Panduan Lengkap Mencari Rental Mobil Terdekat

25 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 20 Apr 2022

Sebentar lagi libur panjang lebaran tiba, kamu pasti sudah punya rencana liburan bersama keluarga atau orang-orang terdekat. Satu hal yang harus masuk ke dalam rencana liburanmu adalah memilih rental mobil terdekat dari rumah maupun tempat penginapan di tempat tujuan. 

BIar bagaimanapun, dengan menggunakan mobil kamu jadi lebih fleksibel dan bisa pergi ke banyak tempat wisata sekaligus. Selain itu, kamu juga bisa berhemat karena hanya perlu mengeluarkan uang sewa dan uang bensin. 

Baca juga: Segini Harga Mobil Kecil Untuk 2 Orang Di Indonesia

Untuk membantu kamu menentukan rental mobil terbaik, tim Kredit Pintar telah menyiapkan beberapa hal penting yang harus kamu ketahui. Berikut penjelasan lengkapnya.

Mengenal istilah lepas kunci yang biasa ada pada rental mobil terdekat

Umumnya rental mobil menyediakan dua pilihan bagi penyewanya yaitu sewa dengan lepas kunci (tanpa supir) dan satu lagi dengan menggunakan supir. Jika menggunakan supir, biasanya akan ada biaya sewa tambahan namun kamu akan mendapatkan keuntungan tersendiri dari pilihan ini. 

Yang pertama, kamu jadi tidak perlu mengemudi. Jadi selama di perjalanan kamu bebas menikmati waktu untuk bercengkrama bersama keluarga. Yang kedua, biasanya dengan menggunakan supir, perjalanan akan jadi lebih cepat karena supir mengetahui jalur alternatif ke berbagai tempat. Hal ini memberikan kamu waktu lebih untuk menikmati momen liburan bersama keluarga di tempat wisata. 

Sebelum kamu memutuskan untuk menyewa mobil dari rental mobil terdekat, ada baiknya untuk memahami beberapa aturan sewa mobil dan tips untuk menyewa mobil. Hal ini agar kamu bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan atau kurang menyenangkan. Berikut ini penjelasan lengkapnya. 

Pentingnya memilih rental mobil yang memiliki fasilitas Pick Up

Bagi kamu yang berangkat liburan menggunakan transportasi umum, ada baiknya memikirkan opsi menyewa mobil dari rental yang ada di sekitar tempat wisata tujuan. Dengan begitu, kamu tidak perlu kebingungan memikirkan transportasi untuk mengantarkanmu mengunjungi berbagai spot menarik di sana. 

Salah satu tips yang paling sering disarankan oleh banyak traveler adalah memilih rental mobil yang memiliki fasilitas pick up. 

Ini adalah fasilitas yang diberikan oleh pemilik rental mobil untuk menjemput kamu begitu tiba di tempat tujuan. Dengan fasilitas ini, kamu tidak perlu menunggu transportasi umum untuk mencapai tempat penginapan atau hotel yang sudah kamu booking. 

Sistem ini sangat mirip dengan taksi online seperti GoCar atau GrabCar, karena itu sekarang sudah jarang rental mobil yang menyediakannya. Sekarang lebih umum untuk menjadikan fasilitas ini sebagai keuntungan dari rental mobilnya alias sudah satu paket dengan sewa mobil.

Aturan sewa mobil yang penting untuk diketahui

  1. Mempunyai KTP yang akan dititipkan kepada pemilik rental mobil selama waktu penyewaan
  2. Untuk penyewa dengan sistem lepas kunci, wajib memiliki SIM
  3. Jika melebihi batas waktu penyewaan akan dikenakan denda
  4. Perjanjian tentang aturan wilayah pemakaian kendaraan
  5. Pemilik rental mobil berhak menolak pelanggan jika tidak sesuai dengan kriteria
  6. Jika mobil mengalami kerusakan baik ringan atau berat akan dikenakan denda asuransi mobil
  7. Dilarang menggunakan mobil sewa untuk balapan
  8. Durasi penyewaan biasanya dianggap sudah digunakan secara full meski hanya setengah hari. Jika ada sisa maka tidak bisa digunakan lagi di lain waktu. 
  9. Perusahaan rental mobil akan bertanggung jawab secara penuh jika terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh supir perusahaan
  10. Pembatalan sewa umumnya dikenakan denda sesuai dengan aturan yang dimiliki oleh perusahaan rental mobil

Tips menyewa mobil dari rental mobil terdekat

  1. Ketahui apa kebutuhanmu. Misalnya tujuanmu menyewa mobil, kemana saja mobil tersebut akan digunakan sehingga nantinya kamu jadi lebih mudah dalam memilih jenis mobil yang akan disewa.
  2. Pilih mobil yang sesuai kebutuhanmu.
  3. Tanyakan tarif sewa mobil dan lakukan konsultasi jika diperlukan
  4. Cari tahu syarat dan ketentuan sewa mobil yang dimiliki oleh rental mobil tersebut
  5. Tanyakan kondisi mobil secara menyeluruh, entah itu keadaan mesin atau bagian yang lainnya. 
  6. Cari tahu apakah pihak rental mobil menyediakan layanan asuransi atau tidak
  7. Sebelum menyewa mobil, putuskan apakah kamu akan menggunakan supir atau tidak. 

