Raih Financial Freedom dan Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengatur Keuangan Ini

27 Apr 2021 by kreditpintar
kebiasaan buruk

Keuangan menjadi salah satu bagian penting dalam hidup seseorang. Keuangan yang baik dapat membuat hidup seseorang menjadi lebih baik dan begitu pula sebaliknya, kebiasaan buruk dalam keuangan dapat berdampak buruk terhadap hidup seseorang. Pastinya Kamu tidak ingin hal itu terjadi di hidup Kamu, bukan? Dibandingkan mengalami hal-hal buruk karena ketidakmampuan mengatur keuangan, Kamu pastinya lebih memimpikan financial freedom di hidup Kamu.

Financial freedom atau kebebasan finansial menjadi impian banyak orang. Orang dengan financial freedom akan memiliki kekayaan yang dapat memenuhi setiap kebutuhan tanpa harus bekerja secara ekstra. Kamu ingin mendapatkan kebebasan finansial ini? Yuk lakukan dengan cara menghindari kebiasaan tidak baik yang akan di jelas di bawah ini:

Apa Itu Financial Freedom?

Sebelum menjelaskan lebih lanjut tentang kebiasaan buruk yang harus dihindari untuk dapat mencapai financial freedom, sebenarnya financial freedom itu apa sih? Financial freedom atau kebebasan finansial merupakan keadaan dimana seseorang memiliki kekayaan telah memilih harta kekayaan sehingga orang tersebut dapat memenuhi kebutuhan tanpa harus bekerja sangat keras.

Dengan financial freedom ini pastinya Kamu dapat memenuhi kebutuhan primer Kamu dengan baik, mulai dari kebutuhan makanan, kebutuhan sandang, dan kebutuhan akan tempat tinggal yang nyaman. Bahkan, Kamu juga dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan sekunder lainnya dalam rangka menyenangkan diri sendiri dan orang yang Kamu cintai.

Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari untuk Meraih Financial Freedom 

mengatur keuangan

Meraih kebebasan finansial pastinya bukan sesuatu yang mudah. Ada beberapa kebiasaan tidak baik yang harus Kamu hindari untuk mencapai kebebasan finansial ini. Apa saja kebiasaan tersebut?

1. Tidak Mencatat Pengeluaran 

Kebiasaan yang harus dihindari untuk meraih financial freedom adalah tidak mencatat pengeluaran. Pernah nggak sih Kamu kebingungan ketika mendapati saldo ATM berkurang banyak? Mau nggak mau Kamu harus mengingat-ngingat apa saja yang telah Kamu beli hingga membuat saldo ATM terkuras.

Kebingungan tersebut pastinya tidak akan terjadi jika Kamu mencatat pengeluaran Kamu dengan baik. Mencatat pengeluaran dilakukan agar Kamu dapat melihat dengan jelas apa saja yang telah Kamu beli berikut nominalnya. Jadi, mulai saat ini Kamu bisa melakukan pencatatan pengeluaran agar keuangan Kamu bisa lebih sehat.

2. Asal Menggunakan Kartu Kredit

Saat ini untuk menjadi salah satu pengguna kartu kredit sangatlah mudah. Kamu dapat memiliki kartu kredit hanya dengan beberapa syarat saja. Tapi ternyata menggunakan kartu kredit secara tepat bukan sesuatu yang mudah. Tiba-tiba saja saat waktunya pembayaran, Kamu kaget dengan besarnya nominal tagihan kartu kredit Kamu.

Kebiasaan menggunakan kartu kredit secara asal wajib banget Kamu hindari jika ingin meraih kebebasan finansial. Belanjalah sesuai kebutuhan meskipun Kamu ada kartu kredit. Selain itu, pastikan Kamu hanya memiliki maksimal 2 kartu kredit untuk menghindari hutang akibat tagihan kartu kredit Kamu.

3. Tidak Adanya Persiapan

Kamu wajib membuat persiapan-persiapan terkait kondisi darurat yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kondisi-kondisi darurat ini antara lain sakit, kecelakaan, ataupun kebutuhan-kebutuhan mendadak lainnya. Lalu bagaimana caranya mempersiapkan kondisi darurat ini? Caranya adalah dengan memiliki menabung untuk dana darurat.

Kamu dapat menyisihkan beberapa persen dari penghasilan yang Kamu terima setiap bulannya untuk kondisi darurat ini. Kamu dapat langsung menabungnya di rekening bank Kamu atau menggunakan cara lain seperti investasi ataupun mendaftar asuransi.

4. Kebiasaan Menghamburkan Uang

Kebiasaan menghamburkan uang juga harus Kamu hindari demi meraih kebebasan finansial. Pastikan Kamu memisahkan antara kebutuhan dan keinginan untuk menghindari kebiasaan menghamburkan uang ini. Kamu juga harus mengelola stres yang Kamu rasakan agar tidak berdampak pada menghamburkan uang.

Stres sering menjadi alasan seseorang menghamburkan uang. Padahal kesenangan menghabiskan uang untuk menghilang stres hanya bersifat sementara. Jadi, pastikan Kamu selalu memisahkan antara kebutuhan dan keinginan serta jangan membeli sesuatu hanya untuk mendapatkan kesenangan semata.

5. Memiliki Contoh yang Buruk

Agar dapat mengelola keuangan pribadi dengan baik, Kamu harus memiliki figur yang baik agar membuat Kamu terinspirasi alih-alih mencontoh seseorang yang buruk dalam mengatur keuangan. Ada banyak tokoh-tokoh ahli keuangan yang dapat Kamu temukan di internet. Selain itu, di internet juga terdapat kiat-kiat yang dapat Kamu ikuti untuk mengatur keuangan dengan baik.

6. Investasi yang Salah

Investasi menjadi salah satu cara bagi Kamu yang ingin mendapatkan pendapatan pasif selain gaji yang Kamu terima setiap bulan. Namun berinvestasi bukan sesuatu yang mudah. Kamu harus memilih investasi yang tepat agar uang yang Kamu investasikan dapat memberikan keuntungan.

Kamu dapat mencari informasi terlebih dahulu terkait investasi yang ingin Kamu lakukan sebelum memulai menginvestasikan uang yang Kamu miliki. Di internet sendiri telah tersedia berbagai jenis investasi aman yang dapat Kamu pilih, jadi tidak ada alasan lagi bagi Kamu untuk memilih investasi yang salah. 

Kesulitan Finansial? Jangan Asal Memilih Pinjaman

Setiap orang pastinya ingin mencapai kebebasan finansial, namun ada beberapa kondisi dimana membuat kebebasan finansial ini sulit dicapai. Alih-alih mencapai kebebasan finansial, Kamu justru berada di kondisi membutuhkan pinjaman untuk menyelesaikan permasalahan finansial Kamu. Banyak orang yang akhirnya memilih pinjaman instan untuk menyelesaikan permasalahan finansial mereka.

Pinjaman instan saat ini banyak tersebar di internet. Kamu dapat memperoleh pinjaman ini dengan syarat yang sangat mudah. Namun pastikan Kamu tidak senang terlebih dahulu dengan berita ini, karenanya faktanya ada beberapa pinjaman cepat yang menjebak peminjamnya.

Kamu harus memastikan platform atau lembaga tempat Kamu meminjam uang adalah lembaga resmi yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Salah satu platform pinjaman online yang aman dan telah terdaftar di OJK adalah Kredit Pintar. Kredit pintar dapat menjadi solusi tepat bagi Kamu yang membutuhkan pinjaman cepat, baik itu untuk modal bisnis, biaya sekolah, ataupun kebutuhan lainnya.

Kredit Pintar memiliki kelebihan-kelebihan antara lain bunga yang rendah, proses cepat, customer service yang ramah, limit pinjaman hingga Rp 20 juta, dan pastinya aman karena telah berizin, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Kamu dapat langsung mendownload aplikasi tersebut di Google Play Store dan melakukan pendaftaran di sana untuk mengajukan pinjaman dengan cepat.

Kesimpulan

Meraih kebebasan finansial merupakan impian banyak orang. Namun sayangnya tidak mudah untuk mewujudkan kebebasan finansial ini, terlebih jika Kamu masih memiliki kebiasaan buruk dalam mengatur keuangan. Kebiasaan-kebiasaan tidak baik yang telah disebutkan diatas wajib Kamu hindari jika ingin meraih kebebasan finansial di hidup Kamu. Selain itu, pastikan juga Kamu menggunakan waktu yang Kamu miliki untuk melakukan hal-hal produktif sehingga saldo di ATM Kamu dapat terus bertambah dan Kamu memiliki tabungan yang cukup untuk masa depan.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload