Kenali Pentingnya Branding, Inilah 5 Tips Untuk Mahir

14 Sep 2021 by Laruan

Membangun bisnis di era globalisasi membuat kita perlu memperhatikan beberapa hal. Salah satunya yaitu branding, elemen terpenting dalam bisnis yang dapat membantu perusahaan unggul di tengah persaingan yang semakin ketat. Coba lihat bisnis atau perusahaan dari luar negeri yang saat ini memiliki pengaruh besar di pasar Indonesia, sebut saja Adidas, Nike, Reebok, Converse, dan lain sebagainya.

Sebagai pelaku usaha, Sobat Pintar harus mampu membangun brand (merek) dari bisnis yang dijalankan. Sebuah brand yang kuat mudah dikenali pelanggan, hal ini membuat kompetitor lain tidak dapat mempengaruhi brand Sobat Pintar. Jadi, hal tersebut itu penting untuk dilakukan, dan merupakan faktor yang dapat memastikan penjualan sukses di pasar.  

Kenali Pentingnya Branding, Inilah 5 Tips Untuk Mahir

Baca terus informasi berikut ini untuk mengetahui apa itu branding dan manfaatnya dalam bisnis.

Pengertian Branding

Branding kata dasarnya brand, merupakan pemberian identitas terhadap suatu produk atau jasa di pasar dengan tujuan memberikan perspektif, memperkuat, dan menjadi sebuah kegiatan komunikasi dengan konsumen untuk mempertahankan sebuah merek. Dulunya, istilah brand digunakan sebagai tanda milik terhadap budak dan hewan-hewan ternak oleh orang-orang Inggris pada abad ke-19. Brand sendiri dapat diartikan sebagai identitas diri yang membedakan produk atau jasa dari suatu perusahaan di pasar.

Menurut Kotler (2009), istilah Identitas Produk digunakan sebagai simbol, tanda, rancangan, nama maupun kombinasi dari semuanya untuk mengidentifikasi suatu produk atau layanan atau perusahaan yang menjadi pembeda dari produk atau layanan kompetitor. Jadi, segala hal yang berkaitan dengan sebuah brand, mulai dari nama dagang, citra, persepsi, kesan, karakter, kredibilitas, ciri visual, logo, dan anggapan yang ada di benak pelanggan perusahaan tersebut bisa disebut dengan Identitas Produk.

Definisi Identitas Produk lambat laun mulai berkembang dan sekarang dapat diartikan sebagai kegiatan komunikasi dengan konsumen yang dilakukan dalam rangka membangun dan membesarkan sebuah merek dari perusahaan. Hal ini juga menyangkut citra perusahaan secara keseluruhan yang diketahui oleh masyarakat luas.  

4 Unsur Penting Dalam Branding

Ada berbagai macam hal yang dapat merepresentasikan sebuah merek. Ketika Sobat Pintar hendak membangun dan membesarkan brand, pastikan untuk tidak melupakan 4 unsur berikut ini.

1.       Visi dan misi, yaitu fondasi utama dari brand Sobat Pintar. Bisa diartikan sebagai tujuan jangka panjang yang ingin dicapai sebuah merek, dengan menemukan solusi untuk mencapainya.  

2.       Logo merupakan wajah dari sebuah brand yang dapat membekas dalam pikiran target pasar. Untuk membuatnya, Sobat Pintar perlu memilih bentuk, warna, dan gaya tulisan yang tepat. Buatlah logi yang unik dan memiliki image sesuai brand.

3.       Tagline atau jargon, tutur kata yang dapat melambangkan citra merek Sobat Pintar. Jadi selain logo, calon pelanggan akan lebih mudah mengenali merek melalui unsur ini.

4.       Website, situs resmi merek dagang yang harus dimiliki setiap bisnis ketika bersaing di era digital.

Macam-macam Branding yang Perlu Diketahui

Bagi perusahaan, Identitas Produk yaitu bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan bisnis. Ada banyak jenisnya yang dapat Sobat Pintar terapkan dalam bisnis supaya merek dagang lebih dikenal masyarakat luas. Apa saja?

1. Produk 

Jenis ini paling umum digunakan dalam strategi bisnis karena memiliki tujuan untuk memperkenalkan produk baru ke khalayak sehingga mendorong penjualan. Jadi, pelanggan akan lebih memilih produk milik Sobat Pintar ketimbang merek kompetitor.

2. Corporate

Bertujuan mendapatkan reputasi di pasar, baik itu jasa, produk, dan semua aspek lainnya yang menggambarkan citra perusahaan di mata masyarakat.

3. Personal

Jenis ini menekankan pada penilaian atau pandangan masyarakat umum terhadap suatu tokoh atau publik figur. Biasanya digunakan oleh politisi, artis, musisi, influencer, dan lainnya sebagai strategi pemasaran.

4. Co-Branding

Selanjutnya yaitu jenis Identitas Produk yang dilakukan perusahaan dengan cara bekerjasama dengan merek lain. Tujuannya yaitu memperluas konsumen yang menjadi target pasar.

5. Geographical Branding

Kegiatan yang dilakukan pebisnis untuk mengenalkan jasa atau produk melalui nama lokasi atau wilayah. Upaya ini juga bisa digunakan untuk menunjukkan keunggulan dan keindahan dari sebuah merek yang ada di lokasi tersebut. Jenis ini biasanya diterapkan oleh perusahaan atau organisasi yang bergerak di bidang pariwisata.

Manfaat Branding Bagi Bisnis

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran Sobat Pintar ketika menjawab soal tentang produk deterjen? Mungkin Sobat Pintar seperti kebanyakan orang Indonesia lainnya akan langsung menyebut merek Rinso. Bahkan merek Rinso sudah menjadi pengganti nama detergen, meskipun sebenarnya produk yang mereka gunakan berasal dari merek lain.  

Penasaran tidak, kenapa banyak yang beranggapan demikian? Ini karena dalam industri tersebut, merek Rinso adalah yang terkuat dan sudah familiar dengan masyarakat luas. Perusahan ini telah berhasil membangun citra positif sebagai merek terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Nah, inilah yang dinamakan dengan manfaat Identitas Produk, yaitu membuat pelanggan merasa familiar dan lebih dekat dengan merek tersebut.   

Supaya lebih paham, berikut kami jelaskan kegunaan atau manfaat dari kegiatan memperkuat merek.

  1. Memberikan posisi yang kuat dalam industri untuk kurun waktu yang lama sehingga bisnis Sobat Pintar tidak akan terpengaruh meskipun banyak kompetitor bermunculan.
  2. Lebih mudah dikenal  masyarakat luas dan menjadi pembeda dari merek lainnya.
  3. Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap merek dan menciptakan customer loyalty dengan cara menjaga kualitas dan citra merek bisnis.
  4. Mendukung pemasaran dan memberi kepuasan terhadap konsumen sehingga mereka akan merekomendasikannya ke orang lain.

Tips Sukses dalam Memperkuat Merek Bisnis

Setelah mengetahui pengertian, jenis-jenis dan kegunaannya, mungkin Sobat Pintar akan bertanya-tanya apa saja hal yang harus dilakukan untuk memperkuat merek bisnis. Bagaimana cara membangun brand yang tepat supaya merk Sobat Pintar dapat berada di posisi teratas? Berikut ini tips yang dapat dilakukan.

1.      Menyebutkan Visi dan Misi Brand

Salah satu bentuk memperkuat brand adalah dengan menjanjikan produk atau jasa yang dapat menjadi solusi. Sobat Pintar harus dapat membuktikan produk yang dimiliki dapat memecahkan masalah yang dihadapi pelanggan. Pada tahap inilah image perusahaan akan terbentuk. Temukan hal-hal yang menunjukkan keunikan merek Sobat Pintar yang tidak dimiliki pesaing.

2.      Menjaga Konsistensi Brand

Tips selanjutnya yaitu menjaga konsistensi brand, mulai dari aspek logo, desain, ide, warna, dan gaya bahasa. Fungsi kegiatan ini untuk membuat bisnis lebih mudah diingat masyarakat. Jadi, selain kualitas produk, Sobat Pintar juga perlu menjaga konsistensi yang diterapkan dalam media marketing. Sehingga pelanggan tidak akan kebingungan membedakan Sobat Pintar dengan kompetitor lain.

3.      Membuat Situs Resmi

Salah satu cara jitu bersaing di era serba digital yaitu dengan memiliki website. Keberadaan website sangat penting karena kebanyakan pembeli saat ini akan mencari jasa atau produk yang mereka inginkan di internet.

4.      Membangun Kedekatan dengan Pelanggan

Fungsi membangun kedekatan antar konsumen dapat meningkatkan citra positif suatu bisnis. Untuk cara penerapannya bisa berbeda-beda, namun yang paling banyak digunakan perusahaan adalah berkomunikasi lewat komunitas pengguna.

5.      Memberikan Apresiasi

Agar loyalitas pelanggan tidak pudar, Sobat Pintar dapat memberikan apresiasi sebagai bentuk terima kasih kepada mereka yang sudah menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan. Bisa berupa hadiah voucher belanja, kupon diskon, atau hadiah fisik lainnya.Nah itulah pengertian Identitas Produk, jenis, manfaat, serta cara menerapkannya. Semoga setelah mempelajari informasi di atas Sobat Pintar dapat mencapai tujuan bisnis yang diharapkan. Kredit Pintar siap jadi solusi untuk kembangkan bisnismu. Dapatkan pinjaman tunai cepat cair dengan proses aman, karena Kredit Pintar telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload