Cara Daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2022

21 Apr 2022 by Rindang Maulidia, Last edit: 21 Apr 2022

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali membuka kesempatan bagi masyarakat untuk bergabung sebagai karyawan melalui Rekrutmen Bersama BUMN 2022. Ada puluhan perusahaan BUMN dari berbagai industri dengan total ratusan lowongan yang tersedia untuk para peserta rekrutmen. 

Cara daftar rekrutmen bersama bumn 2022

Tertarik mengikuti Rekrutmen Bersama BUMN 2022? Pelajari berkas yang diperlukan dan mekanisme pendaftaran selengkapnya dalam artikel ini. 

Baca juga : Cara Membuat CV Menarik, Agar Lamaranmu Dilirik

Persyaratan Dokumen Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Seperti rekrutmen perusahaan pada umumnya, peserta diwajibkan untuk mengumpulkan sejumlah dokumen sebagai syarat wajib pendaftaran. Berikut ini adalah dokumen yang wajib dilengkapi oleh peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022. 

1. Foto profil untuk akun Rekrutmen Bersama BUMN

Proses pertama pendaftaran peserta Rekrutmen Bersama BUMN adalah pembuatan registrasi akun dalam situs https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/. Dalam situs tersebut, semua peserta wajib melengkapi data diri, termasuk foto profil akun.

Pastikan foto profil yang digunakan, menampilkan wajah asli pemilik akun. Kemudian, alangkah baiknya pemilik akun menggunakan foto profil dengan pakaian dan penampilan yang rapi seperti pas foto untuk lamaran pekerjaan pada umumnya. 

Perhatikan juga ukuran dan format foto yang harus diunggah sebagai foto profil, demi kelancaran pembuatan akun Rekrutmen Bersama BUMN.

2. Scan KTP

Sebagai tanda kependudukan bagi Warga Negara Indonesia (WNI), KTP adalah berkas yang wajib dicantumkan dalam program rekrutmen. Dengan kata lain, apabila terdaftar sebagai Warga Negara Asing (WNA), Kamu tidak bisa mengikuti rekrutmen ini.

rekrutmen bersama bumn 2022

Dikarenakan proses rekrutmen yang berlangsung secara online, peserta diwajibkan melampirkan berkas KTP yang telah diproses secara scan. 

3. Scan Ijazah atau Surat Keterangan Lulus dari institusi pendidikan

Scan Ijazah pendidikan merupakan berkas wajib bagi peserta yang sudah dinyatakan lulus melalui upacara wisuda. Pastikan Ijazah yang diterima telah ditandatangani dan dicap oleh dekan fakultas dan rektor universitas sebagai jaminan keaslian dokumen. Sedangkan, bagi mahasiswa yang dinyatakan lulus namun belum menjalani prosesi wisuda, bisa melampirkan berkas berupa scan Surat Keterangan Lulus dari universitas. 

4. Scan transkrip nilai

Transkrip nilai merupakan rekam jejak perkuliahan peserta rekrutmen dalam bentuk nilai dan mata kuliah yang diambil selama masa perkuliahan. Transkrip nilai digunakan sebagai validasi atas dokumen Ijazah/Surat Keterangan Lulus yang dilampirkan. 

Jadi, sebelum melampirkan dokumen ini, pastikan transkrip nilai telah dilegalisir oleh dekan fakultas, ya. 

Baca juga: Cara Menjawab Pertanyaan Jebakan Saat Interview

5. Scan SKCK

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) merupakan pernyataan resmi dari polres setempat yang menyatakan bahwa peserta tidak memiliki catatan kriminal. Pembuatan SKCK baru bisa dilakukan melalui Kantor Polsek setempat untuk kemudian ditindaklanjuti di Kantor Polres.

Baca juga: 

Umumnya, kamu akan diminta untuk mengisi data diri, mengumpulkan pas foto, wawancara, dan menyiapkan biaya administrasi.

Jika sudah pernah membuat SKCK, kamu bisa melakukan perpanjangan SKCK di kantor Polsek setempat dengan menyiapkan SKCK lama, melengkapi data diri, mengumpulkan pas foto, dan membayar biaya administrasi. 

