Cara Nabung 10 Juta Setahun dengan Gaji UMR

18 Aug 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 19 Aug 2022

Mungkinkah seseorang nabung 10 juta setahun? Tentu saja sangat memungkinkan. Cara nabung 10 juta dalam setahun mungkin terdengar sangat berat bagi beberapa kalangan. Ini dia Cara Nabung 10 Juta Setahun.

Memang, uang 10 juta merupakan nominal uang yang tidaklah kecil. Akan tetapi, jika Sobat Pintar mengingat lagi pengeluaran kecil yang sering tidak disadari. Itu bisa lebih dari 10 juta loh dalam setahun.

Lantas, apakah seseorang bisa mengumpulkan uang sebanyak itu dalam waktu 1 tahun saja? Simak beberapa informasi bagaimana cara menabung uang 10 juta dalam 1 tahun dengan gaji UMR.

Menabung merupakan suatu kegiatan yang bisa menjadi kebiasaan seseorang dengan menyisihkan sebagian uang yang dimiliki dari pendapatan harian ataupun bulanan.

Menabung juga bisa menjadi salah satu sarana untuk berhemat dan berjaga-jaga apabila terdapat kebutuhan yang benar-benar mendesak sehingga segala kebutuhan bisa terpenuhi.

Kebiasaan menabung mungkin tidak bisa dilakukan oleh banyak orang karena kehidupan setiap orang berbeda-beda dan juga tidak pernah tahu berapa besar kecil pendapatan dan pengeluaran dari setiap orang. Oleh sebab itu, memulai untuk membudayakan menabung untuk masa depan bisa dimulai dari sedini mungkin.

Manfaat Menabung Sejak Dini

Setiap orang pasti memiliki tujuan dalam hidupnya, entah ingin membeli sesuatu atau ingin bepergian ke suatu tempat untuk berlibur, namun dari banyaknya tujuan setiap masing-masing orang pasti ada manfaat lain untuk Sobat Pintar mau menabung. Berikut ini Kredit Pintar beri beberapa penjelasannya.

1. Bebas Inflasi

Peningkatan harga jasa serta benda hendak membuat nilai terhadap duit yang kalian pakai hendak menurun dari waktu ke waktu.

2. Menghindari buat Berutang

Sobat hendak bebas dari utang bila dapat menabung dalam jangka pendek ataupun jangka panjang.

3. Terampil dalam Mengelola Uang

Menabung bisa membagikan peluang yang baik di dalam diri kalian buat dapat lebih terampil serta bijak dalam mengelola sistem keuangan yang dipunyai. Apabila kalian teratur buat menyesuikan diri dengan menabung hingga kalian hendak bebas dari watak boros serta konsumtif terhadap kemauan lain.

4. Melatih Kedisiplinan

Salah satu khasiat yang didapatkan Sobat dari menabung, ialah disiplin. Perihal ini disebabkan kalian dituntut buat belajar berkomitmen terhadap keuangan yang dipunyai dengan menyisihkan sebagian duit dari pemasukan tersebut buat tidak digunakan kepada hal- hal yang tidak berarti yang tidak jadi skala prioritas dalam kehidupan ini.

5. Berlatih Berhemat

Dengan terbatasnya pemasukan serta pengeluaran yang tidak cocok hendak kebutuhan, hingga kalian bisa menabung supaya lebih hemat dalam membiasakan pemasukan serta pengeluaran yang dipunyai. Kalian hendak lebih mengenali manakah yang jadi kebutuhan serta prioritas dikala itu.

6. Latihan Kesabaran

Khasiat menabung pula bisa menolong gimana metode Sobat melatih kesabaran terhadap emosi yang ditimbulkan. Bila Sobat tidak dapat memperoleh suatu yang di idamkan dikala itu. Hingga Sobat butuh buat dilatih serta berupaya lebih tabah dikala mau mempunyai seluruh sesuatunya dengan metode mengatur emosi tersebut supaya seluruh sesuatunya sukses dicapai.

7. Paham Konsep dari Dana Darurat

Dana darurat ialah dana ataupun duit yang ditaruh secara spesial buat dipersiapkan bila hadapi sesuatu kondisi darurat di masa depan. Peristiwa tersebut pasti tidak bisa Sobat duga, misalnya kematian, bencana alam, pembedahan yang tidak ditanggung oleh bayaran kesehatan pemerintah, serta lain sebagainya.

Cara Menabung 10 Juta Dalam Setahun

Apakah Sobat telah sempat berupaya menabung buat liburan sepanjang berbulan- bulan namun hasilnya nihil? Telah menetapkan strategi serta tujuan biar menabung lebih terencana namun masih tidak sukses?

Mungkin besar terdapat kesalahan dalam strategi yang Sobat jalani. Kesalahan strategi ataupun metode buat menabung tidak hendak menolong Sobat memperoleh sasaran dana yang mau dikumpulkan.

Coba perhatikan metode berikut biar Sobat dapat sukses mengumpulkan Rp10 juta dalam 6 bulan.

1. Analisis Penghasilan

Buat mengenali strategi mana yang dapat digunakan Sobat butuh mengenali seluruh pemasukan yang didapatkan tiap bulannya. Per Juni 2022 pendapatan UMR di Provinsi Jawa Timur sudah didetetapkan sebesar Rp 4.375. 479.

