Takut Gagal? Inilah Cara Membuat Nastar Enak dan Pasti Sukses

Takut Gagal? Inilah Cara Membuat Nastar Enak dan Pasti Sukses

18 May 2021 by kreditpintar
cara membuat nastar

Cara membuat nastar memang kita harus kuasai sebelum waktu lebaran tiba. Nastar dengan isian nanas, tentu camilan yang sangat dicari dan dinanti banyak orang. Maka dari itu, tidak akan lengkap rasanya tanpa bisa menyuguhkan nastar nanas pada para tamu. Bahkan, tidak hanya lebaran idul Fitri, nastar kerap kali menjadi camilan di hari-hari raya lainnya.

Nastar memang banyak dijual di toko-toko kue kering maupun perorangan. Akan tetapi, untuk rasa dan bentuknya hanya ada itu-itu saja, Jadi, bagi Sobat Pintar yang memang ingin merasakan bentuk baru atau cita rasa baru, Sobat Pintar dapat melakukannya sendiri di rumah. Selain akan lebih meminimalisir biaya untuk naskar, bisa juga untuk kepuasan diri sendiri.

Berbagai Resep Nastar

Seperti yang sudah dijelaskan, nastar tidak hanya berisi satu selai saja dan bentuk yang bulat. Jadi, jika Sobat Pintar ingin merasakan hal yang baru, berikut ini sudah disiapkan cara membuat nastar yang enak dan anti gagal yang bisa Sobat Pintar ikuti setiap caranya!

Nastar Keju Terompet

Bahan-bahan yang perlu Sobat Pintar siapkan antara lain 300 gram tepung terigu dengan jenis protein sedang, 200 gram margarin, 25 gram gula halus atau menggunakan castor, tiga buah telur, keju, dan selai nanas yang cukup. 

Untuk cara membuat nanas terompet dengan keju yang enak, pertama-tama kocok secara bersamaan keju, margarin, dan gula halus agar merata. Lalu, secara perlahan, Sobat Pintar bisa memasukkan kuning telur dan mengocoknya kembali sampai merata.

Selanjutnya, Sobat Pintar bisa memasukkan tepung terigu juga secara perlahan sambil diaduk agar merata. Jika sudah menjadi adonan, gilas sampai ketebalan 0.5 centimeter, lalu cetaklah berbentuk lingkaran dengan diameter sebesar 5 sentimeter. Masukkan nanas, kemudian lipat agar membentuk setengah lingkaran. Lipat juga bagian kanan dan kirinya agar bisa membentuk sebuah terompet. 

Apabila sudah, adonan bisa ditata dengan baik di atas loyang yang sebelumnya sudah diolesi mentega. Jangan lupa juga untuk mengolesi permukaan nastar dengan kuning telur agar semakin menarik. Terakhir, menaburkan keju yang sudah diparut baru kemudian dimasukkan ke dalam pemanggang selama kurang lebih 35 menit dengan suhu 140 celcius.

Nastar Nanas Bunga

Bahan-bahan yang harus Sobat Pintar persiapkan di antaranya adalah 300 gram tepung terigu dengan protein sedang. 100 gram margarin, 100 gram butter, 60 gram tepung maizena, 30 gram susu bubuk, 50 gram gula halus, 2 buah kuning telur, 1 buah kuning telur untuk mengoleskan nastar, 1 sendok makan madu, 1 sendok makan minyak goreng, selai nanas secukupnya.

Cara membuat nastar nanas berbentuk bunga, Sobat Pintar harus mencampur terlebih dulu margarin, butter, kuning telur, dan gula halus selama satu menit dengan kecepatan yang sedang. Masukkan susu bubuk dengan tepung maizena secara perlahan sampai merata. Tambahkan juga tepung terigu sambil diayak, baru kemudian diaduk sampai merata. 

Saat semua bahan sudah menjadi seperti adonan, gilas terus dan cetak menggunakan cetakan bunga. Simpan pada cetakan yang berbentuk kecil, lalu isilah dengan selai nanas yang cukup. Setelah selesai, pangganglah selama 20 menit dalam panas 140 celcius. Dinginkan, kemudian olesi dengan kuning telur dan pangganglah kembali selama kurang lebih delapan menit.

Nanas Tulip

Untuk bahan-bahan yang harus disiapkan antara lain tepung terigu protein sedang 300 gram,tepung maizena 200 gram, susu bubuk 30 gram, margarin 100 gram, gula halus 50 gram, Kuning telur sebanyak dua buah untuk adonan, 1 buah telur untuk jadi nastar. 2 sendok makan minyak kanola, 1 sendok teh susu kental manis, pasta pandan, dan selai nanas.

