Cara Mudah Top Up Saldo MyPertamina

23 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 23 Sep 2022

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara top up saldo MyPertamina, maka artikel ini wajib untuk Anda simpan dan bagikan ke teman-teman atau rekan kerja Anda.

Cara Mudah Top Up Saldo MyPertamina

Aplikasi MyPertamina mendapatkan sorotan warga Indonesia, akibat pengumuman dari pemerintah per tanggal 1 Juli 2022 lalu, dimana setiap masyarakat yang hendak membeli Bahan Bakar Minyak (BBM), diwajibkan untuk menggunakan aplikasi MyPertamina. 

Adapun tujuan kampanye pemerintah ini adalah untuk meningkatkan transaksi cashless dan beralih ke pembayaran digital dengan QRIS sebagai pintu pembayaran utama. Tapi sayangnya, masih banyak masyarakat yang tidak tahu cara top up saldo MyPertamina. 

Anda beruntung, artikel ini akan menjelaskan langkah demi langkah proses top up saldo dana MyPertamina dengan mudah. Bagaimana caranya? Simak informasinya berikut ini. 

Kenal Lebih Dekat dengan Aplikasi MyPertamina

Apa itu aplikasi MyPertamina? Aplikasi MyPertamina adalah aplikasi yang berada di bawah naungan Pertamina serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terintegrasi ke aplikasi LinkAja. 

MyPertamina hadir di tengah masyarakat Indonesia sebagai solusi terbaik dalam melakukan proses transaksi secara cashless. Selain bertujuan untuk digitalisasi, kehadiran aplikasi MyPertamina juga bermanfaat untuk menekan penyebaran covid-19 di Indonesia.

Aplikasi MyPertamina merupakan salah satu bentuk apresiasi yang dikhususkan untuk para pelanggan setia PT. Pertamina Patra Niaga. Harapannya dengan adanya aplikasi ini, para pelanggan dapat semakin mudah dalam melakukan proses pembelian produk Pertamina. 

Aplikasi MyPertamina menawarkan sejumlah fitur-fitur keren untuk para pelanggannya, salah satunya adalah fitur poin. Setiap pembeli yang melakukan pembelian produk Pertamina, akan mendapatkan sejumlah poin yang nantinya dapat ditukarkan dengan berbagai rewards menarik. 

Agar aplikasi ini dapat menjangkau berbagai kalangan masyarakat, aplikasi MyPertamina dapat diunduh oleh pengguna smartphone berbasis iOS (App Store) dan Android (Google Play Store) secara gratis.

Bagaimana Cara Mendaftar di Aplikasi MyPertamina

Cara Mudah Top Up Saldo MyPertamina

Sesuai dengan arahan pemerintah, masyarakat yang membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) berjenis Solar dan Pertalite, wajib mengunduh aplikasi MyPertamina. 

Lantas, bagaimana cara untuk mendaftarkan diri pada aplikasi MyPertamina agar Anda dapat membeli Solar atau Pertalite? Ada dua cara registrasi yang dapat Anda lakukan secara mandiri, yaitu melalui aplikasi MyPertamina atau halaman website subsiditepat.mypertamina.id.

Berikut langkah-langkah cara daftar aplikasi MyPertamina dengan mudah.

  1. Siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti STNK, KTP, foto kendaraan, dan dokumen lainnya sesuai dengan arahan dalam aplikasi. 
  2. Buka aplikasi subsiditepat.mypertamina.id.
  3. Centang informasi bahwa Anda memahami keseluruhan persyaratan yang ada dan klik pilihan “Daftar Sekarang”.
  4. Kemudian ikuti instruksi yang diberikan.
  5. Setelah semua selesai, maka sistem akan melakukan penyamaan data maksimal 7 hari kerja. Nantinya, Anda akan mendapatkan notifikasi status pendaftaran secara berkala melalui email yang sudah didaftarkan.
  6. Jika status pendaftaran telah dikonfirmasi, Anda akan mendapatkan kode QR khusus yang membuktikan data Anda cocok dan bisa untuk membeli Pertalite atau Solar.

Cara Mengaktifkan Akun LinkAja di Aplikasi MyPertamina

Cara Mudah Top Up Saldo MyPertamina

MyPertamina bekerjasama dengan LinkAja sebagai metode pembayaran utamanya. Maka dari itu, Anda wajib untuk memiliki akun LinkAja untuk bisa melakukan transaksi, termasuk membeli Bahan Bakar Minyak (BBM)

Lalu, bagaimana cara untuk mengaktifkan dan mengisi saldo LinkAja? Berikut langkah-langkahnya. 

  1. Login ke akun MyPertamina.
  2. Nantinya Anda akan melihat pemberitahuan “Akun LinkAja belum terhubung”. Klik tombol “Aktifkan”
  3. Setelah Anda klik “Aktifkan”, akan ada pop-up notification yang menanyakan apakah Anda sudah memiliki akun LinkAja atau belum. 
  4. Jika Anda klik “Belum”, maka Anda akan diarahkan untuk mengunduh aplikasi LinkAja. Ikuti langkah-langkah pendaftarannya hingga berhasil. 
  5. Selesai! Tunggu beberapa saat sampai LinkAja berhasil terintegrasi dengan aplikasi MyPertamina. 

Cara Top Up Saldo MyPertamina

Untuk bisa membeli BBM, Anda harus memastikan bahwa saldo MyPertamina Anda cukup. Lantas, bagaimana cara top up saldo MyPertamina?

Anda harus kembali ingat, bahwa aplikasi MyPertamina bekerjasama dengan LinkAja sebagai payment gateaway-nya. Dengan demikian, pengisian saldo MyPertamina haruslah melalui aplikasi LinkAja. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke aplikasi LinkAja dan pilih menu “Isi Saldo”.
  2. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan.
  3. Masukkan nominal saldo yang diinginkan, kemudian proses sesuai petunjuk selanjutnya. 
  4. Setelah saldo berhasil diisi, maka secara otomatis saldo LinkAja yang terdapat di aplikasi MyPertamina akan bertambah. 

Cara Membeli BBM dengan Menggunakan Aplikasi MyPertamina

Anda berada di SPBU dan saldo LinkAja di dalam aplikasi MyPertamina sudah lebih dari cukup untuk membeli BBM, kini yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan aplikasi MyPertamina untuk membayar BBM. 

Lantas, bagaimana cara untuk membayar BBM menggunakan aplikasi MyPertamina? Berikut informasinya untuk Anda.

Pengguna Roda Dua

  1. Pastikan jarak antara kendaraan roda dua Anda dengan mesin pengisi bahan bakar berada sejauh 1,5 meter. 
  2. Pengendara motor mematikan kendaraan, dan berdiri berseberangan dengan operator SPBU Pertamina. 
  3. Setelah pengisian BBM telah selesai, katakan kepada operator SPBU bahwa Anda akan menggunakan metode QR code melalui aplikasi MyPertamina untuk alat pembayarannya. 
  4. Pastikan Anda telah mengunduh aplikasi MyPertamina, dan terhubung dengan akun LinkAja. 
  5. Operator akan memberikan Anda QR Code SPBU Pertamina.
  6. Sekarang Anda masuk ke dalam aplikasi, kemudian pilih “Bayar”, kemudian scan QR Code yang diberikan kepada operator SPBU Pertamina.
  7. Tak membutuhkan waktu lama, pembayaran cashless melalui aplikasi MyPertamina selesai. 
  8. Anda juga dapat meminta bukti pembayaran berupa struk kepada operator jika diperlukan. 

Pengguna Roda Empat atau Lebih

  1. Tempatkan mobil Anda sesuai dengan posisi mobil ideal sesuai dengan pembatas yang telah disediakan. 
  2. Anda sebagai pengendara diharap untuk mematikan mesin, dan berdiri berseberangan dengan operator SPBU Pertamina selama proses pengisian BBM berlangsung.
  3. Sembari menunggu proses pengisian selesai, pastikan bahwa Anda telah mengunduh aplikasi MyPertamina dan menghubungkannya ke akun LinkAja. 
  4. Setelah pengisian BBM telah selesai, katakan kepada operator SPBU bahwa Anda akan menggunakan metode QR code melalui aplikasi MyPertamina untuk alat pembayarannya.
  5. Operator akan memberikan Anda QR Code SPBU Pertamina.
  6. Sekarang Anda masuk ke dalam aplikasi, kemudian pilih “Bayar”, kemudian scan QR Code yang diberikan kepada operator SPBU Pertamina.
  7. Tak membutuhkan waktu lama, pembayaran cashless melalui aplikasi MyPertamina selesai. 
  8. Anda juga dapat meminta bukti pembayaran berupa struk kepada operator jika diperlukan. 

Bagaimana pengalaman Anda menggunakan aplikasi MyPertamina? Dompet ketinggalan bukan lagi jadi alasan untuk mengisi bensin di SPBU Pertamina, bukan? Selain lebih mudah, prosesnya pun juga terbilang cepat dan pastinya semua transaksi dijamin aman.
Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
23 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download