OVO Paylater, Salah Satu Pioneer “Beli Sekarang, Bayar Nanti”

OVO Paylater, Salah Satu Pioneer “Beli Sekarang, Bayar Nanti”

14 May 2021 by kreditpintar
ovo paylater

Maraknya e-commerce mengakibatkan pergeseran konsumen jangka panjang dari perbelanjaan tradisional atau offline ke pembelanjaan secara online melalui e-commerce. Pergeseran ini dilakukan oleh konsumen dalam berbelanja karena online shopping memberikan kenyamanan dan kepraktisan yang tidak mereka dapatkan saat belanja di retail. Salah satu kenyamanan yang tidak didapatkan di retail adalah kehadiran ovo paylater atau layanan paylater lainnya di online marketplace. 

Seperti yang kita ketahui semenjak pandemi global menjadi parah, banyak ritel yang tutup karena tak banyak konsumen yang berbelanja di toko mereka. Salah satu alasan kenapa ritel makin sepi adalah para konsumen takut dengan kerumunan atau takut pergi keluar rumah karena coronavirus.  Itulah mengapa trend e-commerce menjadi naik sejak pandemi dimulai. Walaupun masih banyak yang berbelanja offline namun, kita tidak bisa memungkiri bahwa sekarang adalah masanya belanja online.

Mereka telah menerapkan social distancing yang lebih efektif karena mereka tidak perlu pergi ke toko mengantri atau membuat kerumunan saat berbelanja. Di online marketplace juga memberikan penawaran yang legit mulai dari diskon gratis ongkir sampai dengan layanan Beli Sekarang Bayar Nanti seperti OVO dengan layanan belanja sekarang, bayar nanti. 

Fleksibilitas pembayaran

Salah satu faktor menonjol naiknya trend ecommerce adalah terobosan mereka yang berani. Mereka membuat strategi atau terobosan baru dalam metode pembayaran. Semakin banyak metode atau opsi pembayaran sebuah toko di e-commerce mereka akan semakin mendapatkan manfaat lebih banyak. Konsumen akan memiliki banyak opsi sesuai kenyamanan mereka mulai dari pembayaran melalui ATM, gerai sampai paylater. 

Penggunaan Paylater

Paylater menjadi salah satu opsi yang paling menggiurkan di mata pembeli. Kecilnya biaya proses dan juga bunga yang ditawarkan oleh paylater membuat metode pembayaran ini semakin digandrungi. Penggunaan layanan paylater sebelum dan selama pandemi juga berubah total.  Semakin banyak produk baik produk kesehatan maupun produk rumah tangga bisa dibayar dengan paylater. Tidak heran jika jumlah penggunaan paylater naik dua kali lipat.

Peningkatan penggunaan paylater ini dapat dilihat dari angka 22,52% riset yang dilakukan oleh peneliti universitas Airlangga. Kehadiran OVO dengan layanan belanja sekarang, bayar nanti memang memberikan berbagai manfaat  dan sangat membantu konsumen agar bisa mengatur keuangan dengan lebih baik. Mereka jadi lebih tahu bahwa pendapatan selama pandemi tidak pasti dan bagaimana mengatasinya. Dengan menggunakan paylater, mereka bisa mengatur uang mereka lebih bagus.

Ketika mereka ingin membelanjakan sesuatu untuk kebutuhan rumah tangga, produk kesehatan maupun yang lainnya, layanan paylater seperti OVO bisa digunakan di Tokopedia dan partner yang bekerja sama dengan OVO. 

Pioneer Paylater

Salah satu pioneer paylater adalah ovo paylater. Layanan ini adalah layanan “bayar nanti” yang menawarkan cicilan tanpa kartu kredit. Mereka menawarkan limit pinjaman di gerai yang menggunakan OVO dengan layanan belanja sekarang, bayar nanti atau e-commerce yang menggunakan layanan ini seperti Tokopedia. Salah satu alasan kenapa masih menjadi salah satu yang terbaik adalah mereka tidak mengambil biaya penanganan terlalu besar, bunganya pun kecil sehingga banyak orang yang ingin menggunakan OVO dengan layanan belanja sekarang, bayar nanti.

Keuntungan Menggunakan OVO Paylater

Manfaat yang paling menonjol dari layanan ini adalah kemudahan bertransaksi. Sobat Pintar dapat membeli barang apapun ynag Sobat Pintar mau, lalu Sobat Pintar bisa membayarnya nanti. Jika Sobat Pintar termasuk pengguna OVO Premier, Sobat Pintar tidak perlu mengajukan dokumen tambahan agar mendapatkan layanan paylaternya. Jika bukan premier, Sobat Pintar tidak perlu khawatir karena proses mudah dan waktu yang digunakan untuk mendaftar juga relatif cepat. Hanya perlu 5 menit, kredit yang diberikan bisa langsung Sobat Pintar gunakan belanja di merchant OVO.

Dengan menggunakan layanan paylater, Sobat Pintar juga bisa melacak pengeluaran Sobat Pintar lebih baik. Cash flow Sobat Pintar akan semakin rapi karena secara otomatis data pengeluaran Sobat Pintar tercatat di transaksi Sobat Pintar. Sobat Pintar juga akan lebih mudah melakukan budgeting. Biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan layanan ini juga sangat murah, dengan bunga kecil Sobat Pintar pencatatan cash flow Sobat Pintar terbantu dengan paylater tersebut. 

Syarat pendaftaran

Syarat pendaftaran agar bisa menggunakan layanan ini  cukup mudah. Jika Sobat Pintar ingin menggunakan layanan OVO yang satu ini,  Sobat Pintar sebaiknya memiliki akun ovo terlebih dahulu sebagai syarat pendaftaran utama. Sobat Pintar bisa mendaftarkan diri Sobat Pintar di aplikasi OVO. Lalu Sobat Pintar bisa mencari fitur OVO dengan layanan belanja sekarang, bayar nanti yang berada di aplikasi ovo. Sobat Pintar cukup mengklik ikonnya lalu ikuti cara pendaftarannya. 

Biasanya Sobat Pintar hanya akan diminta KTP untuk mengaktivasi layanan paylater yang ditawarkan OVO. Setelah proses verifikasi KTP, Sobat Pintar akan mendapatkan kredit limit pertama. Biasanya besarannya tidak terlalu besar namun cukup untuk belanja printilan rumah tangga di Tokopedia. Selanjutnya jika aktivitas paylater Sobat Pintar lancer, kredit limit akan naik dengan sendirinya. Beberapa akun bisa mencapai puluhan juta. 

Dimana dan Bagaimana Sobat Pintar bisa menggunakan OVO Paylater?

Layanan ini dapat digunakan untuk membeli barang atau produk yang berada di Tokopedia atau beberapa gerai yang bekerjasama dengan OVO. Sobat Pintar juga bisa menggunakannya untuk beberapa layanan yang ada di aplikasi ovo. Namun Sobat Pintar tidak bisa menggunakan OVO dengan layanan belanja sekarang, bayar nanti di beberapa produk seperti tagihan kartu kredit, angsuran kredit, zakat, gift card, top-up emoney, reksadana dan emas. Hal ini sudah disepakati oleh Tokopedia dan beberapa partner yang bekerjasama dengan OVO dengan layanan belanja sekarang, bayar nanti.

Paylater dapat digunakan selama Sobat Pintar masih memiliki kredit limit setiap Sobat Pintar melakukan transaksi menggunakan paylater. Kredit limit Sobat Pintar akan berkurang. Sobat Pintar hanya bisa berbelanja menggunakan OVO dengan layanan belanja sekarang, bayar nanti berdasarkan kredit limit yang sudah diberikan. Lalu bagaimana dengan tagihannya?

Misalnya jika Sobat Pintar menggunakan paylater ini melalui Tokopedia, maka Sobat Pintar harus membayar cicilan Sobat Pintar setiap tanggal 27 setiap bulannya dan paling lambat tanggal 1 di bulan berikutnya. Ketentuannya adalah Sobat Pintar harus melakukan pelunasan dana pinjaman secara penuh sebelum tanggal jatuh tempo. Jika Sobat Pintar membayar setelah jatuh tempo, Sobat Pintar harus membayar bunga cicilan atau bunga tunggakan sesuai dengan ketentuan. Ketentuan tersebut dapat dilihat secara rinci di perjanjian fasilitas pinjaman yang dimiliki oleh pengguna OVO dengan layanan belanja sekarang, bayar nanti.

Opsi Selain OVO

Jika layanan OVO dengan layanan belanja sekarang, bayar nanti hanya bisa digunakan di beberapa gerai atau partner seperti Tokopedia, berbeda dengan Kredit Pintar. Layanan pinjaman instan ini bisa menjadi opsi terbaik setelah layanan paylater. 

Sobat Pintar juga hanya perlu menyiapkan KTP untuk mendaftar dan mengajukan pinjaman. Pihak Kredit Pintar akan memverifikasi dan meninjau data pribadi Sobat Pintar sebelum Sobat Pintar disetujui. Pinjaman instan ini sudah terdaftar, berizin, dan diawasi oleh OJK secara resmi. Data dan history Sobat Pintar juga akan aman.

kredit pintar