Buat mempermudah melaksanakan analisis, bulatkan pendapatan UMR Jakarta jadi Rp4.3 juta. Dari jumlah ini berarti paling tidak Sobat butuh menyisihkan minimun Rp1,5 juta per bulan.

Catat seluruh pemasukan yang didapat serta analisis apakah pengeluaran pokok tiap bulannya telah terpenuhi dengan tiap pemasukan yang terdapat.

Bila seluruh pengeluaran telah terpenuhi serta masih terdapat sisa dari pemasukan hingga Sobat dapat menabung tanpa butuh takut tentang apapun.

2. Membagi Persentase Pengeluaran

Analisis pemasukan yang sudah dicoba lebih dahulu hendak bawa Sobat pada sesi membagi persentase pengeluaran. 

Tata cara ini sesungguhnya mempermudah Sobat buat mengelola keuangan individu Sobat dan memencet pengeluaran. 

Jadi, panduan ini dapat menolong membenarkan kalau jumlah tabungan yang sudah didetetapkan tercapai.

Dari 100% pendapatan yang Sobat miliki kira- kira pembagian persentasenya selaku berikut:

– 10% zakat ataupun perpuluhan

– 10% asuransi

– 30% makan, listrik, serta air

– 10% simpanan darurat

– 40% menabung buat liburan

Sobat dapat membagi persentase dari pemasukan yang didapat tiap bulannya jadi semacam ditaksir yang terdapat di atas. 

Tidak wajib sama persis, Sobat dapat membiasakan seluruh persentase dengan pengeluaran yang wajib dikeluarkan tiap bulannya. 

Tetapi kira- kira dengan membagi persentase semacam ini seluruh pemasukan jadi bisa diatur dengan baik.

3. Menghentikan Kredit

Menghentikan kegiatan kredit merupakan perihal krusial yang dapat menolong Sobat memperoleh Rp 10 juta setahun.

Menabung sembari terus berbelanja dengan kredit sama halnya dengan menuangkan air ke dalam gelas yang berlubang. Air tidak akan segera penuhi gelas.

Percuma saja bila Sobat menabung tiap bulan tetapi tabungan tersebut hendak terletak di bank buat membayar seluruh kredit yang sudah dicoba.

Jadi yakinkan kalau Sobat tidak memakai kredit buat berbelanja. Melaksanakan perihal ini hendak membuat beban Sobat terus menjadi ringan sehingga tidak butuh takut hendak utang yang masih wajib dibayarkan.

4. Miliki Pemasukan Tambahan

Dalam perhitungan di atas sesungguhnya pendapatan Rp4,3 juta per bulan bahwa dapat memperoleh Rp 10 juta lebih dalam setahunnya.

Tetapi bila pengeluaran pokok yang wajib dikeluarkan tiap bulannya nyatanya lebih besar sebab mempunyai tanggungan lain hingga Sobat dapat mencari pemasukan bonus. 

Dalam masa digital dikala ini Sobat dapat membuka bisnis dengan modal yang sedikit ataupun apalagi tanpa membutuhkan modal.

Sobat dapat berupaya melaksanakan bisnis reseller, dropshipper, jastip, ataupun apalagi jadi pekerja freelancer. 

Sebagian bisnis tersebut dapat mendatangkan pemasukan bonus yang lumayan buat menolong Sobat mengumpulkan duit Rp 10 juta.

Namun tidak wajib terpaku dengan sebagian contoh lebih dahulu. Bila Sobat mempunyai ilham buat memperoleh pemasukan bonus yang lain hingga jalani saja.

5. Hidup Berhemat

Perihal terakhir yang butuh dicoba yakni mulai mengadopsi kebiasan hidup hemat. Gaya hidup hemat diawali dengan kurangi seluruh pengeluaran yang bukan kebutuhan.

Bila lebih dahulu Sobat menghabiskan Rp50 ribu tiap hari kerja buat kopi, hingga mengurangi mengkonsumsi kopi di luar. 

Mau kurangi pengeluaran tetapi masih butuh komsumsi kopi? Coba cari alternatif kopi lain yang biayanya jauh lebih murah.

Sobat dapat mencari kopi yang dijual di minimarket ataupun membuat kopi sendiri dari rumah. 2 metode ini dapat jadi alternatif yang efisien buat kurangi bayaran pengeluaran kopi.

Bayangkan bila Sobat butuh menghasilkan Rp50 sobat tiap hari kerja sepanjang satu bulan. Dalam satu bulan Sobat andaikan Sobat bekerja sepanjang 20 hari. Coba perhatikan perhitungan berikut:

Rp50 ribu x 20 hari = Rp1 juta

Kemudian Sobat bandingkan perhitungan ini dengan pengeluaran dari alternatif kopi. Andaikan harga kopi per botolnya Rp10 ribu, kira- kira perhitungannya semacam berikut:

Rp10 ribu x 20 hari= Rp200 ribu

Dari ini saja Sobat dapat melihat pengurangan biaya pengeluaran yang sangat besar. Sobat dapat menyisihkan Rp800 ribu cuma dengan mengubah kopi.***

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
19 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download