6. Scan sertifikat pelatihan, kecakapan bahasa asing, dan prestasi lainnya

Jika kamu pernah mengikuti pelatihan atau tes kecakapan bahasa asing, lampiran sertifikat tanda kepesertaan/kecakapan yang masih berlaku, bisa menjadi nilai tambahan dalam proses rekrutmen ini. Tidak hanya itu, sertifikat prestasi selama bekerja juga bisa dilampirkan demi menunjang poin rekrutmen. 

7. Surat rekomendasi dari tempat bekerja saat ini

Bagi peserta yang saat ini terdaftar sebagai karyawan suatu perusahaan, wajib melampirkan surat rekomendasi dari perusahaan. Lampiran surat rekomendasi wajib menggunakan format surat yang bisa didownload pada situs https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/

8. Persyaratan peserta

Selain persyaratan dokumen, peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022 juga wajib memenuhi persyaratan berikut.

  1. Per 25 April 2022, maksimal usia peserta sesuai dengan jenjang pendidikannya adalah:
    1. DI/II/III : 27 tahun
    2. S1/D IV : 30 tahun
    3. S2 : 35 tahun
  2. Bagi lulusan perguruan tinggi, memperoleh IPK minimal 2,75
  3. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI
  4. Dinyatakan sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba

Mekanisme dan Tahapan Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Rekrutmen Bersama BUMN 2022 merupakan salah satu program rekrutmen masal yang paling dinanti oleh angkatan kerja di Indonesia. Di dalam prosesnya, ada banyak tahapan seleksi yang wajib dijalani peserta sebelum dinyatakan lolos program rekrutmen untuk selanjutnya terdaftar sebagai calon karyawan BUMN. 

rekrutmen bersama bumn 2022

Berikut ini rincian mekanisme dan tahapan rekrutmennya.

1. Pendaftaran online dan seleksi berkas

Tahap ini berlangsung pada 14 April 2022 – 25 April 2022.

Dalam tahap ini, peserta sudah harus registrasi akun, melengkapi data diri, dan berkas pendaftaran dalam portal https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/.

2. Pengumuman seleksi berkas

Tahap ini berlangsung pada 9 Mei 2022 – 11 Mei 2022.

Untuk melihat pengumuman seleksi berkas, kamu wajib melakukan login pada portal rekrutmen. Jika dinyatakan lolos, kamu akan menjalani Tes Kemampuan Dasar.

3. Tes Kemampuan Dasar

Tahap ini berlangsung pada 17 Mei 2022 – 27 Mei 2022.

Dalam tahapan ini, ada berbagai soal yang harus dijawab oleh peserta berkaitan dengan kemampuan aritmatika, logika ruang, kemampuan bahasa, dan pengetahuan core values BUMN.

Belum ada informasi apakah tes ini akan dilakukan secara online atau offline. 

4. Pengumuman Tes Kemampuan Dasar

Tahap ini berlangsung pada 8 Juni 2022 – 10 Juni 2022.

Jika dinyatakan lolos, peserta bisa melanjutkan tahapan Tes Kemampuan Bidang, wawancara, dan cek kesehatan.

5. Tes Kemampuan Bidang, wawancara, dan cek kesehatan

Tahap ini berlangsung pada 12 Juni 2022 – 25 Juni 2022.

Seleksi ini akan menguji kemampuan peserta berdasarkan lowongan yang dipilih pada tahap awal rekrutmen. Jika lolos, peserta akan dinyatakan sebagai calon pegawai BUMN.

6. Pengumuman calon pegawai BUMN

Tahap ini berlangsung pada 4 Juli 2022. Jika dinyatakan lolos, peserta akan terdaftar sebagai calon pegawai BUMN untuk selanjutnya menjalani berbagai tahapan sebagai pegawai BUMN. 

Baca juga: Tips Sukses Wawancara Kerja

Itulah cara daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2022. Semoga artikel ini bisa jadi panduan lengkap bagi kamu yang ingin berkarir di BUMN, ya. 


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

21 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download