Ini Dia Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan Tubuh

12 Jul 2021 by Laruan

Susu merupakan elemen pelengkap untuk pola makan empat sehat lima sempurna. Namun, berbicara tentang susu Almond, jenis susu yang satu ini mungkin masih kalah popular dengan susu sapi atau susu kedelai.

Susu almond mengandung berbagai nutrisi penting yang baik untuk kesehatan, mulai dari kalsium, protein, hingga vitamin E. Susu almond sendiri diproses dari biji almond yang dilengkapi dengan jenis vitamin dan mineral lainnya. Susu almond juga menjadi salah satu alternatif bagi Sobat Pintar yang memiliki alergi terhadap laktosa.

Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan Tubuh

Membuat susu almond sendiri di rumah

Bahan-bahannya adalah :

  • Kacang almond
  • Air matang
  • Air untuk merendam kacang almond

Cara membuatnya adalah :

  1. Pertama-tama kita rendam kacang almond agar tidak terlalu keras dan lebih mudah dicerna. Kemudian, diamkan selama satu malam.
  2. Setelah direndam setidaknya satu malam, cuci bersih kacang almond lalu blender dengan air matang hingga halus. Perbandingan antara kacang almond dengan air setidaknya 3:1.
  3. Saring susu almond sebelum disajikan agar tidak ada ampas yang terbawa.

Sudah tahu cara membuatnya, lalu apa saja manfaat susu almond yang bisa Sobat Pintar rasakan?

Manfaat susu almond

1. Sehat untuk Jantung

Susu Almond mengandung vitamin E yang dapat menangkal radikal bebas di dalam pembuluh darah dan bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Begitu juga dengan asam lemak baik yang berfungsi untuk memelihara kesehatan organ jantung Sobat Pintar.

2. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Tubuh kita membutuhkan serat yang berguna untuk memperlancar sistem pencernaan. Susu almond yang kaya akan serat bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan serat untuk tubuh Sobat Pintar.

3. Bagus untuk Program Diet

Kandungan kalori pada susu almond memang lebih sedikit dari pada susu sapi. Sobat Pintar tidak perlu khawatir mengalami penambahan berat badan yang signifikan, sekalipun mengkonsumsi susu almond dengan jumlah banyak.

Untuk mengkonsumsinya, Sobat Pintar dapat meminumnya langsung atau bisa ditambahkan dengan sereal sebagai menu sarapan pagi. Susu almond juga bisa Sobat Pintar jadikan es krim atau yogurt.

4. Mengandung Banyak Nutrisi

Susu almond memang tidak bisa dijadikan susu pengganti untuk bayi dan anak-anak, karena tidak mengandung zat-zat penting untuk kebutuhan tumbuh kembang anak.

Adapun kandungan dari susu almond adalah vitamin E yang dapat menjadi antioksidan yang mampu mencegah penyakit jantung, serta menjaga kesehatan otak. Susu almond juga tinggi akan kalsium yang berperan penting dalam perkembangan dan kesehatan tulang.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin E yang terdapat pada susu almond juga berperan penting untuk kesehatan kulit. Fungsinya adalah untuk meremajakan kulit agar lebih tampak cerah, dan lebih muda. Vitamin E juga berperan untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut.

6. Mencegah Diabetes

Manfaat susu almond selanjutnya adalah mengandung karbohidrat yang rendah. Dengan begitu, susu almond sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes karena susu ini memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga kadar gula dalam darah tidak meningkat secara signifikan.

7. Bermanfaat untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Bermanfaat untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Mengonsumsi susu almond berkhasiat untuk meningkatkan produksi ASI karena susu ini mengandung omega-3 yang dapat memancing hormon . Selain itu, kandungan tersebut juga bisa menjaga kesehatan jantung sang ibu dan calon buah hati.

Karena susu almond tidak mengandung lemak jenuh, ibu hamil tidak perlu khawatir akan peningkatan kolesterol setelah minum susu ini. Begitu juga dengan manfaat susu almond yang mengandung asam folat yang berfungsi untuk menurunkan risiko bayi lahir cacat

Ternyata susu almond juga kaya akan manfaat yang bisa Sobat Pintar rasakan. Apakah Sobat Pintar tertarik untuk menambah susu almond ke dalam list pola makan Anada? Itu dia beberapa manfaat susu almond yang bisa Sobat Pintar dapatkan ketika mengkonsumsi susu almond.

Semoga bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload