Biaya Melahirkan Lebih Hemat Dengan Tips Berikut

21 Jan 2021 by Rindang

Biaya melahirkan bisa lebih hemat dengan tips berikut — Menanti kelahiran adalah proses yang mendebarkan setelah kehamilan berlangsung selama 9 bulan

Perasaan gugup, cemas, dan bahagia jadi satu dalam menanti kelahiran si buah hati yang terpantau sehat selama pemeriksaan kandungan.

Saat si buah hati lahir ke dunia, tentunya Sobat Pintar harus menyiapkan dana agar si kecil bisa menjalani kehidupan dengan baik bersama Sobat Pintar sebagai keluarga.

Dana yang diperlukan, tentunya bisa terbilang besar apabila tidak dipersiapkan dengan baik sejak dini. 

Terlebih, karena banyak pengeluaran tak terduga saat pandemi yang juga akan memberikan imbas terhadap pengelolaan keuangan Sobat Pintar secara pribadi, rasanya Sobat Pintar perlu mengelola biaya melahirkan agar lebih hemat.

Dapatkan biaya melahirkan yang lebih hemat dengan menerapkan tips berikut.

Cari tahu pilihan melahirkan yang disediakan BPJS

BPJS adalah asuransi kesehatan dari pemerintah yang bersifat wajib bagi Warga Negara Indonesia. 

Sobat Pintar yang sudah terdaftar dalam asuransi ini, bisa melihat berbagai kebijakan melahirkan serta perawatan bagi Ibu setelah melahirkan yang difasilitasi oleh BPJS. 

Konsumsi makanan sehat selama masa kehamilan hingga menjelang melahirkan

Sebagai Ibu hamil, penting bagi Sobat Pintar untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi.

Hal ini akan menyehatkan perkembangan janin dan juga ibu selama masa kehamilan.

Jika ibu dan janin dinyatakan sehat hingga menuju hari melahirkan, maka besar kemungkinan Sobat Pintar bisa melahirkan dengan biaya lebih hemat melalui proses kelahiran normal yang membutuhkan biaya yang relatif lebih hemat daripada proses persalinan secara caesar.

Memang, pilihan makanan sehat terlihat lebih mahal.

Namun, dengan menimbang manfaatnya dalam jangka panjang, ada baiknya Sobat Pintar tidak menyepelekan tips yang satu ini untuk mendapatkan biaya melahirkan yang lebih hemat. 

Pilih layanan melahirkan dari dokter atau bidan

Pilihan layanan melahirkan dari dokter kandungan atau bidan memiliki konsekuensinya masing-masing. 

Dalam memilih layanan ini, ada baiknya Sobat Pintar mencari referensi dari kerabat dekat sesuai dengan keadaan kandungan, layanan yang diberikan, dan dana yang tersedia agar proses kelahiran berjalan dengan lancar.

Simpan struk pembelanjaan perlengkapan bayi

Berbelanja perlengkapan bayi bisa jadi kegiatan paling menyenangkan sekaligus melelahkan menjelang kelahiran si buah hati.

Kegiatan ini bisa jadi menyenangkan karena jadi pertanda bahwa akhirnya Sobat Pintar akan segera bisa menyambut kehadiran buah hati di dunia.

Namun, bisa juga kegiatan ini jadi melelahkan secara mental karena dana yang dibutuhkan untuk berbelanja, tidaklah sedikit.

Untuk itu, setelah berbelanja, pastikan Sobat Pintar menyimpan struk belanjaan untuk mengetahui kisaran dana yang diperlukan untuk menyusun anggaran keperluan perlengkapan bayi dengan lebih baik lagi. 

Beli perlengkapan bayi yang secondhand

Tidak semua perlengkapan bayi perlu dibeli dalam keadaan baru, karena kita tahu membeli perlengkapan bayi membutuhkan dana yang cukup tinggi.

Ada beberapa perlengkapan bayi yang bisa dibeli secara secondhand seperti boks bayi, kereta dorong, dan car baby seat

Mengapa perlengkapan tersebut bisa dibeli secara secondhand?

Sebab, rata-rata perlengkapan tersebut hanya digunakan hingga anak berusia 3 tahun, sementara usia pakai perlengkapan tersebut biasanya berlangsung lebih panjang.

Untuk itu, agar biaya melahirkan bisa ditekan, ada baiknya Sobat Pintar mencari referensi dimana bisa membeli perlengkapan bayi secondhand yang terpercaya.

Sobat Pintar, itulah kiat-kiat yang bisa diterapkan apabila Sobat Pintar hendak mendapatkan biaya persalinan dengan lebih hemat.

Sobat Pintar juga bisa andalkan Kredit Pintar untuk memenuhi kebutuhan dana persalinan.

Kredit Pintar, sebagai penyedia pinjaman online tanpa agunan, tersedia di Play Store dalam bentuk aplikasi resmi.

Dapatkan dana pinjaman online tanpa agunan, cukup dengan sertakan foto KTP saja.

Kredit Pintar menyediakan pinjaman online tanpa agunan secara resmi, karena terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Dengan Kredit Pintar, Sobat Pintar bisa dapatkan pinjaman online tanpa agunan hingga 20 juta rupiah.

Download aplikasinya sekarang juga!

mobile-closeKredit PintarDownload