Sedang Mencari Modal Usaha? Berikut Cara Mendapatkan Modal Usaha

Sedang Mencari Modal Usaha? Berikut Cara Mendapatkan Modal Usaha

14 May 2021 by kreditpintar
cara mendapatkan modal usaha

Modal merupakan salah satu aspek penting dalam membuka sebuah usaha, baik itu modal dalam bentuk uang atau modal dalam bentuk skill dan kemampuan. Akan tetapi modal uang memegang peranan penting dalam sebuah usaha yang bisa dipergunakan untuk modal awal atau untuk pengembangan usaha ke tingkat yang lebih tinggi. Salah satu tips memiliki modal usaha adalah dengan melakukan pinjaman. Terdapat banyak sumber yang dapat dijadikan sebagai pinjaman modal usaha, seperti kredit tanpa agunan, kredit multiguna, pinjaman koperasi, kredit modal kerja, pegadaian dan pinjaman modal online, yang masing-masing sumber pinjaman tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut cara mendapatkan modal usaha:

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Pinjaman

Sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman modal usaha, lebih baik memanfaatkan terlebih dahulu potensi yang ada disekitar kita yang dapat dijadikan sebagai modal usaha.

1. Aset dan tabungan pribadi

Hal pertama tips memiliki modal usaha adalah dengan memanfaatkan aset dan tabungan pribadi. Perlu diingat jangan menghabiskan seluruh aset dan tabungan pribadi tersebut sampai nol. Karena setiap usaha pasti memiliki risiko dimana kita membutuhkan aset cadangan untuk menanggulangi kondisi tersebut. Jika aset dan tabungan pribadi tidak memadai maka dapat mulai menyisihkan penghasilan sekarang untuk dijadikan tabungan modal usaha. Walaupun tips memiliki modal usaha ini memakan waktu yang lama, tapi kita bisa fokus pada strategi dan pengembangan usaha tanpa memikirkan cicilan pinjaman.

2. Mengajak rekanan usaha

tips memiliki modal usaha tanpa pinjaman yang kedua adalah dengan mengajak rekanan usaha yang dapat memberikan tambahan modal awal. Keuntungan lainnya dari memiliki rekanan usaha ini adalah terdapat ide-ide baru yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya. Namun perlu dicatat dalam memilih rekanan usaha tidak semata-mata hanya berdasarkan kepemilikan modal saja. Kita harus menemukan rekanan yang memiliki visi dan misi yang sama dalam menjalankan usaha. 

3. Modal langsung dari konsumen

Tips memiliki modal usaha dengan mendapatkannya langsung dari konsumen mungkin hanya dapat diterapkan pada beberapa bidang usaha saja, seperti usaha-usaha kuliner yang bersifat pesanan dalam partai besar seperti pesanan kue dan katering, modal usaha bisa didapatkan dari uang muka yang dibayarkan oleh konsumen. 

Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Pinjaman

Ketiga tips memiliki modal usaha diatas memang tidak membutuhkan modal yang terlalu besar dalam membuka sebuah usaha dengan memanfaatkan potensi yang ada disekitar kita. Akan tetapi cara tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama dalam mengembangkan sebuah usaha. Terdapat alternatif lain yang dipilih untuk tips memiliki modal usaha yaitu dengan mengajukan pinjaman. Berikut adalah beberapa jenis pinjaman yang dapat kita pertimbangkan untuk diajukan sebagai modal usaha.

1. Kredit tanpa agunan

kredit tanpa jaminan adalah produk pinjaman dari bank tanpa adanya jaminan, sehingga jenis pinjaman ini sangat cocok jika kita belum memiliki aset yang dapat dijadikan sebagai jaminan. Untuk mengajukan kredit tanpa jaminan persyaratan yang harus disiapkan adalah Kartu Keluarga, KTP, Kartu Kredit dan tentunya formulir pengajuan kredit tanpa jaminan yang telah disediakan oleh pihak bank. Kelebihan kredit tanpa jaminan selain tidak mensyaratkan adanya jaminan adalah proses pencairan yang lebih cepat dan produk ini dapat ditemukan di hampir semua bank. Namun bunga yang dibebankan pada nasabah cukup tinggi dan limit jumlah pinjaman yang dapat diajukan juga terbatas.

