Tips Memilih Stroller Bayi dan Rekomendasi Produknya!

14 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 20 Jun 2022

Membeli stroller bayi atau kereta dorong bayi tidak bisa sembarangan, ibarat membeli motor atau mobil harus teliti. Banyak aspek yang perlu diperhatikan atau pertimbangan yang matang agar tidak salah pilih. 

8 Stroller Bayi Bagus di 2022 untuk Si Kecil, Jangan Salah Pilih!

Untuk itu, Anda bisa memperhatikan terlebih dahulu ulasan artikel ini mulai dari jenis stroller, tips memilihnya hingga rekomendasi produk stoller bayi yang paling bagus.

Baca Juga: Beragam Ide Inspiratif Kado untuk Bayi

Mengenal Jenis Stroller Bayi

Pilih jenis stroller bayi sesuai kebutuhan, Anda bisa mengenali jenis strollernya terlebih dahulu sebagai berikut:

Full-size stroller

Stroller bayi yang satu ini dilengkapi dengan tempat penyimpanan perlengkapan bayi, stroller bisa mengangkut bayi sekaligus perlengkapannya. 

Full size stroller cocok untuk yang suka bepergian jauh, badan stroller bisa dilepaskan kemudian ditempelkan ke kursi mobil. Anda tak perlu ribet lagi memikirkan bagaimana menyimpan perlengkapannya karena jadi lebih ringkas dan rapi. 

Umbrella stroller

Jenis stroller yang kedua bisa dilipat seperti payung, Anda yang suka jalan-jalan di sekitar rumah, taman atau mal bisa memilih Umbrella stroller. Jenis yang kedua ini tidak sekokoh dan selengkap full size stroller ya!

Jogging stroller

Sesuai namanya, jenis jogging stroller cocok digunakan bagi Anda yang rutin berolahraga dengan si Kecil. Ketika menggunakan jogging stroller, guncangan yang ditimbulkannya lebih sedikit sehingga cocok untuk bayi yang sensitif terhadap gerakan. 

Double stroller

Ini merupakan stroller bayi untuk si kembar, atau bisa juga untuk kedua anak Anda yang jarak umurnya tidak berjauhan. Double stroller memiliki ukuran yang lebih besar dan kokoh karena dirancang untuk dua anak sekaligus. 

Tips Memilih Stroller Bayi

Mengenal Jenis Stroller Bayi dan Harganya - Living Cikarang

Sebagaimana telah disinggung sejak awal, memilih stroller bayi tidak bisa sembarangan karena berkaitan dengan keselamatan anak Anda. Untuk itu perhatikan terlebih dahulu tips memilih stroller di bawah ini. 

Kenali jenis stroller

Untuk jenis stroller, Penulis telah menjelaskannya secara singkat di atas. Tentukan jenis stroller yang Anda inginkan sesuai kebutuhan dan kondisi anak Anda. 

Sesuaikan usia dan berat badan

Stroller sendiri memiliki kategori berdasarkan usia dan berat badan anak, semua produk yang ada di Pasaran belum tentu cocok untuk bayi yang baru lahir. Untuk menjamin kenyamanan dan keamanan bagi si Buah Hati, pilih produk sesuai kategorinya. 

Kereta dorong bayi umumnya bisa digunakan hingga anak berusia 3 tahun atau berbobot kurang lebih 15kg. 

Selain berat badan si anak, perhatikan juga bobot dari stroller yang akan Anda pilih. Produk stroller biasanya memiliki bobot antara 5-15 kg, produk dengan kisaran bobot ini biasanya lebih stabil ketika Anda menggunakannya. 

Ditambah lagi rangkanya lebih kokoh dan roda lebih besar yang membuat bayi lebih nyaman ketika Anda mengajaknya jalan-jalan. 

Rem stroller

Lihat! Apakah stroller memiliki rem yang praktis? Jenis rem pada stroller ada yang dapat mengunci dua roda sekaligus ada yang hanya mengunci satu roda. Pilih stroller yang memiliki rem lebih praktis dan mudah digunakan.

Lebih disarankan untuk memilih stroller yang sudah dilengkapi rem cakram agar memberikan keamanan ekstra ketika melewati turunan atau tanjakan. 

Sabuk pengaman

Ketahanan sabuk pengaman pada stroller bayi patut diperhatikan juga, biasanya model sabuk pengaman setiap stroller pasti berbeda-beda. Pilih sabuk pengaman yang bisa mengunci pinggang, bahu dan bagian antara kedua paha. 

Sabuk pengaman sangat dibutuhkan terutama untuk anak yang tubuhnya berukuran kecil sehingga terlindungi dari goncangan. Meskipun begitu, jangan lupa untuk memperhatikan sisi kemudahan ketika menggunakan dan melepaskannya, pastikan pas juga dengan tubuh di Kecil.

Tinggi rendahnya pegangan stroller

Pegangan kereta dorong bayi sebaiknya disesuaikan dengan tinggi badang orang tua agar nyaman ketika mendorongnya. Idealnya, pegangan stroller berada di sekitar pinggang atau sedikit lebih rendah, pilih stroller dengan pegangan yang bisa dinaik-turunkan. 

Roda dan tempat menaruh kaki

Perhatikan roda belakang dan depan, pastikan keduanya dapat berputar dengan leluasa agar lebih mudah dibelokkan. Cobalah belokkan stroller bayi tersebut dengan satu tangan saja, jika mudah digerakkan maka itulah pilihan stroller yang cocok untuk Anda. 

Kemudian perhatikan tempat kakinya, pilih stroller yang menyediakan tempat kaki tidak terpisah. Tujuannya cukup penting yakni menghindari kaki anak terperangkap di antara tempat kaki (jika terpisah antara kaki kanan dan kiri).

Fitur yang ditawarkan 

Selain komponen di atas yang telah disebutkan satu per satu seperti sabuk, tempat menaruh kaki, pegangan dan rem, perhatikan fitur lainnya juga. Tak menutup kemungkinan ada fitur tambahan lain sebagai nilai plus. 

Contoh fitur tambahannya seperti adjustable handle, suspensi pada roda untuk menghindari getaran dan kunci roda depan untuk memudahkan manuver berputar atau lurus. Kemudian fitur bumper bar, head support, viewing window untuk kenyamanan bayi selama di kereta dorong.

Rekomendasi Produk Stroller Bayi

10 Lightweight Stroller (Kereta Dorong Bayi) Terbaik (Terbaru 2022) -  CekList.ID

Kini saatnya Anda untuk memilih produk yang tepat dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Berikut ini ada rekomendasi produk stroller bayi, di antaranya:

Giggles Tulip Convertible Stroller

Bagi Anda yang sedang mencari stroller untuk pemakaian jangka panjang, Giggles Tulip Convertible Stroller bisa menjadi pilihannya. Stroller bayi ini bisa Anda gunakan untuk bayi baru lahir hingga berusia 1-2 tahun, atau maksimum berat badannya 15kg. 

Kereta ini bisa direbahkan hingga rata untuk bayi newborn sehingga tetap aman berada di dalamnya. Kemudian jika si Kecil semakin bertumbuh besar, sandarannya bisa ditegakkan agar nyaman dengan posisi duduk. 

Detail produk: forward and rearward facing, ada seat liner yang lembut, seat bisa di-recline 3 posisi, dilengkapi 5 point harness, canopy bisa di-adjust untuk 3 posisi sesuai keinginan dan roda depan bisa manuver 360 derajat.

Baca Juga: Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dibeli

Baby Elle Stroller Convertible

Baby Elle stroller merupakan stroller board yang dirancang untuk kemudahan ketika perjalanan bersama si Buah Hati. Tampilannya begitu elegan dan mewah, kursinya berbahan kulit yang lembut demi kenyamanan si Kecil. 

Detail Produk: memiliki konektor unik, bisa disambungkan ke semua jenis stroller. Rangka aluminium yang kokoh dan ringan sehingga tidak membutuhkan tenaga lebih ketika mendorongnya. 

Cabin size Baby Elle mudah diaplikasikan pada semua moda transportasi dan ketinggian pendorong bisa dinaik turunkan. Memiliki satu pijakan rem pada roda belakang untuk menghentikan putaran atau laju stroller bayi.

Stroller Bayi Pliko Adventure

Pliko memiliki banyak pengguna, ini merupakan stroller yang direkomendasikan untuk Anda yang memiliki bayi newborn. Tak hanya untuk newborn, kereta dorong pliko bisa digunakan sampai usia si kecil menginjak balita. 

Pliko stroller terbilang praktis karena mudah dilipat menjadi seperti bentuk payung, bobotnya yang ringan juga mudah dibawa bepergian. 

Detail Produk: posisi bayi bisa diubah-ubah menjadi duduk, rebahan dan tidur. Kemudian stroller dilengkapi dengan canopy agar si Bayi terlindungi dari sinar matahari. Tinggi handle-nya bisa disetel, roda lebih besar dan warnanya bervariasi seperti ocean blue, navy blue, tosca, dan red. 

Jadi, stroller bayi yang mana yang akan Anda pilih? Pada intinya memilih stroller itu harus mementingkan kenyamanan dan keamanan. Selain itu pertimbangkan kokoh tidaknya rangka stroller serta fitur yang ditawarkan dari produk stroller tersebut.

Baca Juga: Biaya Melahirkan Lebih Hemat dengan Tips Berikut

Artikel stroller bayi ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download