Selain Untuk Salad, Inilah 6 Manfaat Minyak Zaitun

09 Jul 2021 by Laruan

Yang pertama kali saya pikirkan ketika mendengar minyak zaitun adalah salad sayur. Ya, isi kepala saya memang hanya makanan. Tapi benar bahwa itu adalah salah satu dari kegunaan minyak zaitun, bukan? Namun, yang akan kita bahas kali ini adalah lebih ke kegunaan minyak zaitun bagi tubuh kita. Manfaat yang timbul setelah kita memakan salad sayur dengan minyak zaitun tadi, pastinya!

Ada banyak cara untuk mengkonsumsi minyak zaitun, bisa dengan cara diminum langsung, dicampur ke makanan, sebagai dressing salad, dan lain sebagainya. Jadi jangan takut, buat Sobat Pintar yang tidak suka makan sayur, salad sayur bukan satu-satunya cara untuk mengkonsumsi minyak zaitun. Walaupun begitu, jangan tidak makan sayur sama sekali karena sayur sangat baik untuk tubuh Sobat Pintar.

Kembali ke minyak zaitun, mari kita kenali lebih dalam apa itu minyak zaitun. Dari namanya, kita dapat menyimpulkan bahwa minyak zaitun berasal dari buah zaitun. Tanaman ini adalah pohon tradisional dari Mediterania. 

Ada beberapa jenis minyak zaitun yang bisa kita temukan di pasaran. Minyak zaitun virgin yaitu minyak yang mengalami dua kali pemerasan. Ada lagi pure olive oil dan light olive oil yang mengalami pemurnian dengan tekstur yang lebih ringan dan warna yang bening seperti minyak goreng. Lalu, ada minyak zaitun extra virgin yang sedikit atau bahkan tidak melewati proses pengolahan pabrik.

Minyak Zaitun

Kandungan yang Terdapat di dalam Minyak Zaitun

Banyak sekali senyawa-senyawa yang terkandung di dalam buah zaitun antara lain vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak tak jenuh yang tinggi) dan zat besi. Dengan banyaknya senyawa yang terkandung tadi, banyak pula kegunaan minyak zaitun yang dapat kita ambil. Minyak zaitun dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, memasak, kosmetik, bahkan sabun. Namun, kali ini kita akan memusatkan perhatian kita untuk membahas kegunaan minyak zaitun bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat-manfaatnya:

  1. Mencegah dan Mengurangi Resiko Kanker

Selain senyawa yang telah disebutkan di atas, minyak zaitun berjenis extra virgin juga mengandung oleocanthal. Oleocanthal merupakan senyawa antimikroba, antioksidan, dan anti-inflamasi yang ditemukan secara alami pada minyak zaitun berkualitas tinggi yang tidak dimurnikan. Kandungan ini diperkirakan mampu mencegah melanoma, sel kanker payudara, hati, dan usus.

Rasa dari minyak zaitun berkualitas tinggi ini kuat dan pedas. Mungkin akan terasa seperti kualitas minyak yang buruk, namun sebaliknya karena kandungan oleocanthal yang tinggi membuat terasa panas di tenggorokan. Peru diingat, bahwa ini bukan obat! Minyak zaitun hanya sebagai alternatif dan penunjang saja. Pastikan Sobat Pintar berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui konsumsi yang dianjurkan. 

  1. Mencegah Stroke

Stroke disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar ke otak yang dapat dikarenakan gumpalan darah atau pendarahan. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun, risiko untuk terkena stroke akan jauh lebih rendah. Minyak zaitun dapat melindungi kita dari kondisi seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi. Kegunaan minyak zaitun ini akan semakin maksimal jika ditambah dengan pola hidup yang sehat.

Sobat Pintar dapat mencoba pola makan Mediterania untuk memulai pola hidup sehat. Pola makan Mediterania adalah dengan mengkonsumsi banyak sayur dan buah yang kaya akan antioksidan, juga konsumsi biji-bijian dengan minyak zaitun. Diet ini juga menggunakan protein rendah lemak seperti daging ayam atau ikan. Dengan pola makan Mediterania ini, sumbatan pembuluh darah di arteri akan dibersihkan sehingga aliran darah menjadi lancar.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kita semua tahu bahwa jantung memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh manusia. Maka sangatlah penting untuk menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari ancaman penyakit. Kabar baiknya adalah kita dapat mengambil manfaat minyak zaitun untuk kesehatan jantung. Minyak zaitun dapat berperan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan kadar trigliserida, serta meningkatkan kolesterol baik.

Sementara, salah satu senyawa yang diperkirakan berperan dalam mendukung kesehatan jantung ialah asam oleat. Asam oleat ini merupakan asam lemak tak jenuh yang ditemukan dalam jumlah yang besar di minyak zaitun. Dengan meminum satu sendok minyak zaitun setiap hari membuat Sobat Pintar berisiko lebih rendah terkena penyakit jantung.

  1. Membantu Mengobati Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit progresif yang merusak memori dan fungsi mental penting lainnya. Ini adalah penyebab demensia yang paling umum dan bertanggung jawab atas 60-80 persen dari seluruh kasus demensia. Gejala yang muncul dari penyakit ini salah satunya adalah menurunnya daya ingat, hal ini sering tidak disadari oleh pengidap maupun orang-orang sekitar.

Selain membuat makanan menjadi lebih nikmat, manfaat minyak zaitun adalah juga bisa membantu permasalahan pada otak. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan alami yang dapat ditemukan pada minyak zaitun extra virgin yang bermanfaat untuk menghilangkan toksin pada otak penyebab Alzheimer. Meski begitu, pastikan Sobat Pintar berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan anjuran yang tepat dalam mengkonsumsi minyak zaitun.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Masih ingat dengan diet Mediterania yang sempat kita bahas diatas? Minyak zaitun hampir selalu dimasukkan dalam diet tersebut yang karena manfaatnya yang dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk menjaga jantung tetap sehat dan kadar gula yang stabil. Dengan meminum minyak zaitun Sobat Pintar akan merasa kenyang dan mencegah nafsu makan berlebih yang berimbas pada penurunan berat badan.

Walaupun begitu, pastikan tetap mengkonsumsi minyak zaitun dalam takaran yang aman yaitu satu sendok makan. Batasan kalori dalam satu hari untuk program menurunkan berat badan adalah 1.500 kalori. Dengan satu sendok makan minyak zaitun sudah cukup untuk tubuh Sobat Pintar. Sebab, satu sendok makan minyak zaitun  kurang lebih menyumbang 10 persen asupan kalori dalam sehari yaitu 120 kalori dan 14 gram total lemak. 

  1.  Menjaga Kesehatan Tulang

Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi satu sendok makan minyak zaitun setiap hari menghasilkan kepadatan tulang yang tinggi. Efek ini timbul karena kandungan pada minyak zaitun yang meningkatkan kadar osteocalcin serum dan procollagen yang melindungi tulang.

Agaknya, minyak zaitun ini ramah terhadap orang usia lanjut. Bagaimana tidak, tadi kita sudah membahas manfaat minyak zaitun untuk penyakit-penyakit yang dikenal sering diderita oleh orang tua. Mulai dari dementia, stroke, dan tulang rapuh yang lebih dikenal sebagai penyakit di usia tua, bukan? Tapi, bukan berarti kita tidak dapat memanfaatkan minyak zaitun ketika kita usia muda, malah sangat dianjurkan untuk memanfaatkannya sedari awal untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut muncul.

Minyak zaitun banyak sekali beredar di pasaran, sehingga Sobat Pintar tidak perlu susah-susah untuk mendapatkannya. Jika Sobat Pintar memerlukan bantuan untuk membeli minyak zaitun dan merasakan manfaat minyak zaitun, jangan ragu untuk ke Kredit Pintar. Dengan proses mudah dan cepat, Sobat Pintar dapat segera mewujudkan impian Sobat Pintar untuk hidup sehat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk