Peraturan Permainan Sepak Bola Yang Wajib Diketahui!

15 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 21 Mar 2022

Apabila Anda merupakan salah satu penggemar sepak bola, maka artikel berikut akan sangat bermanfaat karena, di artikel ini kita bersama-sama akan membahas tentang peraturan permainan sepak bola!

Peraturan Permainan Sepak Bola Yang Wajib Kamu Ketahui!

Sama dengan permainan olahraga lainnya, sepak bola juga memiliki beberapa peraturan. Mulai dari jumlah pemain hingga cara bermain, semuanya harus Anda ketahui jika Anda ingin memainkan permainan sepak bola.

Tidak hanya memainkannya saja, lho. Jika Anda ingin menonton pertandingan sepak bola, maka Anda juga perlu mengetahui beberapa peraturan permainan sepak bola. Sehingga, Anda dapat mengerti jalannya permainan sepak bola dengan baik.

Oleh karena itu, di artikel ini Anda akan mendapat berbagai informasi tentang peraturan permainan sepak bola.

Serba-Serbi Peraturan Permainan Sepak Bola

Nah, sebelum kita beranjak ke pembahasan tentang peraturannya, mari kita bahas tentang permainan sepak bola terlebih dahulu.

Baca juga: Main Bola Kasti, Makin Seru Jika Paham Peraturannya. Simak, yuk! 

Apa Itu Sepak Bola?

Pertama-tama, mari kita bahas tentang pengertian permainan sepak bola.

Sepak bola pada dasarnya merupakan permainan yang memanfaatkan bola sebagai objek utamanya. Kemudian, ada dua tim dengan jumlah pemain sama namun komposisi atau strategi yang berbeda yang nantinya akan memperebutkan bola tersebut.

Selanjutnya, masing-masing tim akan saling berusaha untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Sehingga, mereka dapat mencetak poin untuk timnya sendiri.

Permainan sepak bola ini banyak memanfaatkan kekuatan fisik dan strategi dari masing-masing tim. Selain itu, Anda akan memerlukan kerja sama yang sangat kuat saat bermain permainan sepak bola.

Nah, sekarang Anda tentunya sudah paham bukan tentang permainan sepak bola? Maka, kita dapat berlanjut ke pembahasan paling lengkap seputar peraturan permainan sepak bola!

Peraturan Permainan Sepak Bola

Seperti permainan lainnya, sepak bola juga memiliki beberapa peraturan untuk menjaga jalannya permainan. Berikut peraturan permainan sepak bola yang wajib Anda ketahui jika ingin menjadi pemain sepak bola atau menonton pertandingannya!

Jumlah Pemain Sepak Bola

Tentu saja, hal paling dasar yang harus Anda ketahui adalah jumlah dari pemain sepak bola!

Di dalam permainan sepak bola, pemain yang berada di dalam lapangan dan bertanding berjumlah sebelas orang. Selanjutnya, apabila nanti di dalam lapangan (pada saat permainan tengah berlangsung), jumlah pemain suatu tim berjumlah kurang dari tujuh pemain, maka tim tersebut dinyatakan kalah.

Oleh karena itu, tim sepak bola yang akan bertanding pasti memiliki pemain cadangan. Sehingga, jika ada pemain yang berhalangan hadir atau cedera, maka sudah ada pemain yang menggantikan.

Selain itu, di setiap tim juga harus memiliki seorang kapten tim.

Baca juga: Mau Beli Sepatu Jordan Ori? Cek dulu harganya 

Jumlah Pemain Cadangan

Peraturan Permainan Sepak Bola Yang Wajib Kamu Ketahui!

Berikutnya, setelah mengetahui jumlah pemain yang harus ada di lapangan, maka Anda juga harus tahu perihal pemain cadangan.

Jumlah pemain cadangan dari permainan sepak bola ternyata berbeda-beda di setiap pertandingan. Contohnya adalah di permainan liga lokal, maka pemain cadangan yang boleh tim miliki berjumlah lima orang. Ini sudah termasuk kiper atau penjaga gawang.

Waktu Pergantian Pemain

Selanjutnya, apabila ada pemain yang hendak bertukar posisi karena cedera atau hal lain, maka hal tersebut hanya boleh tim lakukan sebanyak tiga kali selama sembilan puluh menit permainan.

Akan tetapi, jika ada babak tambahan karena nilai seri, maka setiap tim memiliki kesempatan untuk mengganti pemain sebanyak satu kali.

Namun, perlu Anda perhatikan, peraturan terkait pergantian pemain ini sangat fleksibel. Sehingga, di setiap liga atau pertandingan akan berbeda peraturannya.

Waktu Satu Permainan

Tentunya, hal lain yang harus Anda ketahui tentang permainan sepak bola adalah durasi setiap pertandingan.

Total durasi permainan sepak bola adalah sembilan puluh menit. Ini akan dibagi menjadi dua babak, yakni masing-masing babak akan berdurasi empat puluh lima menit.

Selain itu, akan ada waktu istirahat di tengah-tengah permainan yang berdurasi lima belas menit. Selanjutnya, apabila dalam satu durasi penuh permainan belum juga memberikan pemenang, maka akan ada babak tambahan yang berjumlah lima belas menit perbabaknya.

Aturan Terkait Kick Off, Gol, dan Out

Berikutnya adalah pembahasan tentang aturan mencetak poin.

Pertama, ada kick off. Hal ini hanya dapat terjadi pada saat pertandingan dimulai, salah satu tim mencetak gol, permulaan babak kedua, dan yang terakhir adalah saat babak tambahan dimulai.

Lalu, ada gol atau mencetak gol. Pemain dapat mencetak gol apabila bola yang tengah mereka giring sudah melewati garis gawang secara penuh. Dengan kata lain, bola sudah memasuki gawang sepenuhnya.

Yang terakhir adalah out atau bola keluar. Bola tersebut out apabila bola menggelinding ke luar garis batas lapangan. Apabila keluar dari sisi lapangan, maka pemain akan melempar bola ke dalam lapangan. 

Sedangkan, apabila bola keluar di sekitar sisi gawang, maka pemain akan melakukan tendangan sudut atau tendangan gawang.

Jenis Tendangan

Berikutnya, ada tiga jenis tendangan yang wajib Anda ketahui di dalam peraturan permainan sepak bola.

Pertama, ada tendangan penalti. Yakni, tendangan yang pemain lakukan apabila salah satu tim melakukan pelanggaran di area penalti tim lawan. Nantinya, salah satu pemain akan melakukan tendangan sambil berhadapan dengan kiper yang menjaga gawang.

Kedua, ada tendangan sudut. Yakni, tendangan dari area sudut apabila bola keluar dari garis gawang yang mana pelakunya adalah tim pemilik gawang itu sendiri.

Yang terakhir adalah tendangan bebas. Hal ini terjadi apabila salah satu tim mendapat pelanggaran dari kesebelasan tim lainnya. 

Caranya adalah dengan melakukan oper kepada pemain lain dan menendangnya secara langsung ke arah gawang lawan.

Pelanggaran di Permainan Sepak Bola

Selanjutnya, mari kita bahas tentang jenis-jenis pelanggaran yang ada di permainan sepak bola.

Pelanggaran yang secara umum terjadi pada permainan sepak bola adalah apabila ada pemain yang menarik baju pemain lawan, dan perkelahian antar pemain.

Selanjutnya, pelanggaran juga terjadi apabila pemain menghentikan pergerakan lawan secara sengaja (di luar teknik bermain) dan bola menyentuh area tangan pemain (handball).

Tentang Kartu di Dalam Permainan

Nah, peraturan permainan sepak bola yang terakhir tetapi sering orang-orang dengar adalah kartu kuning dan kartu merah. Lalu, apa sebenarnya kartu-kartu ini, ya?

Pertama, ada kartu kuning. Kartu jenis ini akan wasit berikan kepada pemain apabila pemain tersebut melakukan pelanggaran yang cukup keras. 

Dengan kata lain, tujuan kartu kuning ini adalah untuk memberikan peringatan kepada pemain agar tidak mengulangi tindakannya.

Kedua, ada kartu merah. Apabila ada salah satu pemain sepak bola yang tengah bermain dan mendapatkan kartu merah, maka pemain tersebut harus keluar dari permainan. 

Kartu ini hanya dapat wasit berikan kepada pemain apabila pemain itu telah menerima kartu kuning sebanyak dua kali.

Namun, pemain akan menerima kartu merah secara langsung tanpa adanya kartu kuning jika melakukan pelanggaran keras. Seperti, menyakiti pemain lawan secara langsung (kekerasan) dan memulai perkelahian.

Baca juga:Jangan Salah Pilih Sepatu Olahraga. Simak Tipsnya

Demikianlah informasi penting seputar peraturan permainan sepak bola untuk Anda yang ingin menjadi salah satu pemain sepak bola. Atau, untuk Anda yang gemar menonton pertandingan bola. Sehingga, Anda dapat mengerti jalannya pertandingan dengan baik. Semoga artikel ini dapat membantu!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download