Mengenal Apa Itu e-HAC Indonesia, Syarat Perjalanan Penumpang

24 May 2021 by kreditpintar
apa itu e-hac

Kredit Pintar bisa menjadi solusi pinjaman online mudah bagi orang-orang yang membutuhkan dana dalam melakukan perjalanan tertentu. Terlepas dari hal tersebut, melakukan perjalanan antar wilayah di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, banyak membuat masyarakat Indonesia mengalami kesusahan. Sehingga kemudian hadirlah sebuah aplikasi bernama e-HAC, tapi tak banyak yang tahu tentang apa itu e-HAC

Kesusahan yang dialami oleh masyarakat disebabkan karena banyak sekali peraturan dan kewajiban yang mengharuskan penumpang untuk memenuhi segala persyaratan yang berlaku sesuai ketentuan pihak tertentu. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, apikasi EHAC Indonesia dapat digunakan untuk memudahkan perjalanan tanpa takut mengalami kendala yang dimaksud.

Akan tetapi, tahukah Sobat Pintar mengenai apa itu e-HAC Indonesia yang merupakan situs web dalam memudahkan perjalanan penumpang untuk semua kalangan? Untuk lebih jelasnya, Sobat Pintar bisa menyimak beberapa penjelasan penting mengenai situs web maupun cara pendaftaran dari aplikasi tersebut di bawah ini. 

Apa Itu e-HAC Indonesia? 

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, banyak sekali orang-orang yang diharuskan untuk mengetahui bagaimana cara pendaftaran sebagai salah satu persyaratan perjalanan pesawat maupun dengan alat transportasi lain ke wilayah tertentu. Akan tetapi, aplikasi EHAC Indonesia ini belum sepenuhnya dipahami oleh masyarakat. Sehingga, penting bagi Sobat Pintar untuk mengetahui lebih dalam mengenai e-HAC Indonesia tersebut.  

Secara umum, electronic-Health Alert Card atau biasanya dikenal dengan sebutan e-HAC merupakan Kartu Kewaspadaan Kesehatan yang dirilis oleh pihak pemerintahan yang menangani dan ditujukan oleh semua kalangan yang ingin melakukan perjalanan domestik maupun perjalanan internasional. Adanya e-HAC dapat menjadi solusi alternatif bagi masyarakat Indonesia yang terpaksa harus melakukan perjalanan mendesak di masa pandemi Covid-19. 

Dengan adanya website maupun software dari e-HAC ini, maka dapat membantu meminimalisir angka penularan virus Covid-19 yang belakangan ini semakin masif dan belum menunjukkan tSobat Pintar-tSobat Pintar akan berakhir. Sehingga, masyarakat lebih aman dalam melakukan perjalanan, mudah dan tentunya terhindar dari risiko penularan virus yang membahayakan.

Bagaimana Cara Memperoleh electronic-Health Alert Card?

Setelah mengetahui lebih detail mengenai apa itu e-HAC, Sobat Pintar tentu penasaran mengenai bagaimana cara memperoleh Kartu Kewaspadaan Kesehatan tersebut, bukan? Nah, untuk cara memperoleh kartu ini dapat Sobat Pintar lakukan dengan 2 cara yang gampang dan anti ribet. Dimana, Sobat Pintar hanya perlu mendownload aplikasi e-HAC Indonesia maupun mengakses situs website dari e-HAC itu sendiri.

Dari kedua cara tersebut, Sobat Pintar bisa bebas memilih metode mana yang dirasa mudah untuk dilakukan dan nyaman untuk dipakai dalam melakukan perjalanan nantinya. Aplikasi  e-Hac Indonesia bisa Sobat Pintar unduh melalui Google Play Store atau bisa juga melalui Appstore, bisa dipilih mana yang lebih mudah digunakan. Sementara untuk situs web yang bisa dikunjungi yakni bisa Sobat Pintar lakukan dengan memasukkan kata kunci e-HAC Indonesia di kolom pencarian Google.

Tips dan Trik Mendaftar dan Cara Pengisian e-HAC Indonesia

1. Lewat Aplikasi e-HAC Indonesia

Jika sudah mengunduh aplikasi  e-HAC Indonesia  maka Sobat Pintar bisa langsung menuju ke menu pengaturan software untuk mendaftarkan akun Sobat Pintar terlebih dahulu. Di sana, Sobat Pintar akan mendapatkan sedikit informasi penting mengenai beberapa tombol yang digunakan seperti HAC, Old e-HAC dan Panic. Baru kemudian, Sobat Pintar ikuti perintah selanjutnya sesuai yang ada di petunjuk tersebut

Setelah itu, Sobat Pintar pilih e-HAC International apabila Sobat Pintar ingin melakukan perjalanan jauh ke beberapa negara luar negeri bersama orang-orang tertentu. Atau Sobat Pintar bisa memilih e-HAC Domestic apabila Sobat Pintar membuatnya ketika akan memilih perjalanan antar wilayah di Indonesia. Kemudian, Sobat Pintar tinggal melakukan pengisian data diri lengkap sesuai kolom yang telah disediakan. Jika sudah, Sobat Pintar bisa langsung memilih tombol menu yang tersedia. 

Kemudian, Sobat Pintar cantumkan kondisi kesehatan yang sedang Sobat Pintar alami saat mengisi e-HAC Indonesia tersebut dan tinggal klik Submit. Terakhir, Sobat Pintar tinggal menunggu proses pembuatan selesai dan nantinya Sobat Pintar diminta untuk menyimpan barcode dari aplikasi perjalanan tersebut. 

2. Lewat Situs Website e-HAC Indonesia

Dalam melakukan cara pendaftaran dan pengisian di situs web ini terbilang cukup sama dengan yang sudah dijelaskan melalui aplikasi di atas. Meski demikian, sebelum Sobat Pintar mengenal lebih jauh mengenai definisi e-HAC dalam pengisiannya, Sobat Pintar diminta untuk lebih dulu mengunjungi alamat situs web di https://inahac.kemkes.go.id terlebih dahulu dan langsung klim tombol Get Started untuk memulai proses pendaftaran dengan mengisi alamat email dan kata sandi.

Sama seperti pada cara pendaftaran aplikasi e-HAC Indonesia, Sobat Pintar juga nantinya akan diminta untuk memilih antara pilihan e-HAC Internasional atau e-HAC Domestic. Setelah itu, Sobat Pintar diminta untuk mengisikan alamat form pengisian data diri di kolom e-HAC. Jika sudah selesai, Sobat Pintar bisa klik menu Next dan begitupun pada arahan petunjuk berikutnya.

Sangat penting untuk Sobat Pintar perhatikan bahwa dalam mengisi e-HAC melalui situs web, Sobat Pintar perlu memperhatikan baik-baik mengenai informasi yang telah dituliskan. Jangan sampai ada kesalahan data diri yang nantinya dapat mempengaruhi ketidaknyamanan dalam melakukan perjalanan nantinya. Oleh karena itu, penting untuk Sobat Pintar teliti lagi sebelum menekan tombol Finish pada form pendaftaran tersebut. 

Terakhir, Sobat Pintar bisa mengunduh form pendaftaran maupun pengisian e-HAC Indonesia berdasarkan pemilihan bahasa yang dipilih. Setelah itu, Sobat Pintar akan diminta untuk mencetak form maupun kode barcode e-HAC yang nantinya diserahkan ke petugas pemeriksaan. Nah, dalam melakukan pengisian e-HAC ini bisa Sobat Pintar lakukan sebelum melakukan perjalanan yakni saat proses keberangkatan maupun ketika tiba sebelum di tempat pemeriksaan.

Manfaat e-HAC Bagi Penumpang Untuk Melakukan Perjalanan

Bagi Sobat Pintar yang masih bingung mengenai kegunaan utama dari Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik ini, yakni untuk memudahkan bagi penumpang ketika melakukan perjalanan baik secara Internasional maupun secara domestic sesuai ketentuan dari pihak pemerintah di Indonesia. 

Dengan hadirnya e-HAC Indonesia ini maka dapat berguna untuk melakukan pengawasan secara ketat bagi para penumpang yang datang dari berbagai daerah baik yang datang dari Internasional maupun domestik di tengah pandemi Covid-19. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Sobat Pintar bisa melakukan pendaftaran dengan mudah dan metode pengisian yang dirasa nyaman digunakan.

Sehingga, perjalanan penumpang akan lebih aman dan terjamin di tengah pandemi Covid-19 yang berisiko bagi kesehatan banyak orang. Untuk itu, penting bagi Sobat Pintar untuk mengetahui lebih detail mengenai informasi definisi e-HAC maupun dengan syarat pendaftaran dan pengisian yang dilakukan. 

Dengan demikian, definisi e-HAC bagi penumpang sangat penting saat mereka melakukan perjalanan yang aman, nyaman dan terjamin di tengah pandemi Covid-19. Apalagi dengan layanan cara pendaftaran yang dapat dilakukan melalui aplikasi e-HAC Indonesia maupun situs web semakin memudahkan penumpang. Apalagi dengan adanya Kredit Pintar yang menawarkan pinjaman dana online dengan cepat sehingga Sobat Pintar bisa aman melakukan perjalanan ke mana pun tanpa takut kehabisan dana.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 May 2021
mobile-closeKredit PintarDownload