Perbedaan, Kelebihan, dan Kekurangan Kartu Prabayar dan Pascabayar

Perbedaan, Kelebihan, dan Kekurangan Kartu Prabayar dan Pascabayar

11 May 2021 by kreditpintar
perbedaan kartu prabayar dan pascabayar

Perbedaan kartu prabayar dan pascabayar. – Sejak setiap orang di masa kini tidak bisa lepas dari pengaruh gadget, smartphone menjadi salah satu kebutuhan pokok yang seolah harus dipenuhi selain sandang, pangan, dan papan. Bagaimana tidak? Hampir seluruh aktivitas kita bisa ditangani langsung melalui smartphone. Dimulai dari komunikasi hingga melakukan pembayaran.

Hal ini membuat bagian tak terpisahkan dari sebuah smartphone menjadi penting juga untuk kita. Siapa lagi jika bukan kartu perdana. Ponsel kita tidak dapat berfungsi dengan maksimal tanpa adanya kehadiran kartu prabayar atau pascabayar, meski kehadiran wifi seolah menggantikan setengah dari peran kedua kartu ini. Walaupun begitu, kartu perdana prabayar dan pascabayar tetap dibutuhkan oleh setiap pengguna ponsel.

Kedua kartu ini rupanya memiliki penggemarnya masing-masing dengan segala perbedaan kartu prabayar dan pascabayar beserta manfaat dan kerugiannya. Kartu prabayar dan pascabayar sama-sama memberikan benefit, juga memiliki kekurangan yang harus dipertimbangkan. Kira-kira yang mana yang paling cocok Sobat Pintar gunakan?

Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar

Perbedaan kartu prabayar dan pascabayar bisa dilihat dari namanya itu sendiri. “Pra” yang ada pada kartu “prabayar” berarti “sebelum”, sedangkan “pasca” pada kartu “pascabayar” berarti “sesudah”. Hal ini menunjukkan bahwa kartu prabayar memiliki mekanisme pembayaran sebelum pengguna memakai pulsa atau data internet. Sedangkan kartu pascabayar memiliki mekanisme pembayaran setelah pengguna memanfaatkan pulsa dan data internet.

Oleh karenanya, untuk kartu prabayar, Sobat Pintar harus lebih dulu membeli pulsa dan data, sebelum menikmati fasilitas komunikasi. Hal ini membuat Sobat Pintar bisa memanfaat pulsa dan data yang tersedia sesuai dengan kuota yang Sobat Pintar miliki.

Untuk kartu pascabayar, biasanya Sobat Pintar akan memiliki tanggal tetap di mana Sobat Pintar harus membayar tagihan komunikasimu. Sobat Pintar cenderung bebas untuk menggunakan pulsa dan data internet yang sedang aktif. Nantinya Sobat Pintar tinggal membayar tagihan pulsa dan data yang sudah Sobat Pintar pakai selama sebulan penuh.

Selain perbedaan, kedua kartu ini pun memiliki manfaat dan kerugian masing-masing.

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Prabayar

Berikut adalah beberapa kelebihan serta kerugian dari kartu prabayar:

Kelebihan Kartu Prabayar

  • Sobat Pintar bisa mengisi pulsa dan data internet kapan saja dengan nominal yang disesuaikan dengan kebutuhanmu
  • Kartu prabayar cenderung lebih simpel dan praktis. Ia cocok untuk Sobat Pintar yang tidak ingin direpotkan untuk membayar tagihan setiap bulan
  • Pendaftaran kartu prabayar cenderung mudah. Sobat Pintar hanya perlu menyiapkan NIK dan nomor Kartu Keluarga. Daftarkan kedua nomor ini dan Sobat Pintar bisa secara langsung menikmati layanan kartu prabayar yang Sobat Pintar miliki.

Kekurangan Kartu Prabayar

  • Biasanya, harga paket pulsa dan data internet prabayar cenderung lebih mahal apabila dihitung dan dikalkulasikan secara akumulatif dibandingan dengan kartu pascabayar.
  • Pengguna prabayar biasanya tidak punya kesempatan untuk memilih sendiri nomor ponselnya.
  • Informasi atau notifikasi mengenai jumlah pemakaian dan pulsa biasanya tidak ada.

Kelebihan Kartu Pascabayar

  • Pengguna kartu pascabayar bisa mengatur sendiri batas penggunaan pulsa dan data. Jika penggunaan melewati batasnya, penggunaan bisa dihentikan.
  • Penggunaan lebih transparan dan bisa dicek kapan saja.
  • Pengguna dapat memilih sendiri nomor ponsel sesuai dengan keinginan.
  • Jaringan untuk layanan pascabayar dinilai lebih baik dari pada layanan prabayar.
  • Secara akumulatif, harga paket lebih murah dibandingkan dengan layanan prabayar.

Kerugian Kartu Pascabayar

  • Ada banyak kasus di mana pengguna kartu pascabayar mengeluhkan telepon atau SMS masuk dari berbagai instansi seperti bank dan asuransi.
  • Proses pendaftarannya jauh lebih rumit dengan syarat tertentu.

Itulah perbedaan kartu prabayar dan pascabayar, beserta kelebihan dan kekurangannya. Untuk urusan pembiayaan pulsa, paket data, atau tagihan komunikasi bulanan, serahkan langsung pada Kredit Pintar yang menjadi platform pinjam uang online terpercaya di Indonesia. Prosesnya yang mudah dan cepat, membuat Kredit Pintar banyak dipilih sebagai solusi pinjam uang kapan saja dan di mana saja.

kredit pintar