Kenali Tugas Pialang Saham dan Info Gajinya

01 Mar 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Informasi ini adalah salah satu dasar untuk membangun hubungan kerja yang baik dengan pialang saham Anda. Saat memilih Pialang saham, mereka harus menjadi seseorang yang akan mendengarkan dengan penuh perhatian saat Anda menjelaskan kebutuhan keuangan Anda dan yang dapat dipercaya untuk mewujudkan keinginan Anda. 

Apa Tugas Pialang Saham?

Pialang saham adalah ahli keuangan yang bertugas menempatkan pesanan atas nama klien di pasar. Mereka bekerja untuk bisnis pialang dan digaji dengan berbagai klien individu dan institusi. Pekerja tersebut sering diberi kompensasi berdasarkan komisi, meskipun ini bervariasi menurut pekerjaan.

Baca juga: Kenali Fenomena Window Dressing dan Bagaimana Ini Bisa Membantu Menentukan Pembelian Saham

Memahami Peran Pialang Saham

Akses ke salah satu bursa utama, seperti Bursa Efek Indonesia (BEI) diperlukan untuk membeli atau menjual ekuitas. Anda harus menjadi anggota bursa atau perusahaan anggota untuk berdagang di bursa ini. Otoritas Jasa Keuangan melisensikan perusahaan anggota dan banyak individu yang bekerja untuk mereka sebagai broker atau broker-dealer.

Sebenarnya apabila anda turun sendiri menjadi investor individu anda dapat membeli saham langsung dari perusahaan yang menerbitkannya. Hal tersebut jauh menguntungkan, tetapi  hanya bisa dilakukan apabila anda paham betul dengan dunia saham, apabila tidak malah menjadi buntung. Sampai saat ini, mendapatkan akses ke pasar saham sangat mahal. Itu hanya hemat biaya untuk individu dengan kekayaan bersih tinggi atau investor institusi besar, seperti manajer dana pensiun. Mereka mempekerjakan broker layanan penuh dan bersedia membayar ratusan dolar untuk perdagangan yang akan dieksekusi.

Pialang diskon mampu menyediakan layanan online dengan akses murah, cepat, dan otomatis ke pasar berkat munculnya internet dan kemajuan teknologi terkait. Investor mikro baru-baru ini dilayani oleh aplikasi seperti Rekeningku dan Indodax, yang memungkinkan pembelian saham bahkan pecahan. Mayoritas akun di pasar saat ini dikelola oleh pemiliknya dan dipegang oleh pialang murah.

Perusahaan pialang diskon menyewa pialang untuk beroperasi sebagai agen melalui telepon (dikenal sebagai pialang suara) yang menjawab pertanyaan singkat atau sebagai petugas cabang di lokasi fisik. Mereka juga dapat berkonsultasi dengan klien yang telah berlangganan tingkat premium broker online.

Bank investasi dan bisnis, tugas pialang khusus mempekerjakan lebih sedikit pialang saham. Pesanan besar dan khusus untuk klien institusional dan individu berpenghasilan tinggi ditangani oleh perusahaan-perusahaan ini..

Kemajuan terbaru lainnya dalam layanan broker adalah munculnya robo adviser, yang menyediakan manajemen investasi algoritmik melalui antarmuka web atau aplikasi seluler. Karena ada sedikit koneksi satu-satu, biaya tetap rendah.

Persyaratan Pendidikan untuk Pialang Saham

Gelar sarjana di bidang keuangan atau administrasi bisnis biasanya lebih disukai untuk posisi ini. Pemahaman yang kuat tentang hukum dan peraturan keuangan, metode akuntansi, prinsip ekonomi dan mata uang, perencanaan keuangan, dan peramalan keuangan semuanya berguna untuk bekerja di lapangan.

Kredensial global juga semakin dicari sebagai sinyal legitimasi dan kecerdasan finansial. Contohnya termasuk penunjukan perencana keuangan bersertifikat (profesional) dan analis keuangan lepas.

Kebanyakan dari mereka yang sukses memiliki keterampilan interpersonal yang luar biasa dan mampu mempertahankan hubungan penjualan yang kuat—selain pengetahuan pasar dan keterampilan berinvestasi.

Setiap negara memiliki persyaratan kredensial sendiri untuk pekerjaan ini. Di Indonesia misalnya, memerlukan sertifikat dari TICMI (The Indonesia Capital Market Institute), dan harus lulus ujian sertifikasi yang diadakan pertahun oleh lembaga-lembaga resmi pemerintah. 

Memilih Pialang Saham

Berikut ini adalah daftar karakteristik dan kualifikasi yang harus ditetapkan dalam memilih Pialang Saham Anda:

Baca juga: Kenali Apa Itu Google Finance

1. Mudah untuk diajak bicara

Pialang saham yang memahami situasi dan tujuan finansial Anda lebih menyenangkan untuk diajak berdiskusi. 

2. Tidak menekan

Seorang Pialang Saham yang baik akan meluangkan waktu untuk menemukan strategi investasi yang terbaik untuk Anda dan tidak akan memasukkan Anda ke dalam investasi tertentu hanya karena pelanggan lain melakukannya.

3. Memberi perhatian dan bertindak berdasarkan apa yang dikatakan

Seorang Pialang Saham yang baik akan mencoba mencari tahu mengapa Anda tidak menginginkan investasi tertentu dan bahkan dapat merekomendasikan investasi tersebut jika dia yakin bahwa investasi tersebut adalah yang terbaik untuk Anda.

4. Menjelaskan hal-hal sampai Anda mengerti

Seorang Pialang Saham yang baik akan memberi Anda informasi dan akan mengambil waktu sebanyak yang diperlukan untuk menjelaskan transaksi yang diusulkan sampai Anda mengerti. Ingatlah bahwa ini adalah investasi Anda—Anda memiliki hak untuk memahami dengan tepat apa yang akan terjadi dengannya.

5. Berlisensi

Terdaftar di BEI dan tidak memiliki riwayat pengaduan nasabah. BEI menyimpan daftar kode broker dan mencatat riwayat disipliner mereka. Sementara keluhan pelanggan sesekali mungkin tidak dapat dihindari, seorang Pialang Saham dengan riwayat keluhan pelanggan mungkin harus dihindari oleh investor pemula. 

Baca juga:  Cara Beli Saham IPO Untuk Pemula, Simak di Sini

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download