2. Kredit multiguna

Berbeda dengan kredit tanpa jaminan, kredit jenis ini adalah produk pinjaman dari bank yang mensyaratkan adanya jaminan. Selain persyaratan yang ada pada kredit tanpa jaminan, kredit multiguna menambahkan persyaratan lainnya seperti surat keputusan pengangkatan sebagai pegawai dan surat keterangan gaji, dan tentunya jaminan berupa surat-surat berharga seperti sertifikat tanah dan rumah, untuk pegawai negeri sipil dapat menggunakan SK nya sebagai jaminan. 

Kelebihan dari kredit jenis ini adalah sesuai dengan namanya pinjaman ini bersifat multiguna dapat digunakan untuk kebutuhan apapun, menawarkan limit pinjaman tinggi yang disesuaikan dengan nilai dari jaminan yang diberikan, tenor masa pinjaman yang lebih panjang bisa mencapai 5 tahun, dan bunga pinjaman yang relatif lebih rendah daripada kredit tanpa agunan. 

3. Pinjaman koperasi

Pinjaman jenis ini menjadi salah satu jenis pinjaman yang banyak diminati di tengah masyarakat. Prinsip koperasi yang mengutamakan perekonomian masyarakat dengan basis anggota menjadi alasan koperasi masih banyak diminati sampai sekarang. Koperasi masih aktif beroperasi terutama di daerah-daerah dan pedesaan dalam membangun perekonomian rakyat. Kelebihan dari pinjaman jenis ini adalah bunga pinjaman yang relatif rendah, persyaratan pengajuan pinjaman lebih mudah, dan tentunya lembaga yang legal di bawah peraturan perundang-undangan sehingga keamanan pinjaman koperasi tidak perlu dikhawatirkan lagi. 

4. Kredit modal kerja

Istilah ini mungkin masih asing ditelinga kita. Kredit modal kerja adalah program pemerintah untuk memfasilitasi pemilik usaha baik perusahaan atau UMKM. Perbedaan pinjaman jenis ini dengan yang lainnya adalah pinjaman ini diberikan kepada pemilik usaha yang sudah menjalankan usahanya namun terkendala biaya karena modal awal yang habis, sehingga dengan mengajukan pinjaman jenis ini pemilik usaha dapat melanjutkan operasional usahanya.

Untuk dapat mengajukan pinjaman ini, terdapat persyaratan yang cukup sulit, diantaranya sebuah usaha yang sudah berdiri minimal satu tahun dan memiliki izin usaha atau telah melewati satu kali siklus usaha dan kehabisan modal awalnya, jumlah pinjaman yang diberikan adalah biaya operasional yang dibutuhkan untuk satu siklus usaha maksimal satu tahun, serta proses pencairan yang hanya dapat dilakukan melalui rekening koran. Oleh karena itu, jenis pinjaman ini tidak dapat diajukan jika sebuah usaha baru berdiri dan membutuhkan modal awal. 

5. Pegadaian

Pegadaian menjadi salah satu solusi pinjaman yang paling sering digunakan masyarakat. Pada prinsipnya pegadaian akan menerima suatu barang berharga seperti surat-surat berharga, emas dan kendaraan untuk dijadikan jaminan pinjaman. Kelebihan pinjaman yang diberikan pegadaian adalah jumlah pinjaman yang sangat bervariasi dengan limit maksimal pinjaman berdasarkan barang atau benda yang dijadikan jaminan. Selain itu tenor pinjaman yang sangat fleksibel dan bunga pinjaman rendah. Proses pengajuan perpanjangan tenor juga mudah hanya perlu membayarkan biaya beban pinjaman. 

6. Pinjaman online

Cara mendapatkan modal usaha yang terakhir adalah dengan mengajukan pinjaman modal online. Pinjaman jenis ini menjadi populer karena perkembangan teknologi sekarang ini. Salah satu produk pinjaman modal online terbaik adalah Kredit Pintar yang memiliki berbagai kelebihan, seperti; bunga pinjamannya rendah, proses pencairan yang cepat, persyaratan pengajuan mudah tanpa jaminan, serta limit dan tenor pinjaman yang tinggi. Pinjaman online di Kredit Pintar dapat dilakukan hanya melalui smartphone dan langsung cair untuk dapat digunakan sebagai modal usaha. 

Itu tadi beberapa cara mendapatkan modal usaha yang dapat digunakan untuk pembiayaan usaha.

kredit pintar