Temukan 3 Cara Cek Pajak Kendaraan Online, Mudah dan Cepat

Temukan 3 Cara Cek Pajak Kendaraan Online, Mudah dan Cepat

07 Jun 2021 by kreditpintar
Temukan 3 Cara Cek Pajak Kendaraan Online, Mudah dan Cepat

Beberapa dari kita memiliki keinginan untuk membeli kendaraan, bisa dengan menggunakan pinjaman uang. Manfaatkan Kredit Pintar sebagai penyedia pinjaman dana untuk segala kebutuhan. Pinjaman uang untuk cicilan pembelian kendaraan bisa didapatkan dari Kredit Pintar ataupun dengan membayar langsung tunai. Namun dengan memiliki kendaraan kita juga diwajibkan untuk membayar pajak kendaraan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Pajak kendaraan bermotor adalah pajak daerah yang harus dibayarkan kepada pemerintah provinsi setiap satu tahun sekali dan lima tahun sekali. Tarif pajak kendaraan bermotor diatur oleh peraturan daerah sehingga setiap daerah memiliki perbedaan dalam tarif pajak kendaraan. Kemudian jika kita memiliki lebih dari satu kendaraan maka pajak kendaraan kedua dan ketiga akan semakin meninggi. 

Lalu bagaimana jika kita lupa tanggal tenggat pajak dan tidak bayar pajak? Tentu saja hal itu juga sudah diatur oleh peraturan daerah dan akan diberikan sanksi. Di Jawa Barat sanksi tidak membayar pajak adalah denda 2% perbulan dari pokok pajak terutang. 

Agar tidak lupa untuk membayar pajak kendaraan, setiap daerah memfasilitasi masyarakat dengan berbagai kemudahan untuk cek pajak kendaraan. Salah satunya adalah cek pajak kendaraan online. Untuk cek pajak kendaraan online dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu : 

Cek pajak kendaraan melalui website 

Cek pajak kendaraan online melalui website pada saat ini hanya bisa diakses oleh beberapa provinsi saja. Provinsi yang terdaftar memiliki website untuk cek pajak kendaraan secara daring adalah provinsi besar saja seperti  DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dll. Untuk selengkapnya ada dalam tabel berikut : 

  1. DKI Jakarta https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/
  2. Jawa Barat https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/
  3. Jawa Tengah https://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
  4. Yogyakarta https://bpka.jogjaprov.go.id/samsat/index.php?option=com_wrapper&view=wrapper&Itemid=83
  5. Jawa Timur https://info.dipendajatim.go.id/index.php?page=info_pkb
  6. Banda Aceh https://esamsat.acehprov.go.id/
  7. Riau https://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/
  8. Kepulauan Riau https://rtmcpoldakepri.com/informasi-pajak-kendaraan-bermotor/
  9. Sulawesi Tengah https://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/

Hanya dengan mengisi nomor plat kendaraan maka Sobat Pintar langsung dapat mengetahui info pajak kendaraan Sobat Pintar. Untuk provinsi yang tidak berada dalam tabel, Sobat Pintar dapat mencoba mencari dengan kata pencarian SAMSAT + nama provinsi Sobat Pintar tinggal. 

Melalui aplikasi pajak 

Aplikasi pajak kendaraan dapat ditemukan dan diunduh secara gratis di Play Store. Aplikasi yang tersedia saat ini adalah Cek Pajak Kendaraan, SAKPOLE e-SAMSAT JATENG, SAMBARA dan SAMSAT ONLINE NASIONAL. Cek Pajak Kendaraan dapat memberitahukan info pajak kendaraaan pada provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan. Kemudian, SAMBARA merupakan aplikasi khusus yang diluncurkan oleh pemerintah provinsi Jawa Barat untuk cek pajak kendaraan secara daring di wilayah Jawa Barat. Sedangkan aplikasi SAMSAT ONLINE NASIONAL dapat diakses oleh semua wilayah karena aplikasi tersebut dikeluarkan oleh Korlantas Polri.

Cek pajak kendaraan melalui sms 

Selain melalui website dan aplikasi, cek pajak kendaraan secara daring dapat melalui sms. Sama seperti yang lainnya layanan cek pajak kendaraan melalui sms tidak dapat dilakukan di semua wilayah Indonesia. Hanya beberapa provinsi besar yang menyediakan fasilitas cek pajak kendaraan melalui sms seperti contoh DKI Jakarta dan Jawa Barat. 

Cara untuk mengecek pajak kendaraan di Jawa Barat dengan mengetik poldajbr [plat nomor kendaraan] dan dikirim ke 3977. Berbeda dengan Jawa Barat, pada wilayah DKI Jakarta Sobat Pintar dapat mengetik METRO [plat nomor kendaraan] dan dikirim ke 1717. Atau Sobat Pintar dapat menelepon ke *368# kemudian pilih menu 1. POLDA METRO JAYA. Kemudian pilih menu 2. Info pajak dan memasukkan plat nomor kendaraan Sobat Pintar.

Cek pajak kendaraan secara daring dapat memudahkan dan menghemat waktu Sobat Pintar karena Sobat Pintar tidak diperlukan untuk datang langsung ke Samsat terdekat hanya untuk menanyakan info pajak kendaraan Sobat Pintar. Cek pajak kendaraan secara daring dapat memperkirakan biaya yang dikeluarkan untuk pajak kendaraan sehingga sebelumnya Sobat Pintar dapat mempersiapkan biaya tersebut.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk