Pentingnya Firewall untuk Perlindungan Komputer dan Data

11 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 15 Nov 2021

Teknologi berkembang sangat pesat, seiring dengan perkembangan tersebut ada dampak yang perlu di antisipasi adalah keamanan perangkat komputer maupun data yang tersimpan dalam perangkat. Pada tahap awal perkembangan software ganguan data hanya berupa virus yang dapat dibersihkan dengan anti-virus dan saat ini peretasan data berkembang dengan pesat dengan cara -cara yang semakin canggih yang kadang sulit untuk dideteksi. Untuk melindungi perangkat komputer dan data dari akses pihak yang tidak bertanggung jawab saat ini bisa menggunakan teknologi firewall. 

Definisi firewall

Firewall adalah sistem keamanan jaringan komputer yang melindungi perangkat dari virus, malware, spam, link dan jenis serangan yang tidak dikenal. Firewall adalah perangkat lunak yang bisa mencegah akses data yang dianggap ilegal atau tidak sah dari jaringan.

Perkembangan teknologi diikuti dengan perkembangan peretasan keamanan yang menyebabkan kerugian baik kerusakan data, kerugian materi, maupun kerugian lainnya yang berdampak negatif terhadap pengguna teknologi. Pentingnya firewall sebagai salah satu solusi efektif untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut. 

Tugas utama dari pentingnya firewall sendiri adalah untuk melakukan monitoring terhadap semua akses yang masuk dan keluar terhadap jaringan internet berdasarkan aturan keamanan yang telah di tetapkan. Selain itu firewall juga mempunyai manfaat yang sangat penting dalam menjaga keamanan lalu lintas pada jaringan internet yang terhubung dengan perangkat komputer.

sistem komputer diretas peringatan - firewall potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pentingnya Firewall

Ketika ada sebuah koneksi ilegal atau lalu lintas yang mencurigakan masuk ke dalam perangkat jaringan komputer, maka masalah tersebut akan semakin menjadi rumit dan pelik karena biasanya menyebar kemana-mana. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut maka penting sekali untuk mengaktifkan perlindungan dengan menggunakan firewall untuk membantu menghindari praktek pencurian data ataupun kebocoran rahasia perusahaan.

Firewall adalah sistem keamanan dengan kemampuan untuk mengaktifkan layanan yang terhubung setiap saat sehingga otomatis beroperasi saat dibutuhkan dan terjadi akses yang tidak dikenal masuk. 

Fungsi dari Firewall

Banyak keunggulan dan manfaat dari firewall dalam melindungi sistem keamanan komputer diantaranya sebagai berikut :  

1. Melindungi Data dari Serangan Hacker

Bagi anda yang sering mengakses internet dan tidak mengontrol aktivitas lalu lintas maka akan semakin besar peluangnya terkena peretasan data yang dilakukan oleh hacker. Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan maka sangat penting untuk mengaktifkan firewall sebagai perlindungan untuk menjaga keamanan dalam mengakses internet dari berbagai situs. 

2. Mampu Memblok Konten yang tidak Diinginkan

Fitur dari firewall dapat digunakan untuk memblokir atau mencegah konten website dari alamat spesifik pada perangkat komputer yang tidak aktif, dan juga dapat mengatur alamat URL apa saja yang tidak boleh di akses oleh perangkat komputer.

3. Untuk Monitoring Bandwidth

Pentingnya firewall berfungsi untuk membatasi dan memonitor layanan bandwidth yang bisa digunakan  untuk menetapkan batasan setiap konten berupa gambar, video, musik, atau hiburan lain. Kita juga dapat menentukan sendiri konten yang cocok dengan minat dan keinginan anda, misalnya konten di bidang bisnis dan IT.

4. Dapat Mengakses Layanan VPN

Pentingnya firewall memberikan fasilitas fitur VPN (Virtual Private Network) yang bermanfaat untu dapat mengakses berbagai akses konten atau website yang diblokir oleh pihak provider web. Akses layanan tersebut dapat mengoptimalkan kinerja komputer dan memberikan keamanan pada data dari pengguna sehingga proses kerja menjadi maksimal dan nyaman.

Jenis – Jenis Firewall

Firewall terdiri dari empat jenis diantaranya : 

  1. Next Generation Firewall

Jenis pertama ini adalah firewall terbaru yang terbagi dalam tiga fitur utama yaitu : (1) pengecekan data paket, (2) evaluasi sumber paket, (3) penentuan nilai identitas paket. Secara bentuk dari firewall ini terdiri dari hardware, software, dan cloud. 

2. Packet Filtering Firewall

Jenis  kedua adalah packet filtering firewall, jenis ini merupakan tipe yang ada lebih dulu dari tipe lainnyam proses kerjanya dengan memeriksa paket sistem serta memvalidasi alamat IP, nomor port, tipe, dan kebutuhan lainnya sehingga akan membuat proses operasi komputer menjadi ringan dan performa kerja dari sistem komputer menjadi lebih baik.

3. Proxy Firewall

Proxy firewall atau application-level gateway ini bekerja dengan cara memproses nilai sumber paket beserta isinya. Dengan menggunakan proxy firewall akan membuat kinerja sistem juga menjadi lebih optimal.

4. Stateful Inspection Firewall

Stateful inspection firewall fungsi utamanya untuk mengecek packet source dan membuka isi dari paket tersebut. Pada jenis ini dapat meningkatkan keamanan secara otomatis namun akan mengurangi kinerja komputer karena sebagian fasilitas digunakan untuk proses otomatisasi keamanan.

Manfaat yang Dimiliki Firewall

  1. Melindungi Komputer dari akses tidak dikenal 

Firewall melindungi dan mencegah dari akses ilegal yang dilakukan oleh Hacker seperti kursor dari mouse yang dikendalikan dari jauh, layar monitor yang beroperasi sendiri, dan pengendalian jarak jauh lainnya. Tentu saja hal tersebut dapat terjadi dengan tujuan untuk praktikum peretasan informasi atau data pribadi. Firewall dapat mengantisipasi dengan menerapkan konfigurasi OS dan menonaktifkan akses desktop dari pihak tidak dikenal. 

2. Melindungi  Aplikasi Game Online

Bagi penyuka game online dari berbagai negara dan lintas jaringan yang sangat luas maka resiko terjadinya gangguan dan masuknya virus dan malware akan sangat besar dan mengganggu. Dengan adanya firewall akan mencegah terjadinya masuknya virus dan akses tidak dikenal dengan mudah dan bisa memblokirnya dengan cepat.

3.  Memblokir Pesan yang Tertaut

Saat ini banyak sekali tautan yang dikirim melalui email, Whatsapp dan juga aplikasi lain yang kita tidak tahu isi pesannya sebelum mengklik linknya, dan hal ini sangat berisiko untuk masuknya virus dan malware yang akan merusak perangkat komputer, bahkan berakibat fatal hilangnya data – data atau bocornya data. Dengan Firewall maka kejadian tersebut dapat dicegah dan tidak melebar kemana – mana dengan membersihkan link yang masuk berupa virus maupun malware.

Cara Kerja Firewall dalam melindungi Perangkat Komputer

Di dalam firewall menggunakan tiga metode untuk dapat mengontrol lalu lintas data yang masuk dan keluar dari jaringan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Penyaringan  Paket

Metode ini menggunakan potongan data kecil yang dianalisisi terhadap satu set data filter yang kemudian dikirim ke sistem yang di minta dan untuk paket yang lain yang tidak sesuai akan di buang.

2. Proxy Service

Metode proxy service adalah metode pengambilan data oleh firewall uang kemudian dikirim ke sistem dan kemudian akan di sesuaikan dengan layanan proxy yang sudah di pasang di komputer.

3. Inspeksi Stateful

Metode Inspeksi stateful merupakan metode baru yang membandingkan sistem yang tidak dikenal dengan sistem basis dengan menentukan karakteristik secara spesifik terkait karakteristik dari sistem dasar yang menghasilkan kecocokan yang masuk akal. 

Firewall memiliki manfaat yang sangat besar dalam memberikan perlindungan bagi perangkat komputer di tengah – tengah maraknya peretasan data dan informasi dari pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Untuk memberikan perlindungan pada perangkat komputer dan data anda, Kredit Pintar menyediakan dana untuk pembelian segala kebutuhan perangkat komputer dengan muda dan proses cepat tanpa ribet serta keamanan data terjamin, melindungi data dan perangkat komputer Anda

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download