak awal maraknya online shop, istilah dropship dan reseller sangat sering dibicarakan. Keduanya tanpa modal, karena dropshipper dan reseller hanya berperan memasarkan barang, kemudian baru membeli barang yang sudah dan dibayar pembeli.

Baca juga: Sedang Mencari Modal Usaha? Berikut Cara Mendapatkan Modal Usaha

Pulsa dan kuota

Dengan modal HP dan m-banking, kamu bisa jual pulsa dan mengambil untung Rp1.000-Rp2.000. Jika ingin menekuninya, bisa juga bergabung komunitas agen pulsa dan menjadi agen pulsa.

Laundry

Usaha laundry cocok terutama bila tempat tinggal kamu berada di daerah pelajar (dekat kampus), pasti banyak mahasiswa yang tidak punya mesin cuci di kos-kosan. Hanya dengan modal mesin cuci dan deterjen yang ada di rumah, kamu bisa membuka laundry rumahan.

Jasa setrika

Apabila sedang punya waktu luang, bisa loh membuka jasa setrika. Walau terdengar sepele, banyak keluarga yang sangat sibuk sampai pakaian setelah dijemur menumpuk lama tidak disetrika.

Jasa cuci motor

Lagi-lagi usaha rumahan modal 50 ribu ini terlihat sangat sederhana, tapi pasti ada yang mau menggunakan jasa ini. Bagi orang-orang yang sibuk, membayar tetangga untuk mencuci motor bisa memperlancar kegiatan mereka.

Potong rambut

Jika usaha-usaha di atas bisa dilakukan oleh siapa saja, sekarang kita mulai masuk ke usaha rumahan modal 50 ribu yang membutuhkan keterampilan khusus. Tentunya tidak semua orang bisa membuka usaha potong rambut, sekalipun itu hanya jasa potong rambut rumahan. Jika kamu tidak memiliki pengalaman dan keterampilan potong rambut yang cukup, kamu malah akan diamuk tetangga bila mencoba membuka salon rumahan.

Tukang jahit

Usaha yang ini masih termasuk usaha yang membutuhkan keterampilan khusus, nih. Bila kamu memiliki bakat menjahit, cobalah buka jasa jahit pakaian. Zaman sekarang banyak orang yang tidak bisa menjahit sama sekali, jadi walau kamu hanya bisa menjahit pakaian yang robek, kamu sudah bisa menawarkan jasa jahit khusus baju robek.

Menjadi YouTuber/TikToker/influencer lain

Profesi yang sekarang menjadi cita-cita sejuta umat, influencer terlihat enak sekali hidupnya. Modal pose dan buat video-video sederhana saja bisa mendapatkan endorse. Bukan hanya mendapat barang “gratis”, tapi malah dibayar untuk menerima barang!

Walau begitu, menjadi influencer tidak mudah dan yang jelas tidak instan, ya. Butuh usaha dan konsistensi yang tinggi untuk bisa sukses dan akhirnya mendapatkan penghasilan. Banyak youtuber yang sudah mengunggah video selama bertahun-tahun tanpa mendapat keuntungan sebelum akhirnya bisa menghasilkan uang.

Menjadi affiliate marketer

Secara kasarnya, affiliate marketing mirip dengan endorse. Seseorang dengan “pengikut” yang banyak dibayar untuk mempromosikan produk atau jasa. Tapi affiliate marketing ini lebih seperti iklan, contohnya website-website yang memasang iklan di artikelnya.

Sama seperti menjadi influencer, affiliate marketing juga bukan usaha yang instan. Butuh kerja keras dan konsisten jika ingin menjadi sukses dan mendapatkan keuntungan. 

Baca juga: Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha dengan Cepat

Itulah 15 usaha rumahan modal 50 ribu atau bahkan kurang dari 50 ribu. Jika kamu punya waktu luang, cobalah mulai salah satu usaha kecil tadi. Selamat mencoba, ya! 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download