3 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil bagi Pemula

19 Jul 2021 by Laruan

Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis transportasi merupakan salah satu bisnis tertua di muka bumi ini. Itu karena sejak kendaraan transportasi pertama ditemukan ribuan tahun lalu, permintaan untuk sebuah moda transportasi selalu saja ada hingga saat ini. Hal inilah yang melatarbelakangi berkembangnya bisnis rental mobil hingga saat ini. Selain itu, kecanggihan teknologi pada saat ini pun turut serta dalam mendorong perkembangan bisnis rental mobil. Namun, memulai bisnis rental mobil bukanlah sebuah perkara yang mudah, mengingat bahwa modal yang perlu dikeluarkan terbilang untuk memulai bisnis ini cukup besar. Oleh karena itu, jika Sobat Pintar adalah orang yang baru mau memulai bisnis rental mobil, maka sebaiknya Sobat Pintar menyimak beberapa tips memulai bisnis rental mobil berikut ini agar modal yang akan Sobat Pintar keluarkan tidak hilang begitu saja.

Bisnis Rental Mobil
  1. Perhatikan sumber dana yang akan dijadikan modal untuk memulai bisnis rental mobil

Tips memulai bisnis rental mobil yang pertama adalah Sobat Pintar harus memperhatikan sumber dana yang akan dijadikan modal usaha. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bisnis rental mobil adalah bisnis yang membutuhkan modal cukup besar. Oleh karena itu, kita harus sangat berhati-hati dalam menentukan sumber dana yang akan dijadikan modal awal untuk bisnis ini. Dalam hal ini, ada beberapa opsi, mulai dari tabungan pribadi hingga pinjaman uang ke bank maupun perusahaan kredit online seperti Kredit Pintar. Tentunya, semua opsi tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Berbicara tentang modal usaha, tentunya menggunakan tabungan pribadi adalah opsi yang paling aman karena tidak melibatkan pihak lain sehingga kita tidak perlu mempertanggungjawabkan jalannya bisnis ini kepada pihak-pihak pemberi modal. Namun di sisi lain, perjuangan untuk bisa mengumpulkan tabungan hingga mencapai nominal yang cukup untuk memulai bisnis rental mobil bukanlah satu hal yang mudah untuk dilakukan, bahkan bisa membutuhkan waktu bertahun-tahun. Di sisi lain, memulai bisnis dengan pinjaman modal dari berbagai pihak terkait pun memiliki kelemahan dan keunggulan. Kelebihan dari opsi ini adalah tentu saja kita tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa mengumpulkan modal yang dibutuhkan sehingga kita bisa langsung memulai bisnis rental mobil ini, namun kekurangan dari opsi ini adalah utang yang harus kita bayar kepada pemberi pinjaman modal yang dicicil setiap bulannya dan ini menjadi suatu hal yang riskan mengingat bahwa bisnis adalah suatu kegiatan mencari uang yang sifatnya fluktuatif, sehingga jika bisnis rental mobil kita sedang dalam kondisi buruk, hal ini akan berdampak pada kredit macet yang sangat mengancam keberlangsungan bisnis ini.

  1. Perhatikan skema pembelian unit mobil yang akan direntalkan

Tips memulai bisnis rental mobil yang kedua adalah Sobat Pintar harus memperhatikan skema pembelian unit mobil yang akan direntalkan. Jika pada poin sebelumnya kita membahas tentang sumber modal dari bisnis ini, maka kali ini kita akan membahas tentang skema pembelian unit mobil yang akan direntalkan yang juga sama-sama perlu kehati-hatian. Dalam hal ini, jika modal kita hanya cukup untuk digunakan sebagai DP atau uang muka untuk kredit pembelian 1 unit mobil yang akan direntalkan, maka hal ini tidaklah rumit karena kita tidak punya opsi lain. Akan tetapi, jika modal yang sudah kita kumpulkan cukup untuk membuat 1 unit mobil yang akan direntalkan secara cash atau tunai, maka hal ini menjadi agak rumit karena sebenarnya ada beberapa opsi yang bisa kita pilih dengan keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Opsi yang pertama jika modal yang sudah kita kumpulkan cukup untuk membeli 1 unit mobil secara cash atau tunai adalah tentu saja membeli mobil tersebut secara tunai. Kelebihan dari opsi ini adalah kita tidak perlu berhutang lagi ke perusahaan kredit (leasing) sehingga hasil dari bisnis rental mobil ini bisa langsung kita nikmati atau kita fokuskan utamanya untuk membayar cicilan kepada pemberi pinjaman modal jika modal yang dikumpulkan adalah hasil dari pinjaman ke pihak tertentu seperti Kredit Pintar yang merupakan perusahaan pinjaman uang online, sedangkan kelemahannya adalah tentu saja penghasilan yang cukup terbatas dari bisnis ini, mengingat bahwa unit yang beroperasi sebagai mobil rental baru 1 unit.

Opsi yang kedua adalah menggunakan modal tersebut sebagai DP atau uang muka untuk membeli beberapa unit mobil (sekitar 5-6 unit) secara kredit. Kelebihan dari opsi ini adalah tentu saja penghasilan yang berkali-kali lipat dibandingkan dengan opsi yang pertama, sedangkan kelemahan dari opsi ini adalah tentu saja utang kepada pihak perusahaan kredit (leasing) kendaraan bermotor yang jumlahnya tidak sedikit. Bisa dibilang, opsi pertama adalah opsi yang aman namun lambat dalam mengembangkan bisnis rental mobil ini, sedangkan opsi kedua adalah opsi yang berisiko namun cepat dalam mengembangkan bisnis rental mobil ini, sehingga jika Sobat Pintar adalah pemula yang masih awam dalam hal bisnis kendaraan bermotor, maka opsi pertama lebih cocok bagi Sobat Pintar.

  1. Perhatikan kepada siapa Sobat Pintar merentalkan mobil

Tidak dapat dipungkiri bahwa risiko yang paling besar dari bisnis rental mobil adalah hilangnya unit mobil yang direntalkan, sehingga tips memulai bisnis rental mobil yang ketiga pada artikel ini adalah agar Sobat Pintar memperhatikan kepada siapa Sobat Pintar merentalkan mobil. Jika Sobat Pintar masih takut dan ingin bermain aman dalam bisnis ini, maka opsi terbaiknya adalah dengan merentalkan mobil kepada orang-orang sekitar yang Sobat Pintar kenal cukup dekat seperti teman-teman kerja, teman kuliah, saudara, dan tetangga dan biarkan bisnis Sobat Pintar terkenal dari mulut ke mulut saja.

Namun, jika Sobat Pintar ingin mengembangkan bisnis ini lebih jauh lagi, maka mau tidak mau Sobat Pintar harus bisa merentalkan mobil Sobat Pintar ke orang-orang baru yang tidak Sobat Pintar kenal, dengan catatan bahwa Sobat Pintar sudah mensurvei orang tersebut lewat pengantara ke lokasi rumahnya serta lewat dokumen-dokumen penting orang tersebut, seperti SIM, KTP, KK, dan lain sebagainya. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Sobat Pintar juga bisa membuat sistem rental yang harus didampingi oleh supir bagi orang-orang baru yang ingin menyewa unit mobil Sobat Pintar serta memasang alat pelacak (GPS Tracker) di setiap unit mobil yang akan direntalkan.

Selain jenis orang-orang yang sudah disebutkan tadi, para supir Grabcar dan Gocar pun bisa menjadi langganan tetap Sobat Pintar, mengingat populasi mereka yang cukup banyak dan kebutuhan mereka akan mobil rental untuk menjadi sarana mencari nafkah yang tinggi. Khusus untuk jenis penyewa seperti ini, biasanya mereka menyewa dalam hitungan mingguan atau bulanan, sehingga biaya sewa yang dikenakan kepada mereka pun tentunya akan jadi lebih murah jika dihitung perhari yang merupakan kelemahan dari penyewaan kepada jenis penyewa ini. Namun di sisi lain, kepastian penyewaan yang didapatkan dari mereka menjadi suatu kelebihan sangat baik untuk keberlangsungan bisnis ini, selama, tentu saja, biaya sewa unit mobil tersebut sudah dapat menutupi cicilan dari mobil tersebut yang harus disetorkan tiap bulannya ke pihak pemberi kredit (leasing) kendaraan bermotor jika memang mobil tersebut dibeli secara kredit. Itulah beberapa tips memulai bisnis rental mobil dari kami. Semoga tips tersebut bermanfaat bagi Sobat Pintar dalam memulai bisnis ini.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload