Review Oppo A96, Lengkap Dengan Harga dan Spesifikasinya

21 Sep 2023 by kreditpintar, Last edit: 21 Sep 2023

Ragamnya pilihan smartphone dengan harga terjangkau baik dari kelas menengah sampai level entry, dan Oppo A96 menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang menginginkan smartphone dengan baterai tahan lama dan performa yang mantap.  Datang dengan spesifikasi yang serba lega dan Wah, OPPO indonesia hadir kembali untuk meningkatkan kelas dari OPPO A Series yang dimilikinya. Bahwasannya pasar Indonesia menjadi salah satu yang paling penting bagi brand Oppo. Untuk Anda yang ingin mencari referensi sebelum membeli smartphone, Pada artikel ini kita akan mengulas smartphone Oppo A96, yang dirangkum dari sumber-sumber terpercaya.

Baca juga :  Spesifikasi Xiaomi Mi 11 dan Harga Terbaru 2022

Spesifikasi Oppo A96

 Oppo A96
  1. Layar : IPS LCD 6.59 inci
  2. Chipset : Qualcomm Snapdragon 680
  3. RAM : 8 GB
  4. Memori Internal : 256 GB
  5. Kamera : 50 MP (wide) 2 MP (depth)
  6. Baterai : Li-Po 5000 mAh
  7. Harga : Rp 4.299.000 (harga saat rilis)

Desain Oppo A96

Dari segi desain smartphone yang satu ini terasa sangat familiar, ini karena Oppo A96 masih menggunakan basis bodi yang sama dengan Oppo A76, termasuk dari dimensinya. Desain Oppo A76 dipertahankan karena memang desainnya yang stylish, memiliki ciri khas sendiri layakanya pada smartphone Oppo lainnya. Ini juga bertujuan agar customer tidak kesulitan dalam mencari aksesoris, seperti case dan lain-lain diluar dari paket penjualan.Oppo A96 hadir dengan dimensi yang tipis (8,4mm) dan bobot yang cukup ringan (191 gram). 

Menghadirkan teknik pewarnaan khas Oppo yang glow, varian warna Starry Black terlihat elegan dan tampak mewah ketika digunakan.  Dengan permukaan body matte yang memancarkan kilauan dari bintik-bintik silver samar, bodinya juga aman dari sidik jari dan tidak terlalu licin ketika Anda genggam.  Konsumen juga merasa lebih aman ketika menggunakan smartphone yang satu ini walau tanpa case pelindung sekalipun. Oppo sendiri telah melakukan serangkaian uji pada smartphone yang satu ini, sertifikasi IP54 yang disematkan pada A96 memastikan perangkat ini aman dari percikan air dan debu, sehingga anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya di luar ruangan.

Sektor Layar 

Masih terbilang wajar apabila pada smartphone kelas menengah seperti A96 ini masih jauh dari kata sempurna, terutama pada bagian layar yang masih disesuaikan. Oppo A96 menggunakan layar IPS LCD (serta perubahan pada peletakan sensor sidik jari yang kini terintegrasi dengan tombol power). Namun jangan khawatir karena pada banyak aspek A96 mengalami peningkatan. Resolusi full HD+, layar panel pada A96 telah didukung refresh rate 90hz. Sifatnya yang adaptif, sehingga bisa turun ke kecepatan yang lebih rendah saat tidak membutuhkan menampilkan gambar statis. 

Dari segi kualitas sektor layar sudah terbilang baik, walaupun panel IPS tentu akan sangat menganggu konsumen, karena konten yang ditampilkan tidak sebaik dan seakurat amoled. Dimensi layarnya sendiri mencapai hingga 6,59 inc, yang membuatnya nyaman dan lega untuk digunakan nonton film atau serial dari platform streaming video seperti Netflix atau Disney+, saat mengisi waktu kosong.

Sektor Kamera

Produk smartphone Oppo selalu didesain untuk bisa memotret dan menghasilkan foto yang baik melebihi ekspektasi pengguna. Dan melalui Oppo A96 pengguna bakal diberikan sebuah model baru yang diturunkan dari Oppo Reno Series, yang memang terkenal dengan kehandalan kameranya. Dibekali dengan spesifikasi kamera sensor utama 50MP f/1.8 yang mendukung PDAF, plus sensor sekunder 2MP sebagai pengambil informasi kedalaman objek. Yap, Anda benar, sensornya dikurangi satu, alias tidak didukung oleh sensor makro. 

Kamera pada A96 bisa berikan detail yang cukup baik, termasuk pada kondisi pencahayaan yang kurang apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Memang bukan yang paling baik di kelasnya, tapi sudah mencukupi kebutuhan kita berbagi di sosial media. Pada kondisi foto dengan cahaya yang banyak beberapa kali kamera over-exposure atau terlalu cerah. Tapi kekurangan ini bisa diatasi dengan melakukan penyesuaian pada diafragma dengan menyentuh layar dan menggesernya ke atas dan ke bawah. 

Sementara itu foto dari Oppo A96 diberikan efek portrait yang baru yakni neon portrait. Dengan demikian hasil fotonya bisa ditambahkan efek cahaya yang terlihat seperti diambil dari kamera pro dengan sensor besar.  Untuk foto malam hari tentunya smartphone yang satu ini masih kurang, karena akan banyak noisy atau titik-titik yang mengganggu, dan hal ini masih wajar-wajar saja untuk smartphone di middle class.

 Oppo A96

Baca juga : Pasti Berhasil! Cara Reset HP Xiaomi Tanpa Repot

Performa

Tidak berbeda jauh dengan pendahulunya yakni Oppo A76, A96 juga hadir dengan chipset yang sama, yaitu Snapdragon 680 octa-core dengan CPU inti 4x 2.4GHz Kryo 265 Golg dan 4x 1.9GHz Kryo 265 Silver. Pemilihan fabrikasi dengan 6nm tentu membuat performa dari smartphone ini lebih efisien yang membuatnya mampu menghemat daya dengan lebih baik. Dipersenjatai dengan GPU Adreno 610 untuk kenyamanan pengalaman pengguna dalam memainkan game. Berdasarkan pengetesan untuk penggunaan harian bisa dibilang mantap tanpa ada kendala yang berarti, walau masih terasa lag pada beberapa momen. Oppo A96

Untuk bermain game, sejumlah game dapat dimainkan dengan pengaturan grafis tinggi, masih terasa aman dan lancar dengan suhu yang masih wajar. Penggunaan chipset baru pada A96 nampaknya memberikan kontribusi untuk suhu bodi secara keseluruhan untuk tetap terjaga. Lalu gimana dengan multitasking? Tentu masih aman dan layak sekali untuk digunakan. Dukungan kapasitas RAM 8GB telah secara otomatis mengaktifkan fitur RAM expansion, pilihannya ada 3 dan sejak awal kapasitas yang digunakan dari memori internal adalah 3GB.

Fitur-fitur pada Oppo A96

  1. ColorOS 11.1
  2. Stereo speaker dari atas dan bawah
  3. penyimpanan internal 256Gb
  4. tahan percikan air dan debu (IP54)
  5. Finger print
  6. Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
  7. Wi-Fi 5 (802.11ac), 802.11a/b/g/n/, WLAN 2.4G/WLAN 5.1G/WLAN 5.8G, WLAN Display, WLAN network sharing
  8. Bluetooth 5.1, SBC, AAC, support aptX HD, LDAC

Baterai

Memiliki kapasitas baterai yang besar yakni 5,000 mAh yang masih sama dengan generasi sebelumnya, A96 menggunakan chipset yang lebih efisien daya. Refresh rate yang bersifat adaptif ini membuat konsumsi daya yang tidak terlalu besar. Anda bisa mengandalkan kemampuan baterainya untuk seharian penuh, bahkan bisa hingga 1,5 hari untuk penggunaan yang ringan. 

Baca juga : Spesifikasi Xiaomi Redmi 10A dan Harga

Kesimpulan dari review Oppo A96

Kesimpulan pada smartphone ini nyaman untuk digunakan untuk kegiatan sehari-hari yang aktif, karena performanya yang sudah mumpuni, kapasitas baterai yang besar, desain keren nan solid, serta fitur-fitur yang sudah cukup di kelas menengah. Kamera belakang memang bukan yang terbanyak, begitu juga pada perekaman video yang sayangnya masih belum stabil dan tidak terkesan spesial. Tapi kembali lagi, Oppo A96 merupakan smartphone kelas menengah yang memang belum sempurna.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

21 Sep 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download