Proses memilih rental mobil memang tidak mudah karena bisa jadi membingungkan dan tak jarang terdapat banyak jebakan. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencari informasi tentang rental mobil terdekat yang terpercaya, berkualitas, dan bisa diandalkan kepada keluarga atau sahabat. 

Biasanya mereka akan merekomendasikan rental mobil yang pernah mereka gunakan dan benar-benar bagus. Tapi selain cara tersebut, kamu juga bisa mencari rental mobil terdekat yang berkualitas sendiri dengan cara berikut ini:

Cara mencari tempat rental mobil terdekat yang berkualitas

1. Lewat aplikasi atau internet

Saat ini, semua kebutuhan manusia sudah bisa didapatkan dengan mudah dan juga cepat, termasuk rental mobil. Aplikasi khusus traveling seperti Traveloka, Agoda, dan lain-lain menyediakan fitur pemesanan rental mobil.

Baca juga: 3 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil bagi Pemula 

Selain itu, kamu juga bisa mencarinya melalui mesin pencari Google karena sekarang perusahaan raksasa tersebut sedang fokus mengajak UMKM Indonesia untuk mendigitalkan bisnisnya. Salah satu dukungan yang diberikan adalah dengan memungkinkan para pemilik UMKM menandai bisnisnya di Google Maps sehingga mudah ditemukan orang lain. 

Keuntungan dari cara ini adalah kamu dapat membandingkan harga, mencari informasi kontak pemilik rental mobil, serta melihat pilihan mobil yang disediakan. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot berkeliling mencari lokasinya sendiri. 

2. Baca testimoni dari orang lain

Keuntungan lain yang kamu dapatkan saat mencari rental mobil terdekat melalui aplikasi atau internet adalah kamu bisa mengetahui testimoni dari orang lain. Biasanya mereka akan memberikan review yang dapat menjadi acuan buat kamu. 

Namun perlu diingat juga, kamu harus membaca testimoninya dengan seksama agar tidak salah pilih. Yang terpenting, carilah rental mobil yang mendapatkan banyak testimoni positif dari pelanggannya. 

3. Kunjungi alamat rental mobil nya langsung

Setelah menentukan beberapa pilihan rental mobil yang menurutmu berkualitas, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi alamatnya langsung. Ini dilakukan agar kamu juga bisa melihat kondisi mobilnya secara langsung. 

Selain itu kamu juga bisa menanyakan informasi tambahan lainnya kepada pemilik rental mobil secara langsung. Seperti biaya tambahan untuk bensin dan supir, bisa lepas kunci atau tidak, dan lain sebagainya. 

4. Bandingkan harga

Setelah mengetahui tarif sewa mobil dari satu rental, sebaiknya kamu lanjutkan survey ke beberapa rental lain untuk mendapatkan gambaran jelas tentang perbandingan harganya. Sebab kamu mungkin akan menemukan harga sewa yang berbeda untuk satu jenis mobil. 

5. Pelayanan yang baik

Selain soal harga, kamu juga harus memperhatikan pelayanan yang diberikan oleh setiap rental mobil. Pasalnya, rental mobil yang terpercaya pasti memberikan pelayanan maksimal untuk setiap konsumennya agar mereka mendapatkan kepercayaan dari konsumen. 

Contoh pelayanan yang baik diantaranya adalah sikap yang ramah, memberikan informasi yang sangat jelas tentang rental mobilnya, serta menjawab setiap pertanyaan yang dia terima dari konsumennya. 

6. Supir yang profesional

Terakhir, jika kamu memutuskan untuk menggunakan supir tambahan, kamu harus memastikan bahwa supir nya memang professional. Supir profesional biasanya terlihat dari cara mereka melayani konsumen, kelengkapan identitas, serta pengalaman atau jam terbangnya, dan selalu mengutamakan keselamatan konsumen.

Baca juga: Info Daftar Biaya Tol Terbaru Trans Jawa Tahun 2021

Selesai sudah pembahasan tentang penyewaan mobil untuk liburanmu bersama keluarga. Sekarang kamu tidak perlu pusing lagi saat akan memilih rental mobil yang berkualitas. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download