Payment Gateway Indonesia, Solusi Pembayaran Efisien

25 Apr 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Pembayaran menjadi salah satu hal penting yang harus pebisnis online pikirkan saat konsumen melakukan transaksi. Memasang aplikasi payment gateway Indonesia menjadi salah satu alternatif solusi.

Payment Gateway Indonesia, Solusi Pembayaran Efisien

Layanan payment gateway terbaik akan membantu memudahkan proses pembayaran secara lebih mudah dan efektif. Tentunya hal ini akan berimbas pada keberhasilan transaksi produk Anda.

Bayangkan saja, saat membeli sesuatu di toko online dan menemui kesulitan dalam proses pembayaran, tentu akan membuat konsumen malas bukan? Jangan sampai calon konsumen batal transaksi karena proses pembayaran yang menyulitkan.

Bisa-bisa mereka menemukan produk serupa di toko lain dengan pelayanan yang memuaskan dan akhirnya tidak jadi membeli produk Anda.

Baca juga: Apa Itu Paylater

Apa Itu Payment Gateway Indonesia?

Payment gateway merupakan layanan pembayaran yang akan memudahkan para konsumen dan penjual dalam melakukan transaksi online. Selain itu juga bekerja untuk memastikan proses pembayaran bisa berjalan dengan baik.

Proses pembayaran bisa dilakukan dengan berbagai metode, misalnya melalui transfer bank, e-wallet, kartu kredit, debit, hingga mini market. Lantas bagaimana keamanan saat menggunakan payment gateway?

Tidak perlu khawatir, sejauh ini standar keamanan untuk payment gateway Indonesia cukup ketat. Meskipun dalam prosesnya sistem dapat melihat informasi penting dari customer, bank, maupun toko online.

Secara lebih detail, standar keamanan yang harus ada di dalam payment gateway adalah sebagai berikut.

  1. Address verification system yang merupakan rincian tagihan customer. Nantinya bisa diperiksan dan menyesuaikannya dengan alamat kartu secara resmi, sehingga tidak akan salah dalam menagih;
  2. Card security code yang akan melakukan pengamanan dengan menggunakan kode kartu. Setiap transaksi hanya bisa diproses jika mempunyai 3 digit terakhir pada nomor kartu debit;
  3. 3D secure password akan selalu melakukan penagihan password saat melakukan transaksi online untuk keamanan.

Cara Kerja Payment Gateway dalam Membantu Bisnis Online

Proses pembayaran merupakan suatu hal yang cukup vital dalam hal jual beli. Menggunakan payment gateway Indonesia akan memudahkan proses tersebut menjadi lebih efektif dan tentunya juga aman.

Meski demikian, nyatanya cara kerja payment gateway cukup sederhana seperti berikut ini.

  1. Konsumen melakukan transaksi di toko online dan mulai memilih produk sampai dengan menentukan metode pembayaran yang diinginkan ketika melakukan checkout nantinya;
  2. Selanjutnya pihak toko online akan melakukan pengiriman data pembelian konsumen kepada penyedia payment gateway. Setelah proses pembayaran dilakukan oleh konsumen, maka transaksi akan lanjut ke bank terkait;
  3. Bank atau lembaga keuangan memproses transaksi yang dilakukan oleh konsumen. Jika data salah, maka transaksi akan ditolak dan sebaliknya;
  4. Pihak payment gateway mengirimkan pesan ke toko online terkait berhasil atau tidaknya proses transaksi;
  5. Lembaga keuangan menerima pembayaran dari transaksi konsumen dan meneruskan ke toko online.

Begitulah gambaran singkat alur kerja dari payment gateway. Para pebisnis online bisa mulai menerapkan aplikasi payment gateway terbaik untuk membantu sistem administrasi semakin praktis dan modern.

Payment Gateway Indonesia, Solusi Pembayaran Efisien

Baca juga: Cara Topup Link Aja dari BRI, Mudah Banget!

Manfaat Payment Gateway untuk Bisnis

Aplikasi payment gateway Indonesia memberikan banyak manfaat untuk bisnis online. Perbandingan toko online yang memakai layanan payment gateway dan tidak akan semakin terlihat pada perkembangan performa bisnis. Kenapa demikian? Lebih jelasnya mari simak ulasan berikut ini.

1. Satu Toko Online Punya Banyak Metode Pembayaran

Menggunakan payment gateway akan membantu untuk menyediakan banyak alternatif pilihan bagi para konsumen. Mereka tentunya akan dimudahkan ketika berbelanja di toko online Anda.

Proses pembayaran yang hanya menggunakan satu metode saja, tentu bisa membuat pelanggan terbebani. Pasalnya tidak semua konsumen memiliki layanan metode transaksi tersebut.

2. Proses Instalasi Mudah

Mungkin terlihat rumit, padahal proses instalasi pemasangan payment gateway di website toko online Anda lebih mudah. Apalagi memakai WordPress yang memiliki banyak plugin dan memudahkan.

3. Transaksi Semakin Cepat

Apabila toko online menggunakan aplikasi payment gateway, maka secara otomatis akan membantu proses transaksi berjalan menjadi semakin cepat. Tentunya perbandingannya akan terasa saat tidak menggunakan layanan tersebut.

Konsumen harus melakukan pengiriman bukti transfer dan pihak penjual juga perlu melakukan konfirmasi secara manual. Tentu hal ini akan membantu kerepotan terutama bagi toko online yang sudah berjalan lancar.

4. Keamanan Bagus

Berbekal sistem yang canggih, aplikasi payment gateway akan membantu memberikan keamanan pada transaksi bisnis. Baik untuk para konsumen maupun para penjual.

5. Menjangkau Lebih Luas

Menggunakan layanan payment gateway bisa membantu menjangkau konsumen secara lebih luas. Pasalnya metode pembayaran lebih bervariasi dan memudahkan banyak konsumen untuk melakukan proses transaksi.

6. Proses Transaksi Tidak Terbatas

Proses transaksi yang sistem payment gateway sediakan jumlahnya tidak terbatas. Jadi, apabila toko online memiliki banyak pelanggan maka transaksi online tetap bisa dilakukan dengan baik.

Selain itu sistem pada payment gateway memiliki pengelolaan proses transaksi yang cukup akurat dan baik.

Baca juga: 9 Cara Mematikan Windows Update

5 Top List Payment Gateway Indonesia

Ada banyak sekali contoh aplikasi payment gateway terbaik yang bisa Anda gunakan untuk membantu bisnis online berkembang lebih baik. Namun pada ulasan berikut kami merekomendasikan 5 top list aplikasi payment gateway, berikut ulasannya.

1. Winpay

Merupakan aplikasi payment gateway yang sudah berdiri sejak tahun 2015 lalu. Saat ini sudah ada ribuan orang yang memakai layanan Winpay. Seperti PT KAI dalam layanan pembelian tiketKAI.com.

Cocok untuk beragam pilihan platform ecommerce seperti Magento, Opencart, Prestashop, dan juga Woocommerce. Untuk biaya transfer lewat bank akan dikenakan fee administrasi sebesar Rp4.000 untuk setiap transaksinya.

2. Finpay

Layanan kedua adalah Finpay yang juga merupakan anak dari perusahaan PT Telkom Indonesia. Finpay juga bermitra dengan perusahaan besar seperti Blibli dan Garuda Indonesia sejak tahun 2006.

Apabila menggunakan Finpay dan melakukan pembayaran lewat transfer bank, pengguna akan membayar fee sebesar Rp4.500 per transaksi.

3. iPaymu

Layanan iPaymu menawarkan berbagai keunggulan untuk para pengguna. Misalnya bisa terintegrasi tanpa koding, sistem keamanan yang bagus tanpa biaya tambahan, user friendly, tidak menyediakan layanan host to host dengan bank.

Menariknya iPaymu juga menyediakan layanan Cash on Delivery (COD) yang terintegrasi dengan WhatsApp. Untuk biaya transfer bank sebesar Rp3.500 per transaksi dan 0,7% bagi pengguna e-wallet.

4. DOKU

Penyedia layanan aplikasi payment gateway Indonesia selanjutnya adalah DOKU. Merupakan aplikasi yang cukup populer dengan 150 ribu mitra usaha dan lebih dari 3 juta pengguna yang memakainya. Untuk biaya transfer lewat bank hanya dikenai fee sebesar Rp2.500 per transaksi.

5. Midtrans

Merupakan payment gateway yang asalnya dari negara Jepang dan saat ini menjadi bagian dari perusahaan Gojek. Penggunanya terus berkembang sampai saat ini. Bahkan Midtrans juga sudah melebarkan sayapnya melalui kerjasama dengan perusahaan besar.

Seperti TaniHub, KitaBisa, dan juga Tokopedia. Biaya transfer melalui bank sebesar Rp4.000 per transaksi. Sedangkan lewat e-wallet akan dikenai fee sebesar 2%.

Nah, itulah sederet informasi terkait dengan layanan payment gateway Indonesia yang bermanfaat untuk bisnis online. Payment gateway akan membantu proses transaksi menjadi lebih mudah, efektif, dan aman.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download