Tokoh-Tokoh Mitologi Yunani yang Umum Dikenal

Tokoh-Tokoh Mitologi Yunani yang Umum Dikenal

19 Apr 2021 by dan.shen
mitologi yunani

Apa itu mitologi Yunani?

Mitologi Yunani adalah sebuah bagian dari agama di Yunani Kuno yang berisikan cerita-cerita tentang dewa, sifat-sifat dunia, serta asal muasal ritual orang-orang Yunani Kuno. Awalnya, mitologi Yunani menjelaskan perjalanan para dewa dan dewi, pahlawan, dan juga makhluk-makhluk mitologi secara lisan. Sumber pertama dan tertua menceritakan mengenai Perang Troya yang dilakukan oleh pasukan Akhaia.

Masyarakat percaya dan meyakini akan keberadaan dewa-dewi Yunani yang berkekuatan besar, jauh lebih besar dari manusia biasa. Hal tersebut juga ditambah dengan adanya literatur Kuno yang menceritakan cerita-cerita mengenai kisah-kisah manusia setengah dewa. Diketahui bahwa cerita-cerita tersebut menjadi motivasi dan penyemangat bagi orang-orang Yunani, karena Yunani sedang dilanda peperangan saat itu. Tidak hanya dewa, banyak juga makhluk-makhluk mitologi yang diketahui hidup pada waktu itu, diantaranya seperti Centaurus, Chimera, Pegasus, Ciren, Hydra, dan lain-lain. Terdapat 12 dewa Olimpus yang umum diketahui oleh masyarakat: Zeus, Hera, Poseidon, Hermes, Ares, Hephaestus, Aphrodite, Apollo, Athena, Artemis, Demeter, dan Hestia.

Zeus

Tokoh yang paling banyak dikenal adalah Zeus, pemimpin dan raja dari dewa-dewa. Ia adalah dewa abadi dan merupakan dewa Jupiter, pengendali iklim, cuaca, langit dan bumi. Zeus memiliki kakak bernama Poseidon, atau Neptunus. Poseidon adalah dewa laut yang bisa mengendalikan lautan serta dunia bawah laut. Ia juga dikenal sebagai dewa gempa dan pembawa badai.

Hera

Zeus memiliki istri bernama Hera, dan mereka memiliki seorang anak bernama Ares. Hera adalah sosok yang dikenal sebagai dewi pernikahan, kelahiran, para wanita, dan juga sosok pelindung bagi bintang-bintang di cakrawala. Sebaliknya, Ares, anak Hera dan Zeus, dikenal sebagai dewa perang yang penuh dengan amarah, dengan gambaran sosok Ares dibalut api. Zeus juga memiliki istri lain bernama Maia, dan memiliki seorang anak bernama Hermes. Hermes dikenal sebagai dewa yang tampan dan diketahui sebagai dewa penunjuk jalan, pengantar pesan dan dewa penuntun arah.

Aphrodite

Aphrodite terkenal sebagai dewi cinta. Parasnya yang menawan membuatnya dikenal sebagai lambang kenafsuan, kecantikan, dan juga dewi kesuburan bagi para wanita. Aphrodite menikah dengan seorang dewa berwajah buruk rupa, yaitu Hephaestus. Ia adalah dewa api yang dikenal sebagai dewa yang kuat dan mampu menciptakan benda-benda luar biasa. Kemudian, terdapat Athena, yaitu dewi kebijaksanaan yang handal dalam menyusun strategi perang. Ia merupakan dewi seni, kepandaian, dan pelindung bagi para gadis-gadis perawan.

Artemis

Berikutnya adalah dewi bulan yaitu Artemis. Ia merupakan pelindung untuk alam dan hewan-hewan liar. Artemis, anak dari Zeus dan Leto, memiliki saudara kembar bernama Apollo yang dikenal sebagai dewa matahari, cahaya, musik, dan berkuasa untuk mengatur pergerakan matahari dan cahaya di bumi. Selain Poseidon, Zeus memiliki kakak lain bernama Hestia, seorang dewi perapian dan pelindung keluarga. Ia sangat dihormati oleh setiap dewa dan manusia dan dikenal sebagai Vesta dalam mitologi Romawi.

Demeter

Demeter, yaitu dewi pertanian atau dikenal juga sebagai dewi musim. Saat Demeter sedang merasa sedih, bumi akan menerima efeknya dan mengalami musim dingin. Sebaliknya, saat Demeter senang, maka musim semi akan muncul pada muka bumi.

Itu adalah 12 dewa-dewi yang dikenal oleh masyarakat, dan masih begitu banyak cerita maupun silsilah pada mitologi Yunani Kuno. Ada berbagai sumber yang bisa Anda maksimalkan untuk mempelajari mitologi Yunani lebih lanjut. Walau memang banyak sumber yang bisa dimaksimalkan secara gratis, tidak ada salahnya mengeluarkan modal lebih dengan meminjam dana untuk membeli buku-buku dan dokumenter mengenai mitologi Yunani. Tidak perlu ragu, kredit pintar adalah sebuah platform pinjam dana yang bisa menjamin Anda belajar dengan giat dan maksimal. Tidak sepert jasai pinjam dana lain, kredit pintar memberikan cicilan yang ringan dan tanpa embel-embel pinjam dana menghanyutkan. Jadi, tunggu apa lagi?

kredit pintar