Ini Cara Memilih Susu Bayi Dan Rekomendasinya

14 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 20 Jun 2022

ASI memang merupakan asupan terbaik untuk bayi karena mengandung komponen makro dan mikro nutrient. Akan tetapi, tak ada salahnya juga untuk menggunakan susu formula sebagai susu bayi yang bisa mendukung perkembangan si Buah Hati. 

Berapa Banyak Susu Formula yang Diperlukan Bayi?

Ada berbagai alasan penggunaan susu formula oleh sebagian orang tua, seperti kurangnya produksi ASI, terjadi iritasi pada payudara Ibu dan beberapa alasan lainnya. 

Meski menggunakan susu formula bukan berarti kasih sayang Ibu berkurang, Anda tetap menjadi seorang Ibu terbaik bagi si Kecil. Tetap perhatikan asupannya agar tumbuh kembang anak Anda berjalan sebagaimana mestinya. 

Baca Juga: Kenali Gejala Alergi Susu Sapi dan Cara Menanganinya

Cara Memilih Susu Bayi Yang Bagus

7 Botol Susu Bayi Terbaik yang Harus Kamu Miliki | BukaReview

Banyaknya merk susu formula untuk bayi membuat Anda kebingungan memilih mana yang bagus untuk anak Anda. Memilih susu bayi merupakan tantangan tersendiri karena tidak bisa sembarangan, lalu bagaimana cara memilih susu yang bagus itu?

Perhatikan Kondisi si Bayi

Jangan sembarangan memberikan susu formula kepada Buah Hati Anda, perhatikan kondisi Bayi terlebih dahulu. Apalagi untuk bayi yang lahir prematur atau berat badannya kurang ideal, biasanya akan disarankan untuk mengonsumsi susu formula sebagai tambahan di samping ASI.

Jika berat badannya sudah mencapai berat yang ideal maka si Kecil bisa melepaskan susu formula tersebut. kemudian bayi yang gagal tumbuh dan jumlah ASI yang tidak mencukupi akan disarankan untuk mendapatkan susu formula. 

Pilih susu sesuai rentang usia bayi

Di setiap tahapan usianya, Bayi membutuhkan nutrisi berbeda sesuai pertumbuhan badannya. Pastikan Anda memilih dan memberikan susu formula sesuai rentang usia bayi. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan lebih disarankan untuk setiap bayi yang lahir. Namun jika kondisinya tidak memungkinkan, sebaiknya pilih susu formula yang memiliki nutrisi semirip mungkin dengan ASI.

Hal ini berarti harus mengandung penguat imun tubuh agar kekebalan tubuhnya bisa meningkat. Kemudian pilih susu yang mengandung prebiotik agar bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan mendukung pencernaan jadi lebih sehat. 

Sesuaikan tipe kemasan dengan kebutuhan

Ada dua tipe kemasan susu formula yang dijual di Pasaran, kemasan kaleng dan dus. Anda bisa memilih tipe kemasannya berdasarkan kebutuhan konsumsi susu formula setiap harinya. 

Kemasan kaleng menjadi susu bayi yang terjaga kualitas susunya agar lebih awet dan lebih baik. penutup kalengnya yang sangat rapat memungkinkan Anda bisa langsung menyimpannya tanpa perlu repot menyiapkan wadah penyimpanan lagi. 

Sedangkan untuk kemasan kardus cocok bagi Anda yang menginginkan produk lebih ekonomis. Kemasan kardus direkomendasikan untuk Anda yang sering meminumkan susu formula kepada si Kecil, kemasan kardus juga lebih hemat untuk pembelian ulang. 

Siapkan wadah penyimpanan khusus supaya susu lebih awet, terlindungi bakteri dan  tetap higienis. 

Kandungan susu yang bagus

Susu bayi selalu terdiri dari kumpulan nutrisi utama seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Selain kandungan tersebut, perhatikan juga kandungan asam arakidonat dan docosahexaenoic acid (DHA) yang bermanfaat untuk perkembangan otak dan sistem saraf.

Ada juga kandungan lain yang perlu diperhatikan pada susu formula yaitu fruto-oligosaccharides (FOS) dan galacto-oligosaccharides (GOS). Keduanya merupakan probiotik yang bisa menjaga dan meningkatkan perkembangan bakteri baik dalam pencernaan bayi.

Jenis susu, susu sapi atau kedelai?

Jika Anda perhatikan, di Pasaran itu terdapat susu sapi dan susu kedelai. Lalu jenis susu yang mana yang bagus untuk bayi? 

Bayi yang tidak mengalami alergi boleh menggunakan susu formula berbahan dasar susu sapi. Sedangkan untuk bayi yang mengalami alergi protein susu sapi sebaiknya menggunakan susu formula partially hydrolyzed. 

Lebih lanjut, jika masih sensitif terhadap jenis partially hydrolyzed maka bisa beralih ke jenis extensively hydrolyzed atau susu formula berbasis asam amino. Perlu Anda ingat, tetap konsultasikan dengan dokter agar tidak terjadi kesalahan dalam pemberian susu formulanya. 

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Susu Almond bagi Kesehatan Tubuh

Rekomendasi Susu Bayi Yang Bagus

Hindari 3 Hal Ini Saat Memberikan Susu Formula untuk Anak | kumparan.com

Meski sudah menyimak ulasan di atas, Anda bisa memilih rekomendasi susu yang bagus untuk bayi baru lahir (newborn) seperti di bawah ini. 

Frisian Baby Primamil 0-6 bulan

Frisian Baby Primamil 0-6 bulan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk si Kecil karena mengandung 9 AAE (Asam Amino Esensial). Dengan kandungan AAE yang cukup, pertumbuhan anak jadi lebih bagus dan tinggi badan jadi lebih ideal. 

Selain AAE, Frisian Baby Primamil juga mengandung DHA dan AA yang sering ditemukan pada susu bayi premium lainnya. Masing-masing kandungan  sebanyak 51mg dengan rasio perbandingan 1:1. 

Perlu Anda ketahui, susu formula yang pertama ini mengandung 100% laktosa dengan dominan protein whey yang mudah diserap bayi. 

Enfamil A+ Gentle Care

Yang kedua ada Enfamil A+ Gentle Care sebagai susu bayi yang direkomendasikan untuk si Kecil hingga berusia 6 bulan. Enfamil A+ memiliki kandungan DHA 17mg dan ARA 34mg yang bisa mendukung perkembangan otak bayi. 

Susu yang satu ini dipercaya bisa membantu mempertahankan konsentrasi agar lebih lama, dan mendukung memori otak jadi lebih baik. Kemudian ada prebiotik GOS yang bisa menjaga kesehatan pencernaan dan nutrisi penting lainnya. 

Lactogen 1 Gold

Untuk membantu tahap awal pertumbuhan anak, Lactogen 1 Gold juga direkomendasikan bagi si Buah Hati Anda. Kandungannya kaya akan probiotik, asam lemak esensial LA dan ALA, prebiotik FOS dan GOS, zat besi, vitamin dan mineral. 

Kandungan tersebut dapat membantu perkembangan bayi dan menjaga kesehatan pencernaan untuk si Kecil. Nestle Lactogen 1 Gold juga dinyatakan tidak tercemar Enterobacter Sakazakii pada tahun 2011 lalu oleh Badan POM. 

Nutricia Bebelove 1

Nutricia Bebelove 1 cocok untuk bayi berusia 0-6 bulan, di dalamnya terdapat kandungan prebiotik FOS yang bisa menyehatkan pencernaan. Kemudian ada kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi serta lactoferrin yang bisa meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. 

Selain kandungan penting tersebut, Nutricia Bebelove 1 tidak mengandung gula tambahan yang dapat meningkatkan obesitas pada si Buah Hati. 

NAN PH Pro 1

NAN PH Pro 1 merupakan susu bayi untuk yang berusia 0-6 bulan, susu ini diformulasikan dnegan kandungan OPTIPRO HA protein hypoallergenic, bifidobacterium lactis dan DHA. Kandungan-kandungan tersebut sangat bagus sebagai asupan bagi tubuh si bayi dan perkembangannya. 

Susu dengan nama NAN PH Pro 1 bisa mengurangi resiko alergi sehingga tumbuh kembangnya tidak terganggu. 

Nutribaby Royal Acti Duobio 1

Susu Nutribaby ini dibuat dengan formula khusus Acti Duobio yang bagus untuk tubuh si Bayi. Kandungan prebiotik dan vitamin bisa meningkatkan daya tahan tubuh, kemudian asam linoleat dan zat besi mampu menstimulasi perkembangan otak. 

Kandungan lainnya yaitu probiotik breve M16V yang memiliki peran untuk menjaga kesehatan pencernaan bayi. Apalagi 12 vitamin dan 9 mineral-nya membuat kebutuhan gizi si Bayi semakin tercukup setiap harinya. 

Wyeth S-26 Promil Gold 1

Susu ini memiliki formula khusus MultiExcel untuk perkembangan otak yang maksimal selama masa pertumbuhan. Ada juga kandungan makronutrien dan mikronutriennya yang bekerjasama memastikan tubuh si Bayi kuat dan aktif. 

Wyeth Promil Gold juga diklaim memiliki rasa yang mirip dengan ASI, bayi yang terbiasa mendapatkan ASI bisa lebih mudah menyesuaikannya. 

Cara memilih susu bayi tidak sembarangan, Anda harus memperhatikan beberapa hal di atas. Untuk memudahkan pemilihan susunya, ada beberapa rekomendasi susu formula yang bagus untuk si Bayi. 

Artikel susu bayi ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Susu Almond: Sehat dan Enak

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download