Cara membuat nanas tulip yaitu dengan menyiapkan peralatan seperti wadah dan mengocok margarin dan gula pasir bersama-sama dengan kecepatan tinggi.  Kemudian, masukkan dua buah telur secara bersamaan dan kocok lagi sampai merata.  Tambahkan lagi tepung terigu, susu bubuk, maizena, dengan kecepatan yang sedang saja. 

Adonan yang sudah jadi ini, ambil seperempat dan tambahkan pasta pandan. Sisa dari adonan yang ada, gilas, kemudian cetak dengan menggunakan cutter. Adonan yang ada diambil, lalu lipatlah bagian bawahnya menuju tengah, seperti bagaimana kelopak bunga. Lalu, ambillah adonan yang tadi diberi pasta pandan, untuk menjadi bagian bawah bunganya. Hanya tinggal dilipat, pilin, dan tempel.

Cara memanggang nanas tulip yaitu dengan memasukkannya ke dalam panggangan selama tiga puluh menit, dengan suhu yang sama seperti sebelumnya yaitu 140 derajat celcius. Setelahnya, agar makin cantik, oleskan permukaan nastar dengan kuning telur, lalu dipanggang kembali.

Nanas Cengkeh

Bahan-bahan yang perlu Sobat Pintar siapkan antara lain 300 gram terigu protein yang rendah, 25 gram tepung maizena, 25 gram susu bubuk, 120 gram margarin, 120 gram butter, 2 butir telur, 50 gram gula halus, 70 gram keju parut, 1 butir kuning telurnya saja untuk menjadi olesan, 2 sendok teh minyak goreng, 2 sendok teh susu cair, dan selain nanas yang cukup.

Untuk cara membuat, pertama Sobat Pintar mengocok gula halus, margarin, dan juga kuning telurnya saja selama kurang lebih dua menit. Kemudian, menambahkan keju dan kocoklah kembali. Masukkan juga tepung terigu dan juga maizena yang diayak terlebih dahulu, aduklah sampai semua bahan merata, kemudian kalis.

Ambillah adonan yang sudah jadi, masukkan nanas, dan bentuk bulat seperti nastar pada umumnya. Kemudian, taruh cengkeh di atas adonan yang sudah dibentuk. Letak cengkeh biasanya di tengah-tengah. Jika Sobat Pintar merasa cukup, tata adonan nastar di atas loyang yang sebelumnya sudah diberi margarin agar tidak menempel nantinya. Lama waktu memanggang yaitu tiga puluh menit, dengan panas 150 derajat celcius. Setelah itu, dinginkan nastar, lalu beri olesan kuning telur diatas adonan tersebut dan masukkan kembali ke panggangan kurang lebih sepuluh menit.

Nastar Gulung

Selain berbagai macam bentuk nastar di atas, ada pula nastar gulung. Bahan-bahannya antara lain 150 gram margarin, 2 buah kuning telur, 1 buah kuning telur yang berfungsi sebagai olesan, 80 gram gula halus, 250 gram butter, 300 gram tepung terigu yang rendah protein, 150 gram tepung terigu yang proteinnya sedang, 50 gram tepung maizena, 1 kemasan susu bubuk, dan selai nanas.

Sebenarnya, untuk cara membuat nastar gulung ini, ketika membuat adonan tidak jauh berbeda dengan cara-cara di atas. Yaitu dengan mengocok gula halus dan margarin terlebih dahulu dengan kecepatan tinggi, lalu masukkan kuning telur dan aduk lagi meski dengan kecepatan rendah. Secara perlahan, tuangkan tepung terigu serta maizena ke dalam adonan. Kocoklah hingga kalis.

Setelahnya, ambil adonan dan gulunglah secara memanjang. Berilah isian selai nanas, lalu gulung kembali. Untuk cara memanggangnya, yaitu dengan panas 130 derajat celcius selama 20 menit. Dinginkan nastar yang sudah selesai dipanggang untuk dioleskan kuning telur lagi untuk mempercantik tampilan, panggang lagi beberapa menit, nastar siap dihidangkan.

Nastar bukan hanya bisa dimakan sendiri, tetapi bisa juga menjadi ladang usaha. Sobat Pintar bisa melakukan pinjaman instan untuk modal awal melalui Kredit Pintar. Aplikasi Kredit Pintar memang sudah terkenal bisa memberikan pinjaman instan dengan mudah. Selamat mencoba!

kredit pintar