Tips Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa

06 Jan 2018 by Edwin

Banyak orang yang menganggap mengatur keuangan sebagai hal yang nggak penting dan bukan fokus utama. Tapi makin dewasa, makin banyak juga orang yang paham pentingnya mengatur keuangan, apalagi kalau statusnya sebagai mahasiswa yang merantau di kota besar. Nggak cuma strategi menjaga pengeluaran, pola pikir dan pola hidup juga otomatis harus menyesuaikan karena statusnya berbeda saat tinggal bersama orang tua atau ada yang menanggung semua kebutuhan.

Sebenernya, nggak sulit kok untuk mengelola keuangan, cuma belum banyak orang tau cara yang benar-benar efektif aja sih.

Nah, untuk Kamu yang statusnya adalah mahasiswa di perantauan, yuk ikuti beberapa tips dan trik mengatur keuanganmu seperti berikut:

1. Membuat Catatan Belanja

Hal yang simpel ini kadang lupa dilakuin dan berakibat fatal jadi kebiasaan boros. Padahal, kebutuhan pribadi sehari-hari yang rutin harusnya bisa Kamu catat dan pahami pentingnya tiap barang yang dibeli. Dengan pencatatan rutin, kebutuhan pribadimu bisa tercukupi. Catatan belanja juga bisa bikin Kamu nggak beli hal-hal yang nggak penting yang bisa ngabisin uang sakumu.

.Menjatah Pengeluaran Perhari
.

Memberi jatah pengeluaran rutin pada dirimu sendiri bisa jadi kebiasaan yang menguntungkan loh. Kamu jadi bisa mengontrol pengeluaran tanpa perlu bolak-balik melihat catatan belanja. Tapi jangan lupa juga untuk memastikan nominal yang Kamu patok memang benar-benar bisa mencukupi kebutuhanmu dalam sehari.

2. Pisahkan Tabungan dan Pengeluaran

Uang kiriman dari orang tua atau upah dari penghasilan sampingan yang Kamu dapat, lebih baik dibagi menjadi dua bagian yaitu tabungan dan pengeluaran sehari-hari. Emang kadang sulit sih untuk membaginya, kadang juga anggapan kalo diri sendiri mampu menjaga pengeluaran tanpa membaginya, tapi malah akhirnya boros juga. Untuk membantu memisahkan antara tabungan dan pengeluaran, Kamu bisa coba gunakan apps finansial atau menggunakan jasa startup fintech agar lebih efektif. Menabung itu penting untuk kebebasan finansialmu kelak!

Dan yang paling penting sih, bertanggung jawab dengan keuanganmu sendiri. Kalo Kamu berstatus sebagai mahasiswa perantauan yang jauh dari orang tua, tentunya ada tuntutan untuk bertanggung jawab dengan kondisi keuanganmu sendiri. Terus berlatih untuk mengontrol supaya nggak kebablasan dalam mengkonsumsi atau membeli barang-barang yang sebenernya nggak dibutuhkan. Good luck saving up some money for your future!

mobile-closeKredit PintarDownload