Pengertian Tapera, Iuran, Syarat Dan Manfaatnya

13 Sep 2021 by Laruan

Bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk mempunyai tempat tinggal yang layak menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Harga tanah yang semakin naik dan biaya pembangunan yang lumayan mahal menjadi hambatan utama. Tapi sekarang pemerintah memberikan solusi bagi siapapun yang ingin memiliki rumah melalui program Tapera, Dengan bantuan iuran yang mudah

Apa Itu Tapera?

Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) adalah program baru diciptakan oleh pemerintah dengan harapan membantu masyarakat Indonesia khususnya para MBR dapat memiliki atau membeli rumah dengan harga yang terjangkau. Maka program ini memberi kesempatan kepada siapapun untuk bisa memiliki rumah yang layak dan murah.

Dikutip dari situs tapera.go.id Tapera memiliki visi yang berbunyi

“Terwujudnya kepemilikan rumah yang layak dan terjangkau bagi Peserta MBR melalui pembiayaan dana murah berkelanjutan berlandaskan gotong-royong.”

Sistem tapera hampir sama seperti iuran asuransi BPJS atau dana kolektif yang berfokus pada properti. Bagi peserta yang mendaftar pada program ini harus mengeluarkan iuran yang nantinya akan dikelola Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP-Tapera).

Mengenal Pengertian Tapera, Syarat Dan Manfaatnya

Manfaat Yang Diberikan Tapera

Solusi Memiliki Rumah Dengan Biaya Yang Terjangkau

Peserta Tapera terutama Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) akan diberi bantuan dana untuk membeli atau membangun rumah oleh Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Dana bantuan yang akan diberikan kepada peserta sekitar Rp. 30 juta. Dengan demikian bagi siapa saja yang kesusahan memiliki rumah karena biaya, menjadi peserta Tapera bisa menjadi solusinya.

Mendapat Dana Bantuan Untuk Renovasi Rumah

Bagi yang sudah memiliki rumah, juga tetap akan merasakan manfaat dari Tapera. Yaitu pemberian dana bantuan renovasi rumah sebesar Rp. 15 juta per rumah. Namun peserta Tapera hanya bisa memakai layanan ini sekali saja, maka penggunaannya harus benar-benar bijaksana. Jangan sampai dana bantuan itu habis hanya untuk hura-hura tak ada manfaatnya.

Menghapus Kesenjangan Sosial

Dengan adanya program Tapera dari pemerintah diharapkan bisa mengangkat para MBR untuk dapat memiliki rumah hunian sendiri yang layak. Sebab selama ini masyarakat bawah tidak memiliki tempat tinggal pribadi, mereka harus menyewa. Kini hadirnya Tapera dan program-program lain dari pemerintah seperti Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dengan bunga rendah bisa dipercaya dapat menyelesaikan persoalan kesenjangan sosial ini.

Syarat Menjadi Peserta Tapera

Pemerintah mengeluarkan peraturan baru pekerja yang wajib ikut serta program Tapera antara lain:

  • Calon PNS dan Pegawai PNS yang sudah resmi.
  • Prajurit dan siswa Tentara Nasional Indonesia (TNI)
  • Polisi Republik Indonesia (Polri)
  • Pejabat negara,
  • Pekerja atau buruh BUMN (Badan Usaha Milik Negara), BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) dan BUMD (Badan Usaha Milik Desa)
  • Buruh pabrik 
  • Warga negara asing yang memiliki visa kerja di Indonesia minimal 6 bulan dan telah membayar simpanan.
  • Warga negara Indonesia yang bekerja secara mandiri tidak bergantung kepada orang lain untuk mendapat penghasilan.

Syarat Mendaftar Program Tapera

Perusahaan atau pemberi kerja wajib mendaftarkan pekerjanya untuk ikut serta program Tapera kepada Badan Pengelola Tapera (BP-Tapera). Sedangkan pekerja mandiri yang sudah memenusi syarat juga harus mendaftar sendiri ke BP Tapera.

Untuk mendaftar sebagai peserta Tapera ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu:

  • Minimal usia 20 tahun
  • Sudah menikah
  • Telah menjadi peserta paling singkat 12 bulan atau satu tahun.
  • Penghasilan maksimum Rp. 8 Juta per bulan atau termasuk kategori MBR.
  • Belum punya rumah
  • Bantuan dana Taperan digunakan untuk: Membeli, Membangun atau memperbaiki rumah.
  • Data yang dibutuhkan nama dan nomor identitas.
  • Mengisi formulir kepesertaan dengan lengkap dan benar.
  • Bisa memilih prinsip pengelolaan Tapera konvensional atau Syariah
  • BP Tapera akan memberikan nomor identitas kepada peserta sebagai bukti keanggotaan, simpanan, pencatatan administrasi dan akses informasi Tapera.

Tahapan Penerapan Tapera

Rencananya, pemerintah akan menerapkan program Tapera pada 2021 dibagi menjadi tiga tahap, yaitu:

Pemerintah merencanakan penerapan program Tapera di tahun 2021 ada tiga tahapan, yaitu:

  • Tahap Pertama: PNS, Polisi dan tentara
  • Tahap Kedua: Pegawai BUMN
  • Tahap Ketiga: Peserta Mandiri dan Swasta

Ketentuan Gugur Jadi Peserta

Program tabungan rumah ini tidak berjalan seterusnya, melainkan peserta juga bisa dianggap gugur. Berikut ketentuan peserta yang dinyatakan status keanggotaannya berakhir, antara lain:

Program Tabungan Perumahan Rakyat ini tidak berjalan seterusnya. Peserta bisa dinyatakan gugur, dan keanggotaan berakhir apabila memenuhi ketentuan berikut ini:

  • Sudah pensiun dari pekerjaan.
  • Pekerja mandiri sudah mencapai umur 58 tahun.
  • Meninggal dunia.
  • Tidak memenuhi lagi kriteria peserta Tapera
  • Sudah menjadi anggota Tapera selama 5 tahun berturut-turut.

Bagi peserta yang dinyatakan gugur dari keanggotaan Tapera, berhak mendapat pengembalian dana simpanan dan hasil penumpukannya.

Cara Daftar Peserta Tapera Secara Online

Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) adalah Tabungan Peserta dalam jangka waktu tertentu yang hanya dapat dimanfaatkan untuk pembiayaan perumahan atau dikembalikan hasil pemupukannya setelah masa keanggotaan berakhir.

Sekarang kamu bisa mendaftar sebagai peserta Tapera secara online, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka https://sitara.tapera.go.id/ pada browser anda. sitara.tapera/go.id merupakan website Badan Pengelola Tapera.
  • klik Registrasi Akses anda disini Selanjutnya muncul form Registrasi silahkan isi data sesuai dengan lengkap dan benar, kemudian klik Kirim
  • Kode verifikasi akan dikirim via email yang didaftarkan, jika sudah masuk kode ke email silakan masukkan kodenya untuk melanjutkan proses registrasi.
  • Selanjutnya pihak Tapera akan mengirimkan keberhasilan registrasi kamu melalui email.
  • Tahap berikutnya kamu harus membaca persyaratan dan kebijakan yang berlaku di program Tapera. Jika sudah faham dan menerima persyaratan yang ditawarkan beri tanda cek list. lalu klik SETUJU
  • Akan muncul form update data diri, sekarang kamu isi data selengkap-lengkapnya.
  • Setelah semua data sudah terisi dan dicek kebenarannya baru klik simpan.

Berapa Iuran Tapera

Pelaksanaan Tapera mengacu pada Undang-Undang No 5 Tahun 2016 dan Peraturan Pemerintah No 25 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo. Pembentukan Tapera untuk mengelola tabungan perumahan bagi seluruh rakyat Indonesia mulai dari PNS, TNI/Polri, pekerja swasta hingga pekerja mandiri.

Sebagai informasi, Iuran Tapera dipungut sebesar 3 persen dari total gaji, dengan rincian 0,5 persen ditanggung oleh pemberi kerja dan 2,5 persen ditanggung oleh pekerja yang dipotong dari gaji. Khusus untuk peserta mandiri, iuran dibayarkan sendiri.

Kabarnya peserta Tapera akan dipungut iuran sebesar 3% dari total gaji yang didapat. Tenang 3% itu tidak semuanya ditanggung oleh peserta melainkan dibagi menjadi 2 bagian. 0,5% ditanggung oleh perusahaan atau pemberi kerja dan 2,5% ditanggung mandiri dari potongan gaji.

Cara Mengecek Saldo Tapera

Kabar gembira untuk pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang aktif saat ini sudah bisa mengecek saldo Taperanya secara online. Caranya cukup mudah dan cepat, silakan kunjungi laman https://sitara.tapera.go.id/peserta/login.

Kemudian silakan login dengan NIK dan sandi yang dibuat ketika registrasi awal. Setelah masuk kamu sudah bisa langsung cek saldo tabungan Tapera kamu, cukup mudah bukan.

Bagaimana sobat PT. Kredit Pintar berminat menjadi peserta Tapera, lumayan lo bisa membantu meringankan biaya kepemilikan rumah. Yuk segera daftar ke https://sitara.tapera.go.id/Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload