Pentingnya Mulai Detoks Keuangan

05 Jan 2018 by Edwin

Beberapa tahun terakhir diakui banyak brand berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya dengan berbagai promo dan perang harga. Akibatnya, tingkat konsumsi pelanggan juga naik dan banyak yang beli produk yang nggak semestinya terbeli.

Hmmm, susah dong kalau pengen punya barang yang kita taksir, tapi uangnya nggak ada?

Makanya, butuh strategi untuk mengatur alur keuangan supaya nggak buang-buang uang untuk hal yang nggak terlalu penting. Kamu bisa kok ngedapetin barang yang Kamu butuh. Caranya? Salah satunya sih detoks keuangan. 

Yuk, kita bahas lebih lanjut soal detoks keuangan ini.

Dari pengertiannya sendiri, detoks keuangan adalah usaha radikal untuk memperbaiki kesalahan cara pengelolaan keuangan di periode yang lalu. Caranya?

  1. Sadari Tingkat Konsumerisme

Sebenernya nggak ada yang salah dengan sering belanja online, belanja midnight sale, atau hangout di coffee shop. Tapi kalo semua itu dilakukan terlalu sering bahkan sampai setiap hari tanpa ada perencanaan, dijamin deh pasti bakal timbul masalah keuangan yang ke depan menyusahkanmu. Kamu nggak mau kan, ngerasain “gaji numpang lewat”?

  1. Kurangi Micro Spending

Snack yang harganya Rp 5.000 sampai Rp 10.000 mungkin keliatannya sepele. Tapi kalo Kamu nggak bisa mengontrol hasrat ingin jajan berlebihan, dijamin deh pasti kondisi keuanganmu akan banyak bocor halus.

Makanya, daripada terus-terusan begitu dan danamu makin menipis, coba deh mulai detoks keuangan. Nggak perlu dektoks extrem. Perlahan-lahan saja. Kamu bisa coba dengan menyisihkan budget khusus untuk jajan dengan bantuan aplikasi keuangan atau mulai menggunakan e-wallet.

  1. Perbaiki Mindset

Selain mengurangi dan menjaga pengeluaran untuk mencegah bengkaknya anggaran, detoks keuangan bisa dilakukan dengan mulai bergaya hidup minimalis, ber-mindset recycle, dan mengurangi isi lemari dengan menjual barang-barang yang nggak terpakai. Kamu bisa menjualnya dengan sistem garage sale. Jual ke teman-teman kamu ataupun dengan bantuan internet.

Nggak cuma hemat, Kamu juga bakal dapet uang tambahan. Isn’t it fun?

  1. Miliki Tujuan Keuangan yang Jelas

Punya tujuan keuangan baik jangka pendek maupun panjang itu penting banget. Karena, Kamu butuh tolak ukur dalam mencapai kesuksesan finansial. Maka dari itu buatlah tujuan keuangan yang jelas dan kategorikan beberapa hal yang menurutmu penting. Biaya untuk pendidikan, budget liburan, biaya cicilan, bahkan sampai biaya tak terduga.

Supaya pengeluaranmu lebih terkendali, Kamu juga harus terbiasa untuk menabung dan berinvestasi. Pokoknya, semua itu harus dipikirkan matang-matang, jangan cuma jadi asumsi aja.

Semoga dengan detoks keuangan maka masalah keuanganmu dapat teratasi satu per satu kedepannya, ya. Enjoy your new year!

 

mobile-closeKredit PintarDownload