7 Tips Pitch Deck untuk Meningkatkan Keberhasilan Anda

16 Sep 2021 by Laruan, Last edit: 17 Sep 2021

Jika Anda telah meluncurkan startup, pasti Anda pernah mendengar tentang pitch deck. Pitch deck merupakan presentasi pemasaran yang dirancang untuk meyakinkan investor atau pemberi pinjaman untuk memberikan modal bisnis Anda. Pitch deck akan memberikan calon investor gambaran tingkat tinggi tentang rencana bisnis Anda, kesuksesan sejauh ini, dan potensi perkembangan perusahaan.

Setiap kali Anda mengadakan pertemuan dengan seorang investor, Anda pasti diharapkan untuk mempresentasikan pitch deck kepada beberapa dan kalian berharap para investor atau pemberi pinjaman mengajukan banyak pertanyaan. Anggaplah pitch deck Anda sebagai jembatan antara perusahaan Anda dan pembiayaan startup di masa depan. Dan seringkali, financing memainkan peran penting dalam kemampuan bisnis Anda untuk tumbuh. Pitch deck Anda dapat memberikan perbedaan dalam brand building yang bermanfaat di masa yang akan datang.

Pitch deck biasanya dibuat menggunakan perangkat lunak presentasi seperti Power Point, Prezi, Keynote, atau Google Slides. Dalam beberapa slide, pitch deck Anda harus informatif dan menarik. Slide Anda harus jelas, menyertakan gambar beresolusi tinggi, secara visual estetis, dan tetap ringan. Untuk meningkatkan peluang keberhasilan Anda, yuk mari simak 8 tips pitch deck berikut ini:

7 Tips Pitch Deck untuk Meningkatkan Keberhasilan Anda
  1. Optimalkan Pengenalan Perusahaan

Bagian pertama dari pitch deck yaitu Anda harus menjadi representasi perusahaan. Tujuan Anda di sini adalah untuk menarik calon investor. Di sinilah pitch deck Anda Mengambil peran yang sangat penting. Elevator pitch adalah deskripsi singkat tentang perusahaan Anda yang dapat membuat audiens memahami konsep dalam waktu singkat. Elevator pitch seharusnya tidak lebih dari 30 detik untuk disampaikan. Secara keseluruhan, ada tiga elemen pengantar elevator pitch:

  1. Elevator pitch Anda
  2. Deskripsi perusahaan Anda dan apa yang dilakukan perusahaan
  3. Proposisi nilai Anda
  4. Berikan Penjelasan Masalah dan Solusi

Selanjutnya, saatnya membicarakan masalah yang dihadapi target pasar Anda dan solusi yang dapat Anda tawarkan. Idealnya, bisnis Anda harusnya memberikan solusi yang dapat mengatasi kesenjangan di pasar. Tidak ada investor yang ingin mendengar tentang masalah yang sudah memiliki beberapa solusi di pasar dan jika ini menggambarkan bisnis yang Anda jalankan, maka solusi Anda harus unik.

Cara yang baik untuk menggambarkan masalahnya adalah dengan cara membuat narasi dan menempatkan diri Anda pada posisi customer. Bagaimana perasaan orang yang mengalami masalah dan apa yang akan mereka lakukan dalam menemukan solusinya? Anda harus menemukan kurang lebih dua hingga tiga masalah dan solusi dan membuat teks slide Anda tetap sederhana dan mudah dipahami.

Setiap investor ingin terlibat dalam proyek yang memecahkan masalah nyata. Mereka ingin bekerja  sama dengan Anda untuk menciptakan solusi yang inovatif, tetapi mereka perlu diyakinkan bahwa perusahaan milik Anda yang bisa melakukan pekerjaan tersebut.

  1. Ketahui Market Opportunity

Tidak peduli seberapa hebat produk Anda, jika tidak ada pasar untuk itu, maka tidak ada uang untuk didapatkan. Bagian market di pitch deck dari promosi harus berada di antara 1-4 slide, tergantung pada ukuran pasar, segmen, dan desain dek. Karena itu, ukuran market akan menjadi salah satu poin data paling penting dalam presentasi Anda.

Ada beberapa cara untuk menyajikan data market di pitch deck Anda. Diantaranya adalah:

  1. Teori nilai yang memprediksi kesediaan konsumen untuk membayar
  1. Data pasar internal yang ada
  2. Riset berbasis industri.

Banyak perusahaan akan menggunakan kombinasi taktik ini untuk menggambarkan potensi pasar mereka. Statistik utama dan angka pendapatan industri Anda juga akan membantu calon investor memahami potensi dan lintasan pasar.

  1. Jelaskan Produk

Ini adalah bagian dari pitch deck di mana Anda akan membahas produk atau layanan secara mendalam. Di tahap ini, Anda telah berbicara tentang perusahaan Anda, masalah yang dipecahkannya, dan hal apa yang membuat kuat di industri Anda. Buat pernyataan sederhana dengan gambar, tangkapan layar, atau video untuk mengomunikasikan apa produk itu dan cara kerjanya. Fokus pada fitur dan pembeda utama produk Anda dan apa yang membedakannya dari produk lain yang mirip.

  1. Perkembangan yang Berpotensial

Investor ingin melihat pengembalian investasi mereka dan kesuksesan yang telah Anda capai sejauh ini adalah salah satu indikator kesuksesan terbesar di masa depan. Hal ini menjelaskan apa yang telah dicapai startup Anda sejauh ini. Pada dasarnya, slide traksi menyajikan data yang membuktikan produk atau layanan Anda diinginkan. Sebagai contoh, Anda dapat menampilkan grafik yang menunjukkan pertumbuhan penjualan atau peningkatan pelanggan.

Penting untuk dipahami bahwa Anda tidak harus memiliki penjualan untuk menunjukkan daya tarik. Hal ini biasa terjadi pada startup tahap awal yang membutuhkan dana untuk mencapai milestone di masa depan. Jika Anda tidak memiliki pendapatan, ada cara lain untuk menunjukkan daya tarik.  

Diantaranya adalah pendaftaran uji coba, pendaftaran beta, pra-pemesanan, dan letter of intent dan sebagainya. Anda juga dapat menunjukkan berapa banyak orang yang mengunjungi situs web Anda, karena lalu lintas situs berarti tanda yang baik dari minat yang tinggi.

  1. Jelaskan Tentang Tim Anda

Tahap ini adalah bagian yang tepat di mana Anda dapat berbicara tentang orang-orang inti di balik produk yang Anda kembangkaq. Jelaskan peran mereka, sebutkan pencapaian sebelumnya, dan nilai yang mereka bawa ke perusahaan hingga hari ini. Meskipun slide ini cukup mudah, tetapi hal ini sangat membantu perusahaan Anda dan membantu investor memahami tidak hanya apa yang mereka investasikan, tetapi juga kepada siapa mereka berinvestasi.

  1. Ketahui Keuangan

Slide keuangan membantu investor memahami seperti apa proyeksi pendapatan selama beberapa tahun ke depan. Slide ini harus berisi nomor rinci tentang bisnis dan keuangan Anda. Pada titik ini, Anda sebaiknya sudah menyelesaikan rencana bisnis dan Anda dapat mengambil banyak data dari bagian encana keuangan Anda. Buatlah template rencana bisnis startup jika Anda perlu membuat pitch deck dan rencana bisnis resmi sebelum pertemuan investor Anda.

Karena bagian ini sangat banyak angka, penting bagi Anda untuk membuat model keuangan yang mudah dibaca dan dipahami. Setelah Anda meninggalkan ruangan, calon investor Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu menganalisis detail ini, jadi penting bagi rencana ekonomi Anda termasuk saluran distribusi dan struktur operasi Anda.

Jika Anda masih ingin mendapatkan informasi lain seputar pengembangan bisnis, Anda bisa, lho, mencari info lebih lanjut di Kredit Pintar.

PT. Kredit Pintar Indonesia adalah perusahaan financial technology yang memiliki visi untuk smeningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia melalui penyediaan akses yang mudah untuk mendapatkan pinjaman jangka pendek. Dengan teknologi Artificial Intelligence terdepan, kami ingin bekerja sama dengan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan Indonesia.

Nah, mudah sekali bukan untuk mengetahui tips-tips pitch deck apa saja yang bisa meningkatkan peluang keberhasilan Anda dalam berbisnis? Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan keberhasilan Anda ya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
17 Sep 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download