Mengenal 5 Nama Dewa Mitologi Yunani

12 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 25 Mar 2022

Mitologi Yunani adalah sebuah bagian dari agama di Yunani Kuno yang berisikan cerita-cerita tentang dewa, sifat-sifat dunia, serta asal muasal ritual orang-orang Yunani Kuno. Awalnya, mitologi tersebut menjelaskan perjalanan para makhluk mitologi Yunani yang terdiri dari dewa dan dewi, pahlawan, dan juga makhluk-makhluk mitologi yang disampaikan secara lisan. Sumber pertama dan tertua menceritakan mengenai Perang Troya yang dilakukan oleh pasukan Akhaia.

Masyarakat di dunia percaya dan meyakini akan keberadaan dewa-dewi Yunani yang berkekuatan besar, jauh lebih besar dari manusia biasa. Hal tersebut juga semakin diperkuat dengan adanya literatur Kuno yang menceritakan cerita-cerita mengenai kisah-kisah manusia setengah dewa. 

Dengan berbagai kehebatan yang diceritakan, maka hal tersebut menjadi motivasi dan penyemangat bagi orang-orang Yunani, karena Yunani sedang dilanda peperangan saat itu. Tidak hanya dewa, banyak juga makhluk-makhluk mitologi yang diketahui hidup pada waktu itu, di antaranya seperti Centaurus, Chimera, Pegasus, Ciren, Hydra, dan lain-lain. Selain itu, terdapat 12 dewa Olimpus yang umum diketahui oleh masyarakat, seperti: Zeus, Hera, Poseidon, Hermes, Ares, Hephaestus, Aphrodite, Apollo, Athena, Artemis, Demeter, dan Hestia.

Dewa Mitologi Yunani 1: Zeus

Zeus adalah tokoh yang paling banyak dikenal dan merupakan seorang pemimpin dan raja dari dewa mitologi Yunani. Zeus dikisahkan sebagai dewa abadi dan merupakan dewa Jupiter, pengendali iklim, cuaca, langit dan bumi. Zeus memiliki kakak bernama dewa Poseidon, yang juga dikenal dengan nama dewa Neptunus. Poseidon adalah dewa laut yang bisa mengendalikan lautan serta dunia bawah laut yang juga dikenal sebagai dewa gempa dan pembawa badai. 

Zeus lahir dari pasangan dewa Titan Kronos dan dewi Titaness Rhea, namun kemudian dibesarkan oleh Mother Gaia, atau yang umum dikenal sebagai Mother Earth. Setelah menuju umur dewasanya, Zeus Kembali bertemu dengan ayahnya, bukan untuk bertemu merajut kembali tali kasih bersama orang tua, melainkan untuk menggulingkan kekuasaan ayahnya.

Dewa Mitologi Yunani 2:Hera

Hera adalah anak perempuan dari pasangan dewa mitologi Yunani Titan Kronos dan dewi Titaness Rhea. Hera adalah sosok yang dikenal sebagai dewi pernikahan, kelahiran, para wanita, dan juga sosok pelindung bagi bintang-bintang di cakrawala. Hera menjalin hubungan terlarang dengan adik laki-lakinya, Zeus.

Setelah berpasangan, Hera dan Zeus memiliki seorang anak bernama Ares yang dikenal sebagai dewa perang yang penuh dengan amarah. Ares sering digambarkan sebagai makhluk yang dibalut api.

Dewa Mitologi Yunani 3: Aphrodite

Aphrodite terkenal sebagai dewi cinta. Parasnya yang menawan membuatnya dikenal sebagai lambang kenafsuan, kecantikan, dan juga dewi kesuburan bagi para wanita. Aphrodite menikah dengan seorang dewa berwajah buruk rupa, yaitu Hephaestus yang merupakan seorang dewa api yang dikenal memiliki kekuatan besar dan mampu menciptakan benda-benda luar biasa.

Sebagai makhluk mitologi Yunani, Aphrodite juga memiliki sebutan lain sebagai dewi Venus.

Dewa Mitologi Yunani 4: Artemis

Artemis adalah makhluk mitologi Yunani yang digambarkan sebagai seorang dewi bulan. Ia merupakan pelindung untuk alam dan hewan-hewan liar. Artemis adalah anak dari Zeus dan Leto, yang memiliki saudara kembar bernama Apollo yang dikenal sebagai dewa matahari, cahaya, musik, dan berkuasa untuk mengatur pergerakan matahari dan cahaya di bumi.

Secara visual, Artemis kerap digambarkan sebagai seorang dewi yang membawa busur panah dan tombak, selayaknya orang yang siap berperang.

Dewa Mitologi Yunani 5: Demeter

Demeter dikenal sebagai dewi pertanian, dewi musim, dan dewi kesuburan. Saat Demeter sedang merasa sedih, bumi akan menerima efeknya dan mengalami musim dingin. Sebaliknya, saat Demeter senang, maka musim semi akan muncul pada muka bumi.

Demeter adalah saudara kandung perempuan dari dewa Zeus. Sama seperti Hera, Demeter juga menjalin hubungan terlarang dengan Zeus hingga akhirnya memiliki anak bernama Persephone.

Itulah berbagai dewa-dewi yang dikenal oleh masyarakat.

Berbagai cerita dalam mitologi Yunani cukup menarik untuk diketahui lebih lanjut karena nilai kebudayaannya yang cukup unik jika dibandingkan dengan nilai kebudayaan yang dimiliki masyarakat Indonesia.


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

25 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download