Spesifikasi HarmonyOS dari Huawei, Alternatif Android

02 Jul 2021 by Laruan

HarmonyOS baru-baru ini telah dikeluarkan oleh perusahaan Huawei untuk bisa menyaingi sistem operasi Android. Mereka mengatakan bahwa siap untuk mengaplikasikan sistem operasi ini pada berbagai perangkat dan juga jenis smartphone yang berbeda.

Salah satunya sistem operasi HarmonyOS ini akan mereka terapkan pada smartphone buatan mereka yaitu Huawei mate 40. Tidak hanya pada smartphone saja, sistem operasi ini juga rencananya akan bisa digunakan untuk sistem operasi pada tablet misalnya saja seperti tablet MatePad Pro.

Sistem operasi ini memiliki beberapa kelebihan yang membuat mereka bisa bersaing dengan sistem operasi lain seperti Android. Bagi kalian yang ingin mengetahui apa saja kelebihannya kalian bisa menyimak pembahasannya di bawah.

Kelebihan HarmonyOS

Meskipun sistem operasi ini bisa dibilang yang baru akan tetapi HarmonyOS ini telah menawarkan beberapa kelebihan yang patut kita perhitungkan.

Salah satu kelebihan utamanya adalah sistem operasi ini memiliki kemampuan untuk bisa saling terintegrasi dengan satu sama lain.

Perusahaan Huawei memiliki tujuan untuk bisa menyatukan berbagai smartphone yang akan didukung oleh sistem operasi ini dengan satu kali kontrol tunggal saja.

Dengan begitu maka penggunanya nanti akan dapat diklaim lebih mudah untuk menjalankan kan berbagai macam perangkat.

Para pengguna tersebut bisa menjalankan perangkat menggunakan sistem operasi OS Harmony yang sebelumnya telah terkoneksi.

Kelebihan yang lainnya dengan adanya sistem operasi terbaru ini maka OS Harmony akan menawarkan kepada para penggunanya sebuah pengalaman baru menggunakan sistem operasi.

Karena seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya kita hanya sering menggunakan sistem operasi seperti Android buatan Google dan juga iOS milik Apple.

Bagi kalian yang mungkin penasaran kenapa sistem operasi ini dibuat oleh Huawei dan kenapa mereka tidak menggunakan sistem operasi Android saja kalian bisa mengetahui tujuan utamanya di bawah.

Tujuan Utama Dibuatnya

Mungkin akan sangat aneh kenapa perusahaan ini tidak menggunakan sistem operasi Android seperti perusahaan lainnya, akan tetapi sepertinya hal tersebut memiliki sebuah alasan.

Tujuan utama dibuatnya sistem operasi OS Harmony sini rupanya adalah sebagai upaya mereka untuk bisa lepas dari sanksi yang diberikan oleh pemerintahan Amerika serikat.

Mereka telah masuk pada daftar hitam ataupun sering disebut entity list pada tahun 2019 lalu yang di mana mengakibatkan.

Perusahaan mereka tidak bisa menggunakan sistem operasi Android dan juga tidak bisa menggunakan Google serta play store.

Tidak hanya itu perusahaan mereka juga telah diberikan kan 38 afiliasi oleh Kementerian perdagangan Amerika yang mengakibatkan mereka tidak bisa melakukan ekspor dari Amerika.

Hal ini tentunya memberikan sebuah kesulitan bagi Huawei karena mereka tidak bisa bergerak leluasa yang mengakibatkan semakin sulitnya untuk membuat smartphone generasi terbaru.

Inilah yang menjadi pemicu mereka untuk menciptakan sistem operasi baru yaitu sistem operasi OS Harmony.

Hal ini tentunya tidak mudah karena seperti yang sudah kita ketahui sebagian banyak dari smartphone seluruh dunia saat ini menggunakan sistem operasi Android ini juga IOS.

Capai 10 Juta Pengguna

Setelah melalui berbagai kesulitan dan juga drama dengan Amerika saat ini OS Harmony rupanya telah memiliki pengguna yang cukup lumayan banyak yaitu 10 juta pengguna.

Rupanya sistem operasi ini ini bisa mendapatkan tempat khusus di hati para pengguna terutama di negara Cina.

Kabar Ini rupanya resmi diungkapkan oleh Huawei sendiri bahwa sistem operasi mereka tersebut baru-baru ini telah mencapai angka 10 juta.

Bahkan diperkirakan dalam beberapa waktu kedepan sistem operasi ini bisa mendapatkan lebih banyak pengguna lagi karena sistem operasi ini memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh sistem operasi lain seperti Android dan iOS.

Sistem operasi ini kebanyakan digunakan pada perangkat smartphone dan juga tablet, akan tetapi sistem operasi ini juga bisa digunakan pada perangkat lain seperti smart